Tonton Video Review Sony Xperia Z5 Compact Sebelum Kamu Beli

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 03 Nov 2015 | 18:55

Tanggal 4 November besok Sony Xperia Z5 Series akan segera diluncurkan di Indonesia. Perangkat Sony itu adalah salah satu perangkat yang paling ditunggu kehadiranya di akhir tahun 2015 ini karena membawa teknologi terbaru dan terbaik buatan Sony. Penasaran dengan apa yang akan kamu dapatkan dengan membeli perangkat Xperia Z5 Compact ini, berikut rangkuman review yang dilakukan oleh Android Authority yang juga ada versi videonya.  

Gambaran Umum

Review yang dilakukan Android Authority secara umum menyebutkan bahwa kelebihan Xperia Z5 Compact antara lain adalah ukuran yang sesuai dengan sebutanya sebagai versi ‘Compact’ dari Xperia Z5, hadir dengan spesifikasi premium seperti versi original, sertifikasi IP, hadirnya aplikasi khas Sony serta fitur-fitur extra, dan juga baterai yang cukup kuat. Bahkan semua fitur Xperia Z5 Compact diberi rating di atas 8.0.

Rating:

  • Baterai: 8,9
  • Layar: 8,5
  • Kamera: 8,5
  • Kinerja: 8,0
  • Software: 8,7
  • Desain: 9,0

Makin penasaran? Berikut review lengkapnya:

Desain

Via Android Authority

Dari sisi desain Xperia Z5 Compact tak jauh berbeda dari perangkat Sony Z series yang lain, terutama Z3 Compact. Z5 Compact bentuknya sama persis seperti kakaknya, namun dengan ukuran bodi yang lebih kecil, bahkan letak dan fungsi tombol-tombol juga sama, seperti tombol power yang membawa fitur fingerprint reader. Tombol volume diletakan di bagian kanan bawah, antara tombol power yang terletak ditengah dan tombol shutter kamera yang ada ada bagian paling bawah.

Pada bagian atas ada jack headphone 3.5mm dan pada bagian bawah terdapat port microUSB. Untuk lubang microphone, ada dua yaitu pada bagian atas dan juga bawah. Pada sisi kiri Z5 Compact terdapat penutup yang melindungi slot SIM dan SD Card.

Pada bagian depan ada layar dengan ukuran 4,6 inci, lubang kamera, dan speaker, sementara bagian belakang ada rumah kamera utama dan logo.

Baca juga: Overheating Akibat Snapdragon 810 Kini Menimpa Xperia Z5 Compact

Display

Via Android Authority

Z5 Compact dibekali dengan layar yang lebih kecil baik ukuran, resolusi dan kepadatan pixelsnya. Z5 menghadirkan layar 4,6 inci dengan resolui HD 720p saja dan kepadatan pixels yang hanya 323 ppi. Walau kepadatan piksel lebih kecil, namun  karena layarnya juga mengecil maka  tampilan layar pada Z5 Compact terlihat sempurna, sangat detail dan tajam. Bahkan Z5 Compact juga dibekali dengan Triluminos Display dengan X-REALITY Engine, seperti Z5 versi originalnya.

Hardware dan Kinerja

Walau hadir dengan dimensi dan layar yang lebih kecil, Sony tak menyunat kemampuan Z5 Compact. Hal itu terbukti dengan hadirnya mesin yang sama persis seperti kakaknya, yaitu chipset Octa core 64-bit Snapdragon 810 yang didukung dengan Adreno 430 untuk mesin grafisnya dan RAM 2GB untuk ruang kerjanya.

Untuk penyimpanan data, tersedia internal storage seluas 32GB yang bisa ditambah dengan menjejalkan microSD pada slot yang tersedia. Untuk mendukung kinerja Z5 Compact, Sony menambahkan berbagai macam fitur standar Android seperti Wifi 802.11 a/b/g/n/ac, dual band, WiFi Direct, Hotspot, 4G LTEGPS, A-GPS/GLONASS, MicroUSB 2.0 dan Bluetooth 4.1.

Kamera

Via Android Authority

Sony sangat terkenal dengan kualitas kameranya dan bahkan sensor kamera Sony banyak dipakai pada smartphone premium dan non premium produksi vendor lain. Z5 Compact menghadirkan kamera dengan kekuatan 23MP bersensor Sony Exmor RS dengan wide angle 24mm, G Lens, dan juga kemampuan merekam video 4K. Ada pula kamera depan dengan kekuatan 5MP.

Baca juga: Sony Ungkap Kampanye ‘Made for Bond’ Xperia Z5

Kamera pada Z5 Compact juga didukung oleh banyak fitur dan aplikasi bawaan seperti HDR dan Panorama, full manual mode, AR Mode, timeshift, video mode, dan juga mode perekaman slow motion.

Fitur Lain

Z5 Compact sudah mendapatkan sertifikat IP65 dan IP68 yang berarti perangkat ini tahan percikan air dan juga kotoran seperti debu dan cipratan lumpur, namun jangan sampai tercelup air, dibawa berenang, terkena air laut atau tertumpah minuman panas.

Z5 Compact dibekali pula dengan Audio Setting termasuk DSEE HX, ClearAudio+ dan juga Dynamic Normalizer. Ada pula manual equalizer dengan Bass Boost mode yang memanjakan telinga kamu.

Pada sisi baterai, Z5 Compact dibekali dengan baterai berkekuatan 2.700mAh yang mampu bertahan 5 jam untuk penggunaan normal dan standby 42 jam. Selain itu juga ada fitur Quick Charge 2.0 yang membuat Z5 Compact dicharge hingga 80% dalam waktu yang sangat singkat (1 jam), jika ingin penuh membutuhkan waktu 1 jam 40 menit.

Untuk OS, Z5 Compact membawa Android 5.1 Lollipop dan akan segera diupdate ke Marshmallow. Ada pula aplikasi untuk melihat tampilan Z5 Compact pada device lain seperti Sony TV, screen mirroring, fitur playstation controller, dan juga MirrorLink.

Yang paling baru adalah mode Ultra Stamina Mode di mana Z5 Compact akan bisa bertahan selama 3 hari hanya dengan baterai yang tinggal 40%. Mode ini mematikan semua fitur ponsel kecuali fitur SMS dan telepon.

Untuk harganya, silahkan update terus Pricebook agar mendapatkan harga terbaik saat smartphone ini diluncurkan.

Video Review Sony Xperia Z5

 

Baca juga artikel

Xperia Z5 Dibongkar, Ini Rahasia Sony Redam Masalah Overheating!

Pertempuran Sony Xperia Z5 Premium vs Samsung Galaxy S6 Edge+

Khusus Pasar Jepang, Sony Hadirkan Xperia Z5 Compact Premium

Artikel Lainnya

Komentar