Sony Rilis RX1R II, Kamera Full Frame Berfitur Optical Variable Low-Pass Filter

Sony Rilis RX1R II, Kamera Full Frame Berfitur Optical Variable Low-Pass Filter

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 16 Okt 2015 | 15:01

Beberapa minggu lalu, muncul rumor bahwa Sony akan segera menghadirkan Sony QX30U. Namun, ternyata Sony menghadirkan kamera kompak terbaru dengan sensor Exmor R CMOS. Menariknya, kamera terbaru ini hadir dengan konsep kamera full frame dengan fitur Optical variable low-pass filter pertama di dunia yang bisa dinyalakan atau dimatikan dengan mudah.

Sensor Exmor R CMOS


Dalam kamera ini terpasang sensor 35 mm Full Frame Exmor R CMOS back illuminated, Sensor ini akan dibekali juga resolusi 42,4 MP yang cocok untuk mengambil gambar atau video lebih jelas. Sensor gambar ini dilengkapi pula ISO 100 hingga 25600 (dapat diubah dari 50-102400). Sensor ini akan meningkatkan output data hingga 3,5 kali lebih cepat dari seri lama RX1R.

Optical variable Low-pass filter

Salah satu fitur baru dan yang paling menarik dalam kamera Sony RX1R II ialah hadirnya filter Low-pass  didepan sensor.  Seperti yang diketahui, dalam seri RX1R yang dirilis pada 2013 lalu, Sony hanya menghadirkan anti-aliasing filter saja. Filter ini diharapkan bisa meningkatkan bentuk dan pola sebuah objek.

Baca juga: 8 Sisi Menarik Kamera Mirroless Sony A7R II

Agar memudahkan para fotografer, Sony pun menghadirkan optical variable Low-Pass filter pertama di dunia.  Dengan teknologi ini, fotografer bisa memilih menggunakan low pass filter dengan mode off, standard atau high. Semakin tinggi mode, semakin memperjelas bentuk objek yang difoto.

Lensa 35mm

Pada bagian lensa, Sony RX1R II dibekali lensa fixed 35 mm f/2 Zeiss Sonnar. Lensa ini dibekali juga macro shift ring untuk fokus yang lebih baik hingga jarak objek 14 cm. Terdapat juga 9 aperture untuk menghadirkan bokeh yang lebih halus.

Fitur Lain

Sony juga menghadirkan viewfinder berupa XGA OLED Electroni viewfinder yang bisa muncul dan tenggelam secara otomatis dari bodi. Kamu juga bisa menikmati hasil foto melalui layar LCD 3 inci yang ada dibelakang bodi. Layar ini bisa digerakkan ke atas hingga 109 derajat dan ke bawah 41 derajat.

Harga

Dari informasi resmi yang didapat, kamera Sony RX1R II ini baru akan dirilis pada November mendatang dengan harga USD 3,300 atau sekitar Rp 44,6 juta.

 

Baca juga artikel

Sony Cyber-Shot DSC-KW11, Kamera Selfie Khusus Cewek

Sony Merilis Sony A7R II dengan Fitur Merekam Video 4K

Sony RX100 IV dan RX 10 II Gunakan Sensor Exmor RS CMOS Tipe 1.0

Artikel Lainnya

Komentar