Tablet Ini Punya Dua OS, 8GB RAM dan Chipset Intel Atom x7

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 10 Nov 2015 | 12:57

Salah satu vendor perangkat dari Tiongkok, Teclast, saat ini sedang mempersiapkan sebuah produk tablet dengan layar yang menyaingi Surface 3 dari Microsoft, tablet buatan Teclast ini diberi nama Teclast X16 dan siap mengguncang pasar tablet papan atas. Tak hanya bersaing dengan Surface 3, X16 juga siap menjegal tablet layar besar buatan Samsung dan Xiaomi.

Untuk menjadi pesaing utama pemain lama dikancah tablet layar besar, Teclast X16 dibekali dengan layar berukuran 11,6 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels yang mampu memberikan tampilan jernih dengan kontras tinggi dan detail yang mengagumkan.

Pada bagian mesin Teclast mempergunakan chipset Intel terbaru yaitu Intel Atom x7-z8700 Cherry Trail. Prosesor yang tergolong baru dan tangguh dari Intel ini memang sudah banyak diadopsi oleh berbagai vendor smartphone untuk dipasang pada produk-produk mereka. Untuk mengimbangi dan mendukung kinerja prosesor yang powerful ini, Teclast X16 juga dibekali dengan RAM 8GB. Dengan RAM yang jauh melebihi RAM tablet biasa ini bisa dibayangkan betapa cepat dan tangguhnya performa Teclast X16 ini. RAM 8GB jauh melebihi ukuran RAM pada tablet biasa yang biasanya hanya sekitar 2GB-4GB saja, bahkan netbook dan laptop entry level juga belum memiliki RAM sebesar itu. Internal storage-nya juga luar biasa besar. Dengan 64GB pengguna bisa menyimpan apapun di dalamnya. Jika kurang, masih ada slot microSD dimana pengguna bisa menjejalkan microSD hingga 64GB.

Baca juga: Tahukah Kamu? Google Now Voice Search Dibekali Fitur MultiBahasa

Namun kehebatan Teclast X16 tak hanya itu, tablet ini dibekali dengan dual OS yaitu Windows 10 dan Android 5.1 Lollipop. Jadi ada dua macam sistem operasi di dalam perangkat ini dan bisa dipilih saat proses booting. Untuk berpindah dari OS satu ke OS lain, perangkat ini perlu rebooting.

Untuk kamera, Teclast X16 punya dua, yaitu kamera 5MP pada bagian belakang dan 2MP pada bagian depan. Tentunya kamera ini kurang memuaskan, namun jangan khawatir karena ada banyak sekali aplikasi yang bisa didownload untuk menutupi kekurangan tersebut.

Yang menarik, menurut kabar di Geekbuying, Teclast X16 hanya dijual seharga $425 saja dan itu berarti sekitar $75 lebih murah dari Microsoft Surface 3, padahal kelengkapan dan kemampuan Teclast X15 tak kalah dari tablet buatan Microsoft tersebut karena sudah pula dilengkapi dengan konektivitas WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0, ada pula USB 3.0, 1x USB 2.0, 1x micro HDMI, dan jack headset.

Bagi yang ingin menggunakan keyboard, Teclast X16  punya docking yang berkonektor untuk menghubungkan keyboard ke perangkat. Bahkan ada pula pena digital, semacam S Stylus milik Samsung yang bisa dipergunakan untuk Teclast X16 ini, namun pena digital ini harus dibeli terpisah, begitu pula dengan keyboardnya.

Jika kehebatan Teclast X16 di atas terlalu berlebihan buat kebutuhan sehari-hati, ada versi Teclast X16 Pro yang sedikit lebih rendah dengan dibekali dengan Intel Atom X5-Z8500 dan RAM 4GB. Mau pilih yang mana?

 

Baca juga artikel

Intip Spesifikasi Samsung View Tablet, Tablet Jumbo Berlayar 18,4 Inci

3 Aplikasi Penstabil Jaringan Internet di Smartphone Android

Cara Diteksi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Mengisi daya

Artikel Lainnya

Komentar