Diperbaharui pada Senin, 14 Desember 2015 | 09:30

Portabook XMC10 Dirilis dengan Keyboard Foldable Unik

Sebuah perusahaan teknologi asal Jepang, baru-baru ini merilis sebuah laptop portable baru. Kali ini, produsen menawarkan sebuah produk bernama Portabook XMC10. Berbeda dengan laptop atau notebook kebanyakan, perangkat ini hadir dengan layar yang lebih kecil dari keyboard. Keyboard perangkat ini bahkan dapat dipatahkan menjadi dua bagian. Teknologi mekanis ini membuat kamu bisa menyimpan keyboard dengan lebih mudah. Jadi kamu bisa menikmati layar mungil dan tetap mengetik dengan nyaman di keyboard yang besar.

Dari sisi desain, laptop mungil ini memang didesain sebagai perangkat portable. Desainnya cukup ringkas dengan bagian dalam muat untuk keyboard. Sehingga saat kamu membuka laptop kamu akan menemukan keyboard yang telah dipatahkan menjadi dua bagian. Nantinya, kamu cukup menyambung keyboard ini layaknya puzzle. Keyboard ini cukup kamu arahkan ke depan monitor karena keyboard ini akan tersambung melalui teknologi wireless. Dibagian tengah keyboard, terdapat trackball untuk memudahkan navigasi.

Baca juga: Daftar Laptop dengan Layar Terbaik di 2015

Hadirnya keyboard yang bisa dipatahkan ini untuk menjawab permintaan konsumen yang mengeluh sulit mengetik di keyboard berukuran kecil. Maka dari itu, produsen mengakali tetap menghadirkan keyboard yang nyaman dan besar meski layar perangkat berukuran kecil.

Laptop ini terbilang ringkas dengan ukuran 8 x 6 x 1,3 inci denga berat 1,8 pounds. Produsen menggunakan layar 8 inci dengan teknologi IPS dan resolusi layar HD 1280 x 768 pixels. Layarnya memang tidak terlalu lebar, namun dianggap masih ideal untuk penggunaan harian.

Beranjak ke bagian mesin, Portabook XMC10 menggunakan prosesor Quad-core Intel Atom X7 - 8700. Prosesor ini cukup baik menghadirkan performa apalagi sudah memiliki kecepatan 1,6 Ghz. Tak lupa, prosesor ini dibekali RAM 2 GB hingga memori penyimpanan eMMC 32 GB yang bisa ditambahi slot micro sd.

Dalam Portabook XMC10, terdapat juga USB 2.0, micro usb, HDMI dan VGA Output. Produsen juga menambahkan fitur wifi dan Bluetooth untuk konektivitas. Kabarnya laptop ini baru akan dipasarkan secara resmi pada Februari 2016 diwilayah Asia timur mendatang dengan harga USD 740 atau sekitar Rp 10,3 jutaan.

 

Baca juga artikel

5 Laptop Gaming dengan Tubuh Ringan di November 2015

Daftar Laptop Convertible Terbaik November 2015 dengan Desain Menarik

5 Laptop Gaming Terbaik Kelas Premium November 2015

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts