Cina Rilis OS NeoKylin Mirip Windows XP

Cina Rilis OS NeoKylin Mirip Windows XP

Oleh Aris Wibowo on Senin, 28 Sep 2015 | 20:44

Bukan sebuah rahasia lagi, Cina bukanlah basis fan untuk Microsoft. Tahun lalu misalnya, kamu mungkin mendengan selentingan kabar bahwa Cina memblokir Windows 8 untuk penggunaan komputer di instansi pemerintah. Pemerintah Cina mengklam sistem Windows 8 terlalu mahal. Bahkan sistem Microsoft ini dianggap sarana dari Amerika untuk memata-matai pemerinta Cina.

Jadi tak heran, beberapa komputer di Cina kemungkinan masih menggunakan sistem Windows XP. Berbicara mengenai sistem ini (windows xp), Cina dikabarkan memiliki sistem operasi alternative yang diharapkan bisa menggantikan sistem buatan Microsoft. Sistem ini juga diharapkan bisa mengurangi ketergantungan warga Cina terhadap produk luar negeri dan memilih menggunakan produk buatan negaranya sendiri.

Baca juga: Onda V919 Air CH, Tablet Windows 10 Asal Tiongkok dengan RAM 4GB

Sistem operasi tersebut ialah NeoKylin OS. Menariknya, dalam sebuah video yang beredar, sistem ini sangkat mirip dengan Windows XP. Ada pula yang menyebut bahwa ini hanya mengganti tampilan luar saja karena beberapa fitur di dalam sistem baru ini sama dengan Windows XP milik Microsoft.

Seperti yang diketahui, pemerintah Cina masih menggunakan sistem Windows XP pada beberapa komputer di beberapa instansi pemerintah. Padahal, sistem Windows XP sendiri sudah lama tidak dikembangkan oleh Microsoft. Jadi kehadiran OS ini hanya bentuk penyegaran saja agar pengguna atau pegawai pemerintah masih familiar dengan OS NeoKylin ini.

Fakta terbaru, Dell sudah mulai memasarkan komputer dengan OS NeoKylin. Menurut sumber resmi Dell, OS NeoKylin akan terpasang pada varian Laptop Latitude, Dell Optiplex desktop dan seri DellPrecision. Jadi tertarik mencoba OS terbaru ini?

 

Baca juga artikel

Chuwi Hi10, Tablet Windows 10 dan Android Lollipop dengan RAM 4GB

Samsung Buat Tablet Windows 10, Harganya Diperkirakan Rp7,2 Jutaan

Video Xiaomi dengan OS Windows 10 Kembali Muncul

Artikel Lainnya

Komentar