Diperbaharui pada Kamis, 1 Desember 2016 | 10:23

Indiegogo Lagi Buat Kamera 360 dengan Harga Sejutaan

Demam kamera 360 semakin tinggi, hal ini semakin kuat sejak Facebook mengumumkan mendukung tangkapan 360 derajat. Meskipun hanya mendukung dalam foto, fitur baru Facebook tersebut tentunya sangat menarik dan secara tidak langsung mempopulerkan kehadiran kamera 360 ini.

Namun, harga kamera 360 derajat masih tergolong mahal bagi para konsumen di Indonesia. Apalagi, untuk mereka yang masih duduk dibangku sekolah ataupun mahasiswa.

Ada sedikit hal baru, dimana terdapat kamera 360 derajat dengan menawarkan kualitas yang layak untuk harga $US 300 atau sekitar Rp4 jutaan. Namun, perangkat tersebut nyatanya dibanderol dengan harga yang cukup murah yakni hanya $US 99 setara Rp1,3 jutaan.

Dilansir dari laman Tech Crunch (29/11) perangkat yang baru diluncurkan di Indiegogo ini, bisa membawa beberapa keseimbangan yang lebih baik untuk persamaan biaya dan efektivitas dari penggunaannya. Perangkat yang dinamakan Insta360 Air adalah sebuah kamera video 360 derajat yang berbentuk clip-on dengan kemampuan livestreaming yang dibanderol dengan harga $US 99 untuk pre-order-nya, atau $US 119 (Rp 1,6 jutaan) ketika mulai tersedia dipasaran.

Merek Insta360 dan perusahaan induknya Shenzhen Arashi Vision merupakan vendor yang tidak asing dalam membuat hardware atau pembuat kamera VR mobile yang terintegrasi dengan smartphone. Sebelumnya vendor ini menghadirkan Insta360 Nano untuk perangkat iPhone.

Insta360 Air nantinya akan memiliki dasar pada kualitas optik yang sama seperti Nano, tetapi dengan harga yang memiliki selisih $US 100 lebih murah ketimbang Insta360 Nano. Mengapa jauh lebih murah? Pasalnya Nano memiliki baterai yang terintegrasi sehingga dapat bekerja ketika kamera tersebut jauh dari sumber listrik, sedangkan Air tidak, tapi bagi pengguna pemula yang berencana untuk menggunakan kamera 360 derajat ini bersama-sama dengan telepon, itu mungkin tidak banyak masalah. Insta360 juga dapat digunakan dengan komputer notebook untuk 360 derajat live streaming.

Insta360 Air dapat menangkap foto dalam resolusi 3K (tergantung pada kemampuan smartphone Anda) dan video 2K, dan software video yang juga stabil sehingga ketika Anda tengah melakukan streaming, video tidak banyak goncangan. Dia bekerja dengan baik pada microUSB dan Tipe C konektor untuk kompatibilitas berbagai perangkat Android

Konten yang di capture melalui Insta360 Air dapat langsung ditautkan di jaringan sosial atau diekspor untuk digunakan sebagai konten VR. tentunya harus melihat menggunakan handset VR. Kamera ini baru akan tersedia Maret 2017 mendatang.

Baca juga artikel:
Polaroid Snap Touch, Kamera Digital Instan dengan Layar Sentuh
Leica Sofort, Kamera Instan Bisa Langsung Cetak Foto
Insta360 Nano, Kamera VR 360 Derajat Khusus iPhone
Like us!
Kusnadar

Contributor

43 Posts