Sony Gantikan Xperia Z6 dengan Xperia X Series di MWC 2016

Sony Gantikan Xperia Z6 dengan Xperia X Series di MWC 2016

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 25 Peb 2016 | 17:27

Ajang Mobile World Congress atau MWC 2016, awalnya disebut – sebut sebagai ajang hadirnya smartphone baru dari Sony yakni Sony Xperia Z6. Smartphone ini memang sempat diisukan hadir dalam berbagai versi untuk mengimbangi smartphone premium terbaru lainnya. Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi, Sony justru memperkenalkan varian baru yakni Sony Xperia X. Dan seperti seri – seri sebelumnya, Sony menghadirkan beberapa model sekaligus yakni Sony Xperia XA, Xperia X dan Xperia X Performance. Ini memang cukup mengejutkan dan memastikan bahwa Xperia Z6 memang tidak akan hadir.

Sony Xperia X

Menurut Sony Mobile German, seri Xperia X ini akan menggantikan seri Xperia Z. kabar ini bahkan sudah tersiar di Facebook dan beberapa media sosial lainnya. Awalnya Xperia Z6 diperkirakan akan dilepas pada bulan juni tahun 2016. Namun ternyata kabar tersebut merupakan jadwal perjualan Sony Xperia X.

Kehadiran Smartphone premium baru ini, menandakan  Sony mencoba membuat smartphone premium baru yang berbeda dari seri sebelumnya. Hal ini berbeda dengan yang dilakukan Samsung atau LG. Kedua produsen ini terus melanjutkan smartphone Galaxy S dan LG G. Sony tampaknya mencoba memulai dari awal. Namun, kalau dilihat lebih seksama, smartphone Xperia X Performance memilih desain yang tidak berbeda dengan Xperia Z5. Lalu, seperti apa spesifikasi lengkap dari smartphone Android terbaru ini?

Sony Xperia XA

Sony Xperia X

Sony Xperia XA merupakan varian entry – level dalam seri Xperia X. Smartphone ini menggunakan layar 5 inci resolusi HD. Dari sisi desain, smartphone ini tampil mempesona dan elegan dengan rangka aluminium dan bodi plastik. Smartphone ini memiliki dimensi 143,6 x 66,8 x 7,9 mm dengan berat hanya 137 gram sehingga mudah digenggam dan disimpan.

Baca juga Harga Handphone Android Xperia Terbaru

Beralih ke bagian dapur pacu, Sony Xperia XA memakai Chipset Mediatek Helio P10. Prosesor octa-core ini disokong dengan RAM 2 GB yang tentu memberikan performa yang cukup cepat. Untuk penyimpanan data, terdapat memori internal 16 GB serta tambahan slot microSD. Sony juga melengkapi smartphone premium ini dengan kamera utama 13 MP dan kamera depan 8 MP. Dual kamera ini cukup baik untuk memotret di berbagai kondisi. Terakhir dengan sokongan baterai 2300 mAh, Sony Xperia XA diharapkan bisa lebih tahan lama. Apalagi Sony sudah menghadirkan teknologi Sony Smart Battery.

Sony Xperia X

Sony Xperia X

Sony Xperia X merupakan varian kelas menengah. Hadir dengan desain yang elegan, smartphone ini menggunakan bodi dan rangka aluminium. Desain ini semakin mewah dengan hadirnya tombol power disisi samping yang juga dilengkapi dengan fingerprint reader. Ini tentu membuat smartphone lebih aman dan lebih nyaman digunakan, karena tombol power semakin mudah dijangkau. Untuk dimensi, smartphone ini memiliki ukuran 142,7 x 69,4 x 7,9 mm dengan berat 153 gram.

Sony Xperia X ini menggunakan layar berukuran 5 inci. Layar ini disokong resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Smartphone 4G LTE ini tentu nyaman untuk penggunaan harian baik browsing atau bermain game.

Pada bagian mesin, Smartphone Android Marshmallow ini menggunakan chipset qualcomm Snapdragon 650. Prosesor ini akan disokong dengan RAM 3 GB yang memberikan performa cukup cepat untuk multitasking.

Sementara dibagian memori penyimpanan, Smartphone ini dibekali memori internal 32 GB NAND flash storage. Yang menarik dalam Sony Xperia X, hadirnya kamera utama 23 MP dan kamera depan 13 MP. Kamera belakang ini sudah dibekali teknologi terbaru Sony Hybrid Autofocus. Yang mana, kamera akan bisa menganalisa dan memperkirakan gerakan dari subjek untuk meningkatkan kualitas fokus.

Baca juga Sambut Valentine, Sony Rilis Update Aplikasi Kamera Bertema Cinta

Sony Xperia X akan menggunakan baterai berkapasitas 2620 mAh. Diperkirakan harga smartphone ini akan cukup bersaing dan tak terlalu mahal.

Sony Xperia X Performance

Sony Xperia X

Sony Xperia X performance menjadi model terakhir dan yang paling powerful. Smartphone ini hadir dengan desain mewah bodi aluminium berbalut kaca. Sekilas desainnya memang masih beraroma Xperia Z5. Dibanding kedua model sebelumnya, Smartphone ini tampil sedikit lebih besar dan lebih berat yakni berukuran 144,8 x 71,1 x 7,62 mm dengan berat 164 gram. Sama seperti dua seri sebelumnya, smartphone ini sudah anti air dan debu.

Tidak seperti seri Z, Sony menggunakan layar yang sama yakni 5 inci dengan resolusi Full HD. Meski tidak menghadirkan varian layar lebar, layar smartphone seri terbaru ini sudah cukup baik dalam menampilkan gambar dan video.

Beralih ke bagian mesin, Sony Xperia X performance menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 820. Prosesor quad-core ini akan disokong RAM 3 GB dan GPU Adreno 530. Performanya tidak diragukan lagi, apalagi sudah menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.

Smartphone Sony Xperia X generasi terakhir ini menggunakan memori internal 32 GB dan slot microSD. Untuk kamera, Sony memasang kamera utama 23 MP dan kamera depan 13 MP. Sama seperti Seri Sony Xperia X biasa, kamera ini sudah menggunakan sensor EXMOR RS dengan lensa wide angle 24 mm sehingga cukup baik untuk memotret kondisi gelap. Kabar terbaru, Sony Xperia X Performance hanya akan hadir di wilayah Asia saja. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi mengenai harga dan kapan ketiga smartphone ini resmi dipasarkan.

Spesifikasi Sony Xperia XA Sony Xperia X Sony Xperia Performance
Jaringan LTE LTE LTE
Layar 5.0 inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors 5.0 inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors 5.0 inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
OS Android OS, v6.0.1 (Marshmallow) Android OS, v6.0.1 (Marshmallow) Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
Chipset Mediatek MT6755 Helio P10 Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72 & quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo
GPU Mali-T860MP2 Adreno 510 Adreno 530
Internal/RAM 16 GB/2GB RAM 32 & 64 GB/3GB RAM 32 GB/3GB RAM
Kamera 13MP & 8MP 23MP & 13MP 23MP & 13MP
Baterai Non-removable Li-Ion 2300 mAh Non-removable Li-Ion 2620 mAh Non-removable Li-Ion 2700 mAh

 

Baca juga artikel
Smartphone RAM 3GB: Sony Xperia Z5 vs Samsung Galaxy A9
4 Aplikasi Milik Sony yang Bisa Digunakan di Smartphone Lain
Survey: Sony Xperia Z5 Kalahkan Galaxy S6 di Hasil Kamera

Artikel Lainnya

Komentar