HP Luncurkan Google Chromebook 13 dan Siap Dipasarkan Bulan Ini

HP Luncurkan Google Chromebook 13 dan Siap Dipasarkan Bulan Ini

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 16 Mei 2016 | 16:05

Kamu mungkin masih memandang perangkat Google Chromebook sebagai pilihan kedua, dimana beberapa produk notebook yang dijalankan pada Chrome OS tersebut dinilai kurang menggoda karena penampilan dan spesifikasinya yang biasa saja.

Menjawab keinginan publik tersebut, Google menggandeng perusahaan sekelas HP untuk hadirkan Chromebook 13, diluncurkan pada hari ini bertempat di kantor Google yang ada di New York, Amerika Serikat.

Untuk meningkatkan identitas Google Chromebook di mata pengguna, Google dan HP merancang perangkat ini menjadi lebih baik, dapat dilihat dari sektor spesifikasi, desain dan konstruksi bodi yang ada.

Pertama, HP Chromebook 13 ini mengusung konstruksi tangguh melalui penggunaan material aluminium, serta memiliki sisi bodi yang hanya berukuran 12,9 mm dan berat 1,29 kilogram saja. Disini, tentu saja penampilannya dapat disejajarkan dengan laptop kelas premium yang ada di pasaran.

Mengenai layar, perangkat ini mengusung panel seluas 13,3 inch yang memiliki resolusi 1.800 x 3.200 pixel. Sangat disayangkan, layarnya non touch screen, tidak seperti laptop Windows keluaran terbaru yang mengusung panel sentuh.

Mengenai konfigurasi yang ada, HP Chromebook 13 memasang prosesor Intel Core M. Disini, ada tiga varian prosesor yang bisa dipilih pengguna, yakni Intel Core m3, m5 atau m7, tentu saja dapat disesuaikan menurut budget dan kebutuhan.

Baca juga Dell Perkenalkan Varian Chromebook untuk Pebisnis

Lainnya, perangkat ini memiliki dukungan RAM hingga 16 GB dan storage berkapasitas 32 GB. Kemudian, ada pula keyboard backlit yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan pada pengguna saat mengetik, terlebih saat bekerja di ruangan minim cahaya.

Dirancang khusus untuk pengguna kalangan pebisnis, tentu saja perangkat ini menawarkan pengalaman sesungguhnya dalam menggunakan layanan Google. Di dalamnya, sudah terdapat aplikasi-aplikasi Google for Work, misalnya Google Hangout, Google Docs dan Google Drive yang berbasis komputasi awan.

Mengenai ketahanan baterai, HP Chromebook mampu bertahan selama 11,5 jam berkat penggunaan prosesor Intel Core M yang diklaim efisien daya, sama halnya seperti generasi terbaru dari Apple Macbook.

Lebih jauh dengan perangkat ini, di dalamnya terdapat dua buah USB Type-C untuk menjamin transfer data dapat dilakukan dengan cepat, satu buah port USB 3.0, jack audio dan pembaca kartu microSD.

Saat ini, HP sudah membuka pemesanan terkait Google Chromebook 13 yang diproduksinya, dibandrol seharga US$ 499 atau setara dengan Rp 6,5 jutaan. Sementara itu, di bulan Mei mendatang ia akan menjualnya di beberapa store yang tersebar di berbagai negara.

Baca juga artikel:
Haier Mantapkan Diri di Pasar Laptop dengan Chromebook 11 G2
Asus ROG G501JW, Laptop Gaming Tipis Harga Mulai Rp 18 Jutaan
Microsoft Rilis Update Windows 10 dan Program Windows 10 Beta

Artikel Lainnya

Komentar