Nextbit Akan Rilis Smartphone Robin dengan Dukungan Cloud

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 10 Sep 2015 | 18:52

Nextbit Robin

Salah satu masalah yang dimiliki smartphone adalah terbatasnya kapasitas memori internal yang disiapkan untuk menyimpan data pengguna. Selain itu, banyak produsen smartphone yang tak membekali perangkatnya dengan slot memory card. Berangkat dari permasalahan tersebut, Nextbit menggarap smartphone bernama Robin yang menggunakan cloud sebagai media penyimpanan data.

Keterbatasan ruang penyimpanan data menjadi salah satu keluhan terbesar para konsumen. Itu sebabnya Nextbit menggunakan keajaiban software berbasis cloud untuk mengatasi permasalahan itu. Cara itu dinilai efektif untuk menyediakan ruang data storage yang lebih besar sehingga pengguna bebas menyimpan file mereka.

Dengan menggunakan software berbasis cloud itu, pengguna tak perlu pusing ketika akan mentransfer musik atau video tanpa harus membersihkan space di smartphone. Dengan kehadiran Robin, pengguna bebas menyimpan apa saja tanpa ribet.

Perangkat yang diklaim sebagai smartphone cloud pertama tersebut juga menyediakan internal storage dengan kapasitas 32 GB. Cukup besar, bukan? Untuk cloud storage-nya, tersedia ruang sebesar 100 GB. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati smartphone-nya tanpa terkendala kapasitas data storage yang terbatas.

Baca juga: Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Ketika pengguna hampir menghabiskan 32 GB internal storage-nya, smartphone itu akan memindahkan data lama ke penyimpanan cloud secara otomatis guna memberikan ruang kosong. Hal itu berlaku untuk user data dan setting. Tentu saja Robin yang cerdas akan memilih data lama yang jarang diakses untuk disimpan di cloud. Jika pengguna ingin membukanya kembali, cukup tarik dari cloud sesuai keinginan.

Untuk versi ujicobanya, Robin berjalan di sistem operasi Android Lollipop. Namun, saat smartphone cloud itu dirilis secara resmi kelak, Robin kemungkinan besar memakai versi Marshmallow. Perangkat ini akan dibekali dengan RAM 3 GB serta baterai berkapasitas 2680 mAh. Kamera utama yang dimilikinya beresolusi 13 MP, sedangkan untuk kamera sekunder 5 MP.

Smartphone dengan display IPS 1080p berukuran 5,2 inci tersebut juga mempunyai dual speaker dan amplifier. Pastinya fungsi multimedia perangkat yang memiliki desain fisik apik dan warna menawan itu akan makin optimal. Nextbit berencana merilis Robin pada kuartal pertama 2016 dengan harga $399 atau setara Rp5,5juta.

Terkait profil perusahaan, Nextbit didirikan oleh Tom Moss yang merupakan mantan Kepala Pengembangan Bisns dan Kemitraan Android Google. Selain itu, ada Mike Chan yang sebelumnya terlibat sebagai teknisi software Android sejak versi 3.0. Perancangan produk Nextbit diserahkan pada Scott Croyle yang pernah memimpin tim HTC, termasuk model HTC One M7 dan M8.

 

Baca juga artikel

5 Smartphone Android RAM 2GB Terbaik Dengan Harga 1 Jutaan

10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Bocoran Nokia C1 Dengan OS Android Terungkap

Artikel Lainnya

Komentar