Dell XPS 12 Terbaru, Rival Berat Microsoft Surface

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 16 Sep 2015 | 18:29

Dell XPS 12

Ternyata Dell sudah mempersiapkan sebuah perangkat anyar yang akan menandingi Microsoft Surface. Dengan nama XPS 12, produk Dell itu menawarkan pengalaman 2-in-1 pada penggunanya.

Mengapa produk anyar Dell ini diperkirakan akan menjadi pesaing Surface? jawabannya adalah desain laptop konvertibel yang dimilikinya. Hal itu merupakan cara Dell melawan kombo tablet plus keyboard ala Surface.

Sebelumnya, Dell memiliki perangkat yang dinamai XPS 12. Bak terlahir kembali, XPS 12 terbaru ini tentu saja dibuat berbeda dengan model sebelumnya. Spesifikasinya pun pastinya dibuat lebih tinggi guna memberikan kinerja maksimal.

Memang, belum ada info detil terkait spesifikasi teknis produk keluaran terbaru Dell ini. Namun, generasi anyar XPS 12 disebut-sebut memiliki display color-accurate 4K touchscreen. Selain itu, bezel ala XPS 13 milik perangkat ini sangat tipis. Pengguna juga dapat mengggunakan konektor Thunderbolt 3.

Tablet 2-in-1 berlayar ultra tajam itu dibekali dengan kamera belakang 8MP. Untuk memudahkan pengguna melakukan selfie atau video chat, tersedia sebuah kamera depan dengan resolusi 5MP. XPS 12 ini diklaim mampu menyediakan daya untuk penggunaan selama 10 jam.

Baca juga: Dell Latitude 11 5000, Tablet 2 in 1 Windows 10

Tak cuma itu, tablet Dell ini berjalan di sistem operasi Windows 10 serta mendukung aplikasi yang menggunakan stylus, seperti Bamboo Paper dan OneNote. Stylus Dell Active memungkinkan pengguna untuk menulis catatan serta membuat sketsa pada perangkat tersebut.

Digadang-gadang sebagai pesaing Microsoft Surface, tentu saja tablet XPS 12 milik Dell ini memiliki keyboard ekstra. Dengan demikian, perangkat ini mampu menyuguhkan pengalaman 2-in-1. Pada keyboard-nya, terdapat tombol backlit serta touchpad yang bekerja mulus. Mengingat XPS 12 dibekali dengan fitur-fitur yang menggiurkan tersebut, sudah bisa dipastikan kamu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memilikinya.

Berbicara soal Microsoft Surface yang harus bersiap menghadapi XPS 12, perangkat tersebut memiliki rancangan yang merupakan kombinasi antara laptop dan tablet. Disebut sebagai laplet, Surface menawarkan alternatif pengoperasian menggunakan keyboard yang bisa dilepas.

Microsoft Surface itu sendiri dipasarkan pertama kali pada tahun 2012. Selain itu, perangkat itu merupakan komputer pertama yang dirancang dan didistribusikan sendiri oleh Microsoft. Pada 30 Maret lalu, Microsoft mengumumkan kehadiran Surface 3 yang merupakan versi lebih kecil dari Surface Pro 3.

 

Baca juga artikel

Dell Perkenalkan Varian Chromebook untuk Pebisnis

Dell merilis Venue 7 3741 Di india dengan Fitur 3G dan Intel Atom

Duel Ultrabook, Dell XPS 13 dan Lenovo Yoga 3 Pro

Artikel Lainnya

Komentar