Pentax Full Frame DSLR Hadir Awal Tahun Depan

Pentax Full Frame DSLR Hadir Awal Tahun Depan

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 25 Sep 2015 | 12:32

Pentax baru saja merilis teaser salah satu kamera terbarunya yang mengunakan full-frame sensors. Menurut Techradar, kamera SLR yang belum diketahui namanya tersebut sebenarnya sudah pernah diumumkan Februari 2014 yang lalu dan pada ajang Pameran Fotografi pada bulan berikutnya.

Rumor kehadiran kamera Pentax full-frame kamera ini merupakan berita yang cukup menggembirakan karena persaingan pasar kamera full frame menjadi lebih kompetitif, sebab selama ini yang mengusai pasar tersebut hanya dua merek yaitu Canon dan Nikon.

Pentingnya “Full Frame”

Kenapa fitur “full frame” penting? Poin penting dari fitur ‘full frame’ adalah ukurannya yang 2x lebih besar dari sensor APS-C yang banyak digunakan pada kamera DSLR dan Mirorrless camera. Ukuran sensor yang lebih besar menghasilkan efek 3D pada gambar dengan depth of field yang lebih dangkal. Dengan resolusi yang sama, sebuah full-frame sensor mempunyai Photosite yang lebih besar sehingga noise pada ISO tinggi bisa dikurangi dan dynamic range bisa ditingkatkan.

Baca juga: Pentax K-3 II Dibekali Fitur Terbaik untuk Memotret Benda di Angkasa

Teknologi Sensor

Pixel Shift Resolution Mode – teknologi ini mengatasi berbagai kelemahan mendasar pada sensos konvensional yang hanya bisa menangkat warna merah,hijau satu biru pada satu photosite dan data yang diperoleh harus di-interpolasikan secara matematika (demosaiced) untuk menghasilkan full-color pixel.

Pentax Shake Reduction (SR), sebuah teknologi image stabilization yang juga dipergunakan pada Pentax K-3 II yang berfungsi menangkap full-color image data pada setiap photosite untuk meningkatkan kualitas rendetion dan resolusi warna.

Kehadiran Pentax full-frame kamera terbaru ini akan menjadi pesaing utama bagi kamera Sony dan Canon. Sony yang baru saja meluncurkan kamera full frame terbaru, A7R II compact system camera akan mendapatkan pesaing berat yang mungkin saja mengurangi porsi profit yang didapatnya.

Dengan kamera full-frame yang akan dirilis ini, Pentax akan menjadi satu-satunya produsen yang menawarkan kamera yang dapat berganti-ganti lensa dari tiga ukuran sensor yang berbeda, sensor APS-C dan dengan desain full frame serta medium DSLR.

 

Baca juga artikel

Kamera ini Bisa Rekam Video 380 Derajat

5 Kamera Mirrorless Terbaik Penganti DSLR di 2015

Kamera Kodak PixPro SP360-4K Bisa Foto 360 Derajat tanpa Aplikasi

Artikel Lainnya

Komentar