Samsung Luncurkan Generasi Plus dari Samsung Galaxy S4 Mini

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 06 Agu 2015 | 11:59

Masih ingat tentang Samsung Galaxy S4 Mini. Smartphone yang diluncurkan pada tahun 2013 tersebut kini ada versi teranyarnya, yakni Galaxy S4 Mini Plus. Diberbagai negara, ponsel ini juga hadir dengan nama Samsung Galaxy S4 Value Edition.

Embel-embel plus dibelakangnya tentu saja ada penambahan fitur di dalamnya. Samsung mencoba menyegarkan varian ini di tengah menjamurnya ponsel Android premium. Lalu, seperti apa perubahan spesifikasi yang dihadirkan Samsung pada Samsung S4 Mini Plus terbaru ini? Berikut ulasannya.

Desain

Dari bentuk dan dimensi yang diusung, tidak ada perubahan antara Samsung Galaxy S4 Mini dengan seri Plus-nya. Keduanya masih mengusung ukuran 124,6 x 61,3 x 8,9 mm dengan berat 107 gram. Untuk ukuran kartu SIM, Galaxy S4 Mini menggunakan ukuran microSIM, tapi tidak ada kejelasan apakah ada versi dual SIM-nya.

Baca juga: Samsung Siapkan Update Android v5.1.1 Lollipop Galaxy S6 dan S6 Edge

Layar

Tak berbeda jauh dengan desain layar, Samsung Galaxy S4 Mini plus masih mengusung layar sentuh yang sama seperti varian lama. Samsung masih menggunakan layar berukuran 4,3 inci dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi layar qHD 540 x960 pixels. Jika di seri yang lama menggunakan anti gores Gorilla Glass untuk seri teranyar belum ada kejelasannya.

Sistem operasi dan hardware

Sayangnya untuk sistem operasi yang terinstal dalam tubuh Galaxy S4 Mini Plus bukanlah Android Lollipop, melainkan Android KitKat. Ini lebih baik dari versi sebelumnya yang hanya berjalan menggunakan Android Jelly Bean.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Untuk dapur pacunya, ada peningkatan spesifikasi yang tadinya menggunakan MSM8930AB Snapdragon 400 kini Samsung memasangkan Soc MSM8916 Snapdragon 410, masih besutan Qualcomm, dengan empat inti prosesor 1,2GHz,  yang sebelumnya hanya dual core 1,7GHz. Pengolah grafis pun disesuaikan, yang sebelumnya mesin grafis Adreno 305 kini naik satu tingkat dengan dipasangkannya Adreno 306.

Sayangnya untuk kapasitas memori RAM tidak ikut ditingkatkan, tetap mengusung besaran 1,5GB dengan internal memori 8GB. Tersedia slot microSD yang up to 64GB.

Kamera

Pengguna harus puas dengan resolusi yang tidak berubah dari sebelumnya. Samsung tetap memasangkan resolusi 8MP dibagian belakang sebagai kamera utama dan 2MP untuk menunjang foto selfie di Galaxy S4 Mini Plus.

Harga

Saat ini Samsung Galaxy S4 Mini Plus baru dipasarkan untuk negara-negara di Eropa dengan harga $262 atau kisaran Rp 3,5 jutaan. Nah, untuk versi Samsung Galaxy Mini versi tahun 2013, di Indonesia harganya masih berada dikisaran Rp 3,100.000.

 

Baca juga artikel

Lupa Password Lock screen Galaxy S6? Ini Cara Atasinya

Samsung Galaxy S6 Mini Akan Bermesin Snapdragon 808?

Arti Warna Baru di Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Artikel Lainnya

Komentar