Smartphone dan Laptop Canggih di CES 2016

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 15 Jan 2016 | 18:02

Via cesweb

Consumer Electronics Show (CES) tahun 2016 berakhir Sabtu (9/1), memamerkan berbagai produk terbaik di berbagai segmen mulai dari smartphone, laptop, action camera, kamera digital dan berbagai produk canggih lainnya. Untuk segmen laptop dan smartphone kamu bisa lihat beberapa produk di bawah ini.

Nitro DuoBerbeda dengan komputer mini lainnya, Nitro Duo hadir dengan desain berbeda. Dalam perangkat ini juga sudah terpasang dua buah layar 5 inci yang bisa digunakan untuk navigasi. Layar ini akan dibekali resolusi 800 x 480 pixels TN LCD. Layar ini juga dibekali teknologi Xilinx FPGA yang akan mengatur sumber daya sehingga perangkat komputer mini tetap hemat digunakan.

Dalam tubuh Nitro Duo terpasang prosesor Intel Atom Z3745 Bay Trail. Prosesor ini disokong RAM 4GB dan sokongan SSD 256 GB. Dibagian lain, terdapat  mesin Quad-core Freescale i.MX6. Prosesor ini akan disokong RAM 2GB dengan memori internal 8GB. Untuk mesin Android ini, terpasang juga fitur 4G LTE. Dengan spesifikasi ini, jelas komputer mini ini bisa menggunakan dua sistem operasi yakni Windows 10 dan Android 4.4 Kitkat.

Lalu, kenapa Nitro Duo harus menggunakan dua mesin berbeda? selidik punya selidik, ada beberapa alasan seperti masih banyaknya game dan aplikasi Android yang ternyata belum bisa digunakan dalam chips X86. Kedua, Nitro Duo tidak memiliki fitur reboot untuk perpindah ke sistem operasi lain. Kamu bisa menjalankan kedua sistem secara bersamaan dengan semudah menekan tombol dan membalikkan perangkat saja.

Komputer mini ini juga menawarkan USB port, docking connector hingga programmable buttons. Terdapat keyboard dok yang dibekali HDMI, Ethernet hingga 3 buah USB port. Dengan port ini, kamu bisa menambahkan keyboard ataupun mouse hingga flashdisk kala menggunakan sistem Windows.

Sayangnya, komputer mini Nitro duo ini belum akan dipasarkan secara luas dan masih terus dalam tahap pengembangan.  

Samsung Chromebook 3Samsung akhirnya menghadirkan laptop chromebook  terbaru bernama Chromebook 3 dalam ajang CES 2016. Produsen Korea ini menghadirkan desain yang lebih segar dan spesifikasi lebih mumpuni. Samsung terus mengembangkan seri Chromebook mengingat laptop jenis ini cukup ideal untuk pasar kelas menengah ke bawah. Laptop baru ini bahkan hadir dengan konsep cepat, simple, aman dalam desain kompak, ringan. Alhasil laptop ini cocok untuk pengguna biasa, pengguna biasa maupun pelajar. Kamu bisa membawa laptop ini dengan mudah dan menggunakan laptop dengan nyaman.

Samsung bukanlah produsen baru yang membuat laptop seri Chromebook. Dalam seri terbaru ini, Samsung menghadirkan pengembangan yang cukup baik dari sisi desain. Laptop ini menawarkan desain yang minimalis dan ringan dengan bodi metal. Laptop ini memiliki ukuran 11,36 x 8,04 x 0,70 inci dengan berat 1 kg lebih sedikit. Menariknya, dimensi ini lebih kecil namun lebih berat dari Chromebook buatan Lenovo. Spesifikasi ini membuat kamu bisa membawa dan menyimpan laptop chromebook ini dengan lebih mudah.

Pada bagian layar, Samsung menggunakan layar 11,6 inci. Layar ini sudah disokong teknologi IPS dan resolusi 1366 x 768 pixels. Layar ini cukup memadai untuk penggunaan komputasi harian seperti mengetik dokumen, browsing atau sekadar multimedia menonton video.

Laptop ini juga menawarkan keyboard yang nyaman dengan tombol berjarak sehingga kamu bisa mengetik dengan mudah dan nyaman. Ada juga touchpad yang lebar sehingga memudahkan navigasi.

Pada bagian mesin, Samsung Chromebook 3 mengusung spesifikasi khas chromebook yang ringan namun tetap optimal. Sekilas, spesifikasi ini mirip dengan Lenovo 100S Chromebook. Sama seperti Chromebook Lenovo, Chromebook Samsung menggunakan mesin Intel Celeron dengan tipe chip N3050. Prosesor ini akan disokong pula RAM 2GB yang bisa ditambah hingga 4GB. Untuk sistem operasi, laptop ini masih gunakan OS Chrome yang ringan dan sederhana.

Untuk bagian memori, Samsung menggunakan memori SSD 16GB dan slot microSD. Samsung juga menghadirkan port USB 3.0, USB 2.0, HDMI dan headphone/microphone. Pada bagian baterai, Samsung gunakan baterai yang cukup awet hingga 11 jam 19 menit untuk penggunaan harian.

Acer Iconia One 8Ajang CES 2016 kembali dimanfaatkan berbagai produsen untuk memperkenalkan produk terbarunya. Tak terkecuali produsen Acer. Produsen ini kembali memperkenalkan tablet baru dengan konsep yang berbeda. Acer mencoba menyasar celah tablet murah yang ditujukan untuk keluarga dengan menghadirkan produk bernama Acer Iconia One 8. Tablet ini hadir dengan layar yang lebih lebar sehingga mudah digunakan anak-anak maupun orang tua. Acer juga sudah menghadirkan fitur kids center dengan antarmuka yang sederhana dan aman untuk digunakan anak-anak.

Sebagai tablet Android murah dengan desain yang minimalis, bentuk Acer Iconia One 8 menghadirkan dimensi yang cukup besar sehingga mudah digenggam oleh kedua tangan. Pemilihan bahan bodi plastik juga masih cukup nyaman di tangan. Menariknya, Acer menempatkan tombol volume dan power layaknya smartphone berada di sisi samping.

Beralih ke bagian layar, Acer menggunakan layar berukuran 8 inci. Layar ini cukup lebar untuk pengoperasian harian. Kamu bisa mengajak anak kamu bermaing game, menonton video dengan nyaman di layar ini. Apalagi layar ini sudah dibekali resolusi HD 1280 x 720 pixels. Sayangnya, layar ini tidak dibekali anti gores, jadi kamu harus hati-hati kala menyimpan perangkat.

Sementara itu, pada bagian mesin, Acer Iconia One 8 menggunakan mesin kelas menengah yang biasa saja. Tablet Android murah ini hanya mengandalkan dapur pacu bermodal chipset MediaTek, Quad-core ini akan disokong dengan RAM 1GB. Untuk performa, spesifikasi ini memang tidak bisa diandalkan untuk memainkan game-game kelas berat. Namun, untuk penggunaan harian seperti browsing dan game ringan, tablet ini sudah sangat mumpuni.

Untuk memori internal sebesar 16GB dan slot microSD hingga 128GB. Untuk sistem operasi, tablet Android WiFi ini sudah menggunakan OS Android 5.1 Lollipop.

Tablet ini juga sudah dibekali kamera utama 5MP dan kamera depan 2MP. Acer juga membekali tablet ini dengan baterai yang lebih awet. Bahkan tablet ini diklaim bisa bertahan hingga 9 jam untuk penggunaan normal. Tablet Acer Iconia one 8 akan mulai dipasarkan pada Februari mendatang dengan harga Rp 1,3 jutaan.

Razer Blade StealthKamu mendambakan laptop gaming, namun tidak ingin mendapatkan perangkat yang terlalu berat dan besar. Kamu ingin sebuah laptop yang bisa mudah dibawa kemanapun kamu pergi. Kamu pasti tertarik melirik laptop gaming terbaru dari Razer yakni Razer Blade Stealth. Ini merupakan sebuah ultrabook gaming yang hadir dengan desain ramping dan ringan, namun memiliki performa tinggi. hal ini nampak dari penggunaan dapur pacu yang diklaim setara dapur pacu desktop. Kamu pun bisa bermain game terbaru dengan nyaman dalam laptop ini.

Dari sisi desain, Razer menghadirkan desain minimalis dan solid. Produsen bahkan membungkus laptop dengan bodi aluminium. Walaupun demikian, laptop ini tetap ramping yakni hanya setebal 0,52 inci. Laptop ini bahkan lebih tipis dari MacBook Air 13 inci yang hanya 0,68 inci. Namun, laptop razer ini memiliki tebal yang sama dengan Apple Macbook 12 inci.

Ultrabook ini bahkan tampil cukup ringan dengan berat 1,2 kg. Bandingkan dengan Macbook Air yang seberat 1,34 kg. Namun masih kalah ringan dari Macbook dengan berat hanya 0,9 kg.

Razer Blade Stealth juga hadirkan keyboard dan touchpad yang cukup nyaman meski keyboard yang dihadirkan bukanlah full keyboard. Laptop ini juga sudah menggunakan layar 12,5 inci dengan resolusi QHD 2560 x 1440 pixels atau resolusi 4K 3840 x 2160 pixels. Razer juga menghadirkan teknologi touchscreen untuk semakin mempermudah pengoperasian ultrabook ini.

Pada bagian mesin, Razer Blade Stealth menggunakan mesin yang cukup powerfull. Produsen ini menghadirkan prosesor Intel core i7 – 6500u dengan sokongan RAM 8 GB. Spesifikasi ini terbilang gahar untuk sebuah ultrabook berlayar 12,5 inci.  Apalagi, produsen menyediakan memori internal SSD 128GB atau 512GB.

Yang menarik dalam ultrabook ini ialah hadirnya fitur graphics ekesternal. Huawei menghadirkan Razer core yang bisa terhubung melalui USB – C. Bila sudah tersambung, laptop akan secara otomatis menggunakan VGA Deskop yang ada dalam Razer Core. Dalam Razer Core kamu akan menemukan pilihan VGA dari NVIDIA ataupun AMD.

Lalu, bagaimana hasilnya? Kala Razer Blade Stealth dipasangi Razer Core dengan NVIDIA GTX 970, ultrabook ini bisa menjalankan game Fallout 4 dengan mudah. Bahkan game terbaru bisa dimainkan dengan setiing high tanpa adanya lag.

Baca juga Dell Pamerkan Inspiron 11 3000 Series di CES 2016

ZTE Grand X3Pabrikan perangkat telekomunikasi asal Tiongkok, ZTE, ramaikan gelaran Consumer Electonic Show (CES) 2016 untuk memperkenalkan produk barunya. Di ajang bergengsi ini ZTE tak ingin kalah dengan kompetitornya, merilis smartphone Android yang dibandrol dengan harga murah namun dibekali spesifikasi menarik.

Smartphone baru ini diberi tajuk ZTE Grand X3 dan akan segera dijual untuk menyasar pengguna entry-level yang ada di negara Paman Sam. Sementara untuk pemasarannya sendiri bekerja sama dengan jaringan Cricket Wireless. Android murah tersebut mengemas spesifikasi sangat menarik.

Pertama, ia hadir menawarkan dukungan touchscreen dengan luas 5.5 inci. Kualitasnya sendiri tergolong cukup baik karena ZTE menyematkan resolusi HD 1280 x 720 pixels pada panel tersebut. Pertama kali diperkenalkan, Grand X3 sudah dijalankan pada sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop. Sedangkan soal performa, ia mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang diotaki oleh prosesor Quad Core dengan clock-speed 1.3Ghz. Menyempurnakan hardware yang ada, ZTE turut membenamkan memori RAM berukuran 2GB, membuat kinerja multitasking dapat berjalan prima.

Kemudian, ada pula media penyimpanan dengan kapasitas 16GB yang dapat diekspansi melalui microSD card dengan kapasitas maksimal hingga 64GB. Tak hanya itu, Android murah ini pun mendukung jaringan 4G LTE. Lalu untuk fitur kamera, ZTE menjejalkan sensor sebesar 8MP pada bagian belakang, berpadu kamera depan berukuran 2MP untuk mengakomodir kebutuhan selfie.

Khusus kamera belakang, modul tersebut sudah dilengkapi dengan fitur LED flash dan autofokus. Sekalipun dijual dengan harga murah, namun ZTE Grand X3 disertai serangkaian fitur menarik. Pertama, ia turut dilengkapi dengan teknologi audio berkualitas dari Dolby, kemudian memiliki dukungan port USB type-C, serta dukungan baterai dengan kapasitas sebesar 3,080 mAh yang juga ditambahkan teknologi quick charging.

Siap dijual di Amerika Serikat, Grand X3 dibandrol dengan harga sangat terjangkau. Untuk harganya, ia dijual seharga $130 saja untuk tiap unitnya atau setara dengan Rp1,8 jutaan saja. Semoga smartphone ini masuk ke pasar Indonesia, ya!

Alcatel Onetouch PIXI 3

Tablet satu ini hadir untuk menyasar segmen entry-level, hadir mengusung sistem operasi Windows 10 Mobile, sekaligus menjadikan tablet ini sebagai tablet Alcatel pertama yang berjalan pada platform Windows 10.

Menurut situs GSM Arena, Alcatel Onetouch PIXI 3 hadir menawarkan tiga varian warna casing, yakni Smoky Grey, Soft Gold, dan White. Sementara itu, Alcatel pun menyediakan aksesoris tambahan berupa Flip Cover yang tentu saja dapat melindungi perangkat sekaligus untuk menyangganya saat digunakan.

Mengusung layar sentuh seluas 8 inch, kualitas layar pada tablet Windows 10 ini tergolong cukup baik karena memiliki resolusi HD 1280 x 800 piksel dan menggunakan panel IPS yang menghasilkan viewing angle terkesan lega.

Tak kalah menarik, perangkat ini pun memiliki kemampuan lain berkat ditambahkannya sejumlah fitur pendukung, seperti dual kamera, 5 MP pada sisi belakang dan 2 MP pada sisi depan, konektivitas dual SIM 4G LTE, WiFi, GPS, serta kemampuan untuk difungsikan sebagai remote TV.

Soal performa, Alcatel Onetouch PIXI 3 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang terdiri dari prosesor Quad Core berkecepatan 1.3 GHz. Disamping itu, Alcatel pun memercayakan pengolah grafis Adreno 304, menambahkan RAM 1 GB, serta internal storage 8 GB yang dapat diekspansi melalui slot microSD hingga 32 GB ke dalam tablet Windows-nya ini.

Ditambahkan dukungan baterai berkapasitas 4,060 mAh, sampai saat ini Alcatel belum memberikan konfirmasi terkait informasi negara yang akan menjual tablet terbaru ini. Well, kita nantikan saja kabar terbaru lainnya dari gelaran CES 2016 yang akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan!

 

Baca juga artikel

Tablet Seksi VIDAA Mirror Ala Hisense di CES 2016

Nikon Rilis Kamera DSLR Premium Terbaru di CES 2016

CES 2016 Lenovo Perkenalkan Lenovo Vibe S1 Lite

Artikel Lainnya

Komentar