Panasonic Lumix CM10, Kamera Saku Ber-OS Android 5.0 Lollipop

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 21 Jan 2016 | 13:11

Kamera saku ber-OS Android di 2016 makin menggeliat. Pangsa pasarnya pun makin luas dan harga smart camera Android pun makin terjangkau. Tahun 2016 ini, muncul Panasonic CM10, kamera saku pintar yang merupakan penerus dari Lumix CM1.

Jika Lumix CM1 memiliki resolusi kamera 20MP dan dilengkapi lensa Leica, kini Lumix CM10 hadir  dengan OS Android 5.0 Lollipop. Dia menantang kamera saku Android keluaran Nikon seperti S800c, dan CoolPix S810 serta rival lainnya yakni Polaroid SC1630.

Sekalipun Panasonic Lumix CM10 memiliki desain yang nyaris identik dengan pendahulunya tersebut, namun ia tampil berbeda, baik dari segi kemampuan maupun fitur. Pertama, ia menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop untuk menopang kinerjanya.

Perlu diingat, OS Android pada kamera ini berbeda dengan yang ada pada smartphone dan lumix CM10 tidak bisa digunakan untuk SMS maupun telepon. Dilansir Gizmodo, adanya OS Android pada perangkat kamera akan memudahkan pengguna untuk transfer data seperti video atau foto yang ditangkap kamera, baik ke dalam komputer atau melalui cloud storage.

Baca juga Panasonic Lumix FZ300, Kamera Super Zoom dengan fitur 4K Video

Kembali ke Panasonic Lumix CM10, kamera saku Android bergaya klasik, yang dibalut material beraksen kulit ini pun memperoleh dukungan dari chipset Qualcomm Snapdragon 801, RAM berukuran 2GB serta memori internal berkapasitas 16GB yang dapat diekspansi melalui slot microSD. Dengan adanya dukungan tersebut, tentu saja CM10 dapat bekerja lebih cepat saat memproses foto.

Soal kualitas hasil tangkapan, Panasonic memercayakan lensa Leica DC 28mm berkekuatan 20 MP yang dipadukan sensor gambar 1 inch. Lalu, kamu pun dapat menggunakan pengaturan manual dan otomatis pada kamera ini, seperti mengatur kecepatan tangkapan obyek ataupun pengaturan ISO. Tak lupa, ada pula mode video 4K yang menjamin kamu dapat menangkap video berkualitas baik dengan kamera ini.

Melalui Lumix CM10 ini, penggunan dimudahkan saat ingin mengambil gambar, pasalnya layar seluas 4.7 inch turut dihadirkan. Layar ini mempunyai resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, membuat objek yang ingin ditangkap terlihat detail. Soal konektivitas, kamu pun dapat menggunakan fitur seperti WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0 sehingga bisa terkoneksi di jaringan 3G maupun 4G LTE.

Selain mempunyai fitur lengkap layaknya smartphone, kamera pocket Android Panasonic Lumix CM10 pun menawarkan dukungan baterai berkapasitas besar. Kapasitasnya sendiri adalah 2.600 mAh, lebih jumbo ketimbang kamera pocket lain yang tersedia di pasaran.

Saat ini, kamera saku Panasonic Lumix CM10 sudah tersedia di berbagai toko online, seperti Amazon atau B&H. Untuk harganya, ia dibandrol US$ 580 atau sekitar Rp 8 jutaan. Cukup sepadan dengan spesifikasi yang dihadirkannya, bukan?

 

Baca juga artikel

Panasonic Lumix DMC GX8, dengan Dual Image Stabilization

Panasonic Mirrorless Lumix DMC-GM5 Hadir dengan LVF

Libur Telah Tiba! Siapa yang Mau Anda Ajak, Sony HX90V Atau Panasonic TZ70?

Artikel Lainnya

Komentar