Xbox One S Resmi Diumumkan, Bodi Tipis dan Fitur 4K

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 14 Jun 2016 | 16:02

Ajang E3 2016 sebentar lagi berlangsung menjadi ajang unjuk gigi bagi para produsen perangkat gaming dan pengembang game. Bahkan sebelum acara berlangsung, sudah cukup banyak rumor yang berkembang.

Salah satunya rumor mengenai hadirnya perangkat Xbox One S. ini merupakan perangkat gaming terbaru dari Microsoft yang hadir dengan sejumlah fitur baru yang diklaim akan sangat memanjakan para gamer. Menariknya, konsol game ini menjadi konsol game terkecil yang pernah dibuat oleh Microsoft.

Xbox One S sendiri merupakan versi mini dari perangkat Xbox One normal. Microsoft sengaja menghadirkan desain yang lebih kecil dengan sejumlah peningkatan fitur. Xbox terbaru ini bahkan diklaim memiliki ukuran 40% lebih kecil dari Xbox One normal. Jadi secara desain atau tampilan memang tidak ada detail yang berubah, hanya perubahan ukuran saja dan pemilihan warna yang baru yakni warna putih.

Microsoft mencoba menghadirkan konsol game sesuai permintaan para gamer. Maka dalam seri ini, Microsoft menghadirkan sejumlah fitur baru. Salah satunya dengan hadirnya built in power supply. Ini cukup menarik karena dengan bodi yang lebih kecil, konsol game ini juga memiliki power brick eksternal.

Nantinya Xbox One S akan hadir dengan pilihan berdiri baik secara vertikal maupun horizontal, ini mirip dengan yang ditawarkan Sony dalam Playstation 4. Xbox terbaru ini juga menghadirkan peningkatan untuk menonton film blu-ray dan video streaming 4K UHD dari mitra konten lain seperti Netfilx. Selain itu, Microsoft jiga membawa fitur dukungan untuk HDR video dan gaming.

Untuk meningkatkan aksesbilitas, Microsoft memindahkan satu port USB dan tombol pemasangan yang bergeser ke bagian depan, tepat disamping IR Blaster baru. Port Kinect khusus telah dihapus dari belakang. Kinect akan kompatibel dengan konsol ini dengan Xbox Kinect Adapter untuk USB.

Microsoft juga menghadirkan controller baru yang hadir dengan fitur nirkabel dan memiliki pegangan bertekstur sehingga lebih nyaman. Controller ini hadir dengan sinyal dan jangkauan  yang lebih kuat. Sayangnya, perangkat kontroler ini akan dijual secara terpisah dengan harga 800 ribuan.

Xbox One S sendiri akan hadir dengan pilihan memori internal 500 GB, 1 TB hingga 2 TB mulai Rp 4 juta – Rp 5,3 jutaan. Perangkat ini baru akan dijual bebas mulai bulan Agustus mendatang.

Baca juga artikel:
Inilah Pemenang Asus ROG Game Show 2016
Game Pac-Man 256 Hadir Untuk PC dan Konsol Pada Juni 2016
TomaHawk F1, Konsol Game Gabungan Xbox One, PS4 Hingga Android

Artikel Lainnya

Komentar