QiCycle R1, Produk Sepeda Pintar dari Xiaomi

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 28 Mar 2016 | 13:11

QiCycle R1

Mengukuhkan eksistensinya, pabrikan asal Tiongkok, Xiaomi, memperluas bisnisnya. Sekarang, tidak hanya smartphone dan alat eletronik rumah tangga saja, dimana perusahaan ini turut mengeluarkan sepeda pintar.

Perusahaan yang sebelumnya mengakuisisi Segway dari Ninebot ini memperkenalkan sepeda pintar bernama QiCycle R1. Produk Xiaomi terbaru ini dikembangkan oleh salah satu startup bernama iRiding dan Xiaomi menjadi salah satu investor terbesarnya.

Dalam mengembangkan produk anyar ini, Xiaomi masih mengadopsi filosofi yang sama, yakni mementingkan kualitas produk dan harga jual yang kompetitif. Dengan kata lain, QiCycle R1 dijual dengan harga murah dan memiliki spesifikasi terbaik, menyerupai produk-produk smartphone dan peralatan elektronik yang dijual perusahaan ini.

QiCycle R1

Dilansir situs 9to5bike, produk sepeda pintar dari Xiaomi ini akan dijual seharga US$ 3.000. Jika belum menilik jeroannya, mungkin kamu beranggapan bahwa sepeda pintar ini dijual dengan harga tinggi. Namun, kamu akan terkejut jika mengetahui detail yang ada di dalam produk ini.

Pertama, sepeda pintar ini mempunyai transmisi elektronik Shimano Ultegra Di2. Disebutkan oleh 9to5bike, komponen tersebut harga satuannya mencapai US$ 2.600. lalu, ada pula frame dari material serat karbon yang beratnya mencapai 7 kilogram.

Baca juga Harga Handphone Android Xiaomi Terbaru

Adanya komponen diatas, QiCycle R1 dapat melakukan perpindahan pedal gigi dengan mulus, mencapai 40 jam lamanya karena menggunakan baterai tanam. Selain itu, baterai tersebut pun menjadi sumber daya utama untuk beberapa sensor yang disematkan pada QiCycle R1, membuatnya bekerja pintar untuk memahami penggunannya.

Beberapa sensor pintar yang tersedia di dalam produk anyar Xiaomi ini diantaranya adalah power meter yang bekerja untuk memantau kecepatan, sekaligus intensitas pengguannya dalam bersepeda secara presisi.

Kinerja sensor pintar dari sepeda ini kemudian akan diteruskan ke dalam aplikasi tracking dari Xiaomi melalui smartphone, dimana data-datanya akan dikirimkan melalui sambungan Bluetooth Low Energy.

Selain kemampuan diatas, Xiaomi QiCycle R1 juga mendukung aksesoris yang dijalankan pada platform ANT+. Jadinya, kamu yang ingin memonitor laju jantung saat bersepeda, kamu hanya tinggal menyambungkan heart-rate monitor secara terpisah.

Percaya diri menjual produknya dengan harga mencapai US$ 3.000 dirasa sangat layak jika menilik pada bagian jeroan yang ada di dalamnya. Saat ini, produk Xiaomi ini dipasarkan melalui sistem crowdfunding di situs home (dot) mi (dot) com. Jika melihat pencapaiannya, tentu saja produk ini dinilai sudah berhasil.

Via 9to5bike

 

Baca juga artikel
Cara Buat Akun Mi Cloud dan MiTalk Bagi Pengguna Produk Xiaomi
Asus ZenFone Max vs Xiaomi Redmi Note 2 Prime: Duel Snapdragon 410 vs Helio X10
Xiaomi Redmi Note 3 Rilis Dua Varian Harga Mulai Rp1,9 Jutaan

Artikel Lainnya

Komentar