Live Acara Google Nexus 2015 Liveblog – Nexus 5X

Live Acara Google Nexus 2015 Liveblog – Nexus 5X

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 30 Sep 2015 | 00:00

Pukul 09:10 AM waktu San Francisco, Vice President of Engineering Google, David Burke beralih membicarakan Nexus 5X. Tanpa banyak perkenalan, ia menyebut spesifikasi Nexus 5X yang dibuat LG tersebut mempunyai display 5,2 inci dengan berat 136 gram saja. Selain itu Nexus 5X dibekali pula dengan baterai 2700mAh dan prosesor 64 bit, Nexus Imprint (sensor sidik jari yang mampu mengenali sidik jari hanya dalam waktu 600 milidetik) dan juga USB Type-C. Nexus 5X dipastikan akan hadir dalam balutan warna Carbon Black, Sports White dan Ice Blue.

Burke beralih membicarakan kamera Nexus 6P yang membawa 1.55 micron pixel camera sensor yang ditujukan untuk indoor photography. Sensor ini lebih besar dari Nexus 6 yang hanya 1.12 micron dan sensor iPhone 6S Plus yang 1,22 micron (Burke menampilkan grafik perbandingan pixel kamera). Kamera Nexus 6P buatan Huawei juga  telah dibekali dengan laser-detect autofocus atau auto fokus dengan laser (sambil menunjukkan perbandingan gambar yang diambil dengan iPhone 6S Plus, Nexus 6 dan Nexus 6P dan hasilnya adalah Nexus 6P menghasilkan foto terbaik pada kondisi minim cahaya.

Perbandinga hasil foto Nexus 6, iPhone 6 Plus dan Nexus 6P

Burke juga menjelaskan bahwa kamera pada Nexus 6P mampu dipergunakan untuk merekam slow motion video dengan @240fps sementara pada Nexus 5X @120fps. Kamera di kedua perangkat tersebut juga mendukung mode perekaman 4K, fitur ‘Smart Burst” @30fps untuk membuat image ber-ekstensi GIF. Ada fitur shortcut untuk kamera, yaitu tekan dua kali pada tombol power.

Baca juga: Live Acara Google Nexus 2015 Liveblog – Nexus 6P

Android Sensor Hub

Burke kemudian beralih ke Android Sensor Hub yang terdiri dari Sensor Fusion, Activity Recognition, Gesture Recognition dan Low Power. Kembali ia membicarakan Nexus Imprint, sensor sidik jari pada kedua perangkat Nexus yang diperkenalkan hari ini. Kembali ia berkata jika sensor ini mampu mengenali sidik jari hanya dalam waktu 600 milidetik saja dan bisa dipergunakan untuk otorisasi pembelian di Playstore. Jadi dengan tap saja sudah cukup untuk mengaktifkan Nexus.

Burke menyebut bahwa Marshmallow akan hadir untuk Nexus 5,6,7,9 dan Player. Saat ini Nexus 5X dan 6P sudah bisa pre-order namun hanya di Amerika, Inggris, Irlandia, dan Jepang, sementara negara lain bisa membelinya di retailer. Untuk harga, Nexus 5X dijual mulai harga $379 dan Nexus 6P mulai harga $499 dan akan mulai dikapalkan Oktober mendatang. Kedua perangkat tersebut dijual secara unlocked dan bisa dipergunakan dengan jaringan yang disediakan oleh semua operator dunia.

Sebagai bonus, pembeli Nexus mendapatkan gratis berlangganan Google Play Music dan pembeli di Amerika mendapatkan gratis Google Play credit sebesar $50 saat preorder. Selain itu, semua Nexus dilindungi oleh Nexus Protect, semacam garansi yang melindungi dari berbagai kerusakan dan cacat produksi selama 2 tahun. Itulah akhir dari presentasi tentang Nexus 5X dan Nexus 6P, namun jangan khawatir, pricebook update masih akan melaporkan lebih banyak lagi dari event Google ini.

 

Baca juga artikel 

Google Siapkan Tablet 10 inci dengan RAM 3GB Bernama Pixel C

Nexus 5x dan Nexus 6p Hadir Tanpa Slot MicroSD

Google Siap Rilis Android Marshmallow dan Nexus 2015 di 29 September

 

Artikel Lainnya

Komentar