FujiFilm X70, Kamera Saku Baru di 2016 Bergaya Retro

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 19 Jan 2016 | 13:51

Persaingan kamera saku di 2016 makin ketat. Produk baru pun bermunculan, Canon, Nikon dan sekarang giliran Fujifilm yang menghadirkan Fuji X70. Ini merupakan kamera saku premium dengan desain retro. Sekilas kamera ini seperti versi mini dan versi murah dari kamera retro, Fuji X100.

Menurut the Verge, kamera saku terbaru ini menggunakan sensor yang sama dengan sensor yang terpasang dalam Fuji X100T, yakni sensor X-Trans II berformat APS-C. Kamera ini juga sudah menggunakan resolusi kamera 16MP. Spesifikasi dapur pacu ini membuat kamera ini bisa mengambil foto dengan lebih cepat dan jelas meski dalam kondisi kurang cahaya.

Dari sisi desain, bodi Fuji X70 hadir dengan ukuran yang jauh lebih kecil ketimbang seri sebelumnya. Fujifilm menawarkan bodi yang lebih ringkas. Hal ini terjadi karena Fujifilm menghilangkan sistem hybrid viewfinder yang ada di tiga seri X100 sebelumnya. Penghapusan viewfinder membuat kamera ini lebih mungil dan tentu lebih murah dari sisi harga. Dengan hilangnya viewvender tersebut, Fujifim menyiasatinya dengan menghadirkan bagian khusus untuk digunakan memasang viewfinder eksternal. Sayangnya, bagian ini akan dijual terpisah dan berharga cukup tinggi.

Untuk bagian tombol, Fujifilm masih mempertahankan berbagai macam tombol yang ada dalam seri sebelumnya, Fuji X100. Produsen juga masih menghadirkan tombol putar dibagian atas bodi kamera. Tombol putar ini bisa digunakan untuk mengatur shutter speed dan eksposure. Selain itu, terdapat juga bagian kontrol diafragma yang terletak dibagian ring belakang lensa.

Baca juga Dua Kamera Mirrorless Terbaik di Pasaran, Fujifilm X-T1 dan Olympus OM-D E-M1

Fujifilm menggunakan lensa 18,5 mm f/2,8. Lensa pada Fuji X70 ini memiliki bukaan diafragma yang lebih kecil dibanding bukaan diafragma pada seri sebelumnya yang menggunakan lensa 23 mm f/2. Menariknya, lensa 18,5 mm setara dengan lensa 28 mm saat menggunakan sensor full frame.

Terakhir dibagian belakang, Fujifilm membekali kamera saku terbaru ini dengan monitor LCD berteknologi layar sentuh. Hal ini membuat kamera ini menjadi kamera seri X pertama yang menggunakan teknologi layar sentuh. Layar dalam kamera ini bahkan bisa diputar hingga 180 derajat untuk memudahkan pengguna berselfie.

Fuji X70 akan mulai dipasarkan pada Februari mendatang dengan harga Rp 9,7 juta rupiah. Tertarik membelinya?

 

Baca juga artikel

Rumor: Fujifilm X70 versi Murah X100T Siap Diproduksi

Kamera Film Fujifilm Instax Mini 70 Resmi diumumkan

Fujifilm XT-1 IR, Menangkap Cahaya Infrared dan Ultraviolet Secara Langsung

Artikel Lainnya

Komentar