Samsung Galaxy S8: Layar RGB AMOLED dan Tanpa Jack Headphone 3.5mm

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 8 Des 2016 | 11:36

Rumor terkait kehadiran flagship Samsung Galaxy S8 terus diperbincangkan mengingat smartphone ini mendapatkan perhatian serius pengamat dan fans pasca kegagalan yang diakibatkan kasus Galaxy Note 7 yang berimbas pada penarikan produk.

Dilansir GSM Arena, kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S8 akan dilengkapi layar berjenis RGB Super AMOLED. Memiliki resolusi Quad HD yang sama seperti pendahulunya Samsung Galaxy S7, RGB Super AMOLED menyajikan kualitas layar di atas rata-tara melalui 50% lebih subpiksel.

Tentu saja, keistimewaan dari penggunaan jenis layar ini adalah kualitas yang jauh lebih tajam dan hidup, terlebih saat menikmati konten virtual reality menggunakan Gear VR yang kualitasnya melebihi dari duo Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

RGB sendiri merupakan sebuah piksel yang dibentuk berdasarkan sub piksel dengan warna dasar merah, hijau dan biru sehingga membentuk kombinasi ketiganya. Pada Galaxy S8, panel Super AMOLED yang dipakai akan memiliki pengaturan RGB sehingga tampilan layar akan jauh lebih stabil dan kaya.

Hadir dalam dua versi layar yakni 5,7 inch dan 6,2 inch, kabar lain pun menyebutkan bahwa Galaxy S8 akan menghilangkan tombol fisik Home seperti pendahulunya. Sementara itu, modul scanner sidik jari akan ditempatkan di bawah layar yang didasari dari teknologi biometric ultrasonic dari Qualcomm.

Selain penggunaan teknologi layar dan dihilangkannya tombol Home, kabar selanjutnya menyebutkan bahwa Samsung akan menghilangkan headphone jack standar 3.5mm di Galaxy S8 seperti pada Apple iPhone 7. Nantinya, semua headphone 3.5mm tidak bisa dipakai pada perangkat, kecuali menggunakan adaptor USB Type-C karena Galaxy S8 akan menggunakan fitur tersebut.

Dengan dihilangkannya jack headphone 3.5mm, kemungkinan besar desain pada Galaxy S8 akan lebih tipis dan bisa menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar. Selain itu, ada juga penggunaan speaker dari Harman, dimana perusahaan audio ini baru saja diakuisisi oleh Samsung sebesar US$ 8 miliar.

Lantas, apalagi inovasi yang bakal disematkan pada smartphone premium Samsung Galaxy S8? Well, jawaban tersebut bisa didapatkan saat peluncuran resminya yang akan direncanakan bulan Februari 2017 di ajang Mobile World Congress di Barcelona.

Baca juga artikel:
Masuk Indonesia, Samsung Galaxy V2 Dibandrol Kurang dari Rp 1 Juta
Samsung Galaxy J1 Mini Prime Dirilis Di Amerika Layar Hanya 4 Inci
Diproduksi Samsung, Ini Kelebihan Chipset Qualcomm Snapdragon 835

Artikel Lainnya

Komentar