Asus ROG GX700, Notebook Gaming dengan Sistem Watercooling

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 10 Sep 2015 | 20:19

Sebagai manufacturer yang amat dihormati oleh komunitas gaming, kali ini Asus mengumumkan laptop gaming teranyarnya dengan nama ROG GX700 di IFA, Berlin, beberapa waktu lalu. Salah satu hal yang membuat perangkat ini begitu unik adalah sistem watercooling yang dimilikinya.

Terdapat sebuah cooling block berukuran masif yang dipamerkan dengan notebook gaming Asus tersebut. Block tersebut berfungsi sebagai sistem pendingin berbasis air yang akan menurunkan temperatur perangkat secara efektif dan cepat. Seperti yang kita ketahui, notebook gaming harus mem-boost kinerjanya untuk menghasilkan pengalaman gaming yang luar biasa dan hal itu berdampak pada suhu perangkat.

Dengan sistem pendingin air tersebut, pengguna ROG GX700 dapat meneruskan permainan tanpa mengkhawatirkan kenaikan suhu CPU. Sistem watercooling itu juga bisa dilepas sesuai keinginan pengguna. Apabila pengguna ingin mengoperasikan notebook-nya secara terpisah, terdapat sistem pendingin udara pada perangkat untuk menjaga suhu GPU dan CPU agar tetap adem.

Baca juga: Asus MG278Q, Monitor Gaming Quad HD Dengan FreeSync Meluncur

Menghubungkan notebook dengan block pendingin air ternyata tidak mudah. Perangkat itu harus dipasangkan ke 2 pin vertikal lalu mengencangkannya agar notebook dan sistem pendingin eksternal itu terhubung secara erat. Bila docking tersebut sukses, akan terdengar suara seperti klakson. Untuk melakukan undock, cukup tekan tombol yang ada di tengah unit pendingin itu.

Saat dipamerkan, ROG GX700 tersebut masih sebatas prototype. Pihak Asus juga belum berbicara banyak terkait spesifikasi teknis notebook gaming itu. Namun, berdasarkan bocoran, ROG GX700 memiliki prosesor seri K Skylake yang overclockable. Selain itu, perangkat dengan tampilan fisik yang mengintimidasi itu menggunakan GPU Nvidia GTX 990M 8 GB terbaru.

Untuk mengoptimalkan pengalaman gaming, Asus membekali ROG GX700 dengan layar IPS 4K berukuran 17 inci. Dengan layar tajam tersebut, para gamer pastinya akan semakin terhanyut ke dalam permainan mereka yang seru. Selain itu, pengguna juga bisa memiliki opsi untuk menyimpan data, yakni dengan SSD atau HDD.

Belum bisa dipastikan berapa harga yang akan dipatok Asus untuk satu unit ROG GX700. Selain itu, tanggal perilisannya juga belum ditetapkan. Pihak Asus sempat menyebutkan bahwa perangkat canggih ini akan dipasarkan akhir tahun, namun hal itupun belum pasti.

 

Baca juga artikel

Adu Fitur Asus Zenbook UX305 dan Dell XPS 13

Duel Spesifikasi Notebook 11,6 inci, Asus X200MA dan Lenovo S20-30

Asus X550ZE Hadir dengan Dua Mesin Grafis dan APU Kaveri

Artikel Lainnya

Komentar