Kenali Dunia Sinyal Nirkabel dengan Aplikasi Ini

Oleh Nadia Maharani on Minggu, 30 Agu 2015 | 15:18

Hanya dalam kurun waktu beberapa dekade, dunia kita berubah menjadi digital. Kita tak lagi melakukan hal-hal secara konvensional. Mengirim surat tak lagi mengandalkan pos, cukup dengan menggunakan email. Kini semua hal dapat dilakukan secara nirkabel, termasuk menonton TV. Sangat luar biasa, bukan?

Namun, pernahkah terpikir olehmu, bagaimana dunia wireless sesungguhnya? Selama ini, kamu melakukan panggilan, mengakses internet hingga bermain game dengan mengandalkan sinyal nirkabel. Seorang pengembang baru-baru ini membuat sebuah aplikasi unik yang akan membuat kamu kian akrab dengan dunia digital ini.

The Architecture of Radio diciptakan oleh Richard Vigjen dan merupakan sebuah aplikasi iPad yang akan memperkenalkanmu dengan dunia unik tersebut. Aplikasi itu menggunakan GPS yang akan menentukan lokasi pengguna dan mencari menara seluler yang di-cover dari OpenCellID. Lalu, posisi dari satelit akan dikalkulasi berdasarkan data Ephemeris JPL.

Aplikasi ini akan memungkinkanmu untuk melakukan visualisasi terhadap jaringan jaringan sinyal nirkabel. Dengan menampilkan sebuah lingkungan yang disebut infosphere, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai dunia sinyal nirkabel yang tak kasat mata.

Infosphere itu sendiri merupakan lingkungan yang interdependent yang dipenuhi dengan data dan informasi. Istilah infosphere mulai diperkenalkan pada tahun 1971 oleh majalah Time dan digunakan oleh R.Z. Sheppard dalam sebuah ulasan buku. Kini infosphere dipakai untuk menggambarkan dunia wireless yang bisa kamu lihat dengan menggunakan aplikasi The Architecture of Radio tersebut.

Infosphere mengandalkan pada jaringan sinyal yang rumit. Kamu mungkin tak menyadarinya, namun sesungguhnya dunia kita dipenuhi dengan sistem yang tak kasat mata dan terdiri dari sinyal radio dari satelit, poin akses serta menara seluler. Kehidupan digitalmu amat tergantung pada sistem-sistem tersebut. Dengan sistem kompleks itu, kamu dapat melakukan komunikasi, navigasi dan pengamatan secara praktis.

Aplikasi iPad itu akan menunjukkan sinyal pembawa data yang berinteraksi dengan perangkatmu. Dengan aplikasi yang luar biasa ini, kamu dapat melihat jendela yang komprehensif di dunia infosphere. Aplikasi The Architecture of Radio ini akan mulai diperkenalkan di ZKM Centre for Art and Media yang digelar di Karlsruhe, Jerman, pada September 2015 - April 2016 mendatang. Pengguna iPad dapat mengunduh aplikasi ini pada akhir tahun 2015.

Baca juga artikel:

Hisense Pureshot Siap Dipasarkan di Indonesia

HTC Akan Luncurkan Vive VR Headset Dengan Jumlah Terbatas

'Ibu’ Robot Ini Bisa Membuat Anak-anaknya Sendiri

 

Artikel Lainnya

Komentar