Graava Camera, Pesaing GoPro dengan Kemampuan Self-Editing

Oleh Nadia Maharani on Selasa, 11 Agu 2015 | 14:14

Bagi kamu yang gemar mendokumentasikan kegiatan serumu dengan kamera GoPro untuk meng-capture semua hal yang kamu lakukan, intip pesaingnya yang satu ini. Diberi nama Graava Camera, perangkat ini diperkirakan akan menjadi lawan tangguh GoPro lantaran fitur-fiturnya yang unik.

Graava, sebuah startup yang baru seumur jagung, telah berhasil menghasilkan sebuah kamera canggih dengan ukuran mungil. Perangkat seukuran gantungan kunci berdimensi 44 x 65 x 20 mm serta berbobot 60 gram ini amat mudah untuk dibawa-bawa. Pengguna bahkan bisa menempelkannya di helm lalu mendokumentasikan kegiatannya dengan leluasa.

Baca juga: Xiaomi Buat Kamera Pesaing GoPro

Kamera action yang artificially intelligent serta dibekali dengan Image Stablization ini mampu merekam video 1080p dengan kecepatan 30 frame per detik, atau 720p pada kecepatan 60 fps. Ketika menangkap gambar, kamera cerdas itu mengumpulkan data dari eccelerometer, sensor cahaya, gyroscope hingga GPS.

Graava Camera akan menggunakan sensor khusus untuk mengetahui kondisi tubuh dan menganalisanya untuk memberikan gambaran lingkungan yang kamu lalui. Dengan begitu, kamera ini akan membuat tampilan rekamannya sempurna. Bila kamu tak ingin kamera mungil itu melewatkan momen tertentu, cukup teriakkan kata "Graava".

Setelah kamu meng-upload rekaman ke cloud, Graava akan menggunakan data-data untuk mengedit tampilan rekaman serta durasi video yang kamu inginkan. Kamupun bisa mempersingkat video berdurasi satu jam menjadi 10 menit dengan mudah. Menurut founder Graava, kamera ini mewakili cara ingatanmu bekerja.

Baca juga: GoPro Akuisisi Kolor, Hadirkan Pengalaman Virtual Reality Lebih Menarik

Namun, perangkat ini memiliki beberapa kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan. Salah satu hal yang perlu dipikirkan sebelum memilih kamera canggih ini adalah baterai berkapasitas 1100 mAh yang hanya mampu bertahan selama tiga jam. Meski artificially inteligent, kamera ini juga tak memiliki emosi, data atau algoritma khusus yang bisa mengukur ingatan sentimental pengguna.

Jika kamu merasa kekurangan-kekurangan tersebut bukanlah hal yang penting, kamera kecil dengan kemampuan self-editing ini bisa menjadi pilihan tepat untuk merekam semua kegiatan asyik kamu. Dirilis pada awal 2016 mendatang, Graava Camera akan dibanderol seharga $399 atau setara Rp5,3juta-an. Namun, kalau kamu berencana untuk melakukan pre-order, kamera ini diharga $249 atau Rp3,3juta.

 

Baca juga artikel

Panasonic HX-A1, Kamera Aksi Pesaing GoPro dan Xiaomi Yi

GoPro Hero 4 Session, Kamera Mungil dengan Fitur Waterproof

Mengenal Lebih Dekat Kamera Gopro

Artikel Lainnya

Komentar