Panasonic Lumix DMC GX8, dengan Dual Image Stabilization

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 28 Jul 2015 | 12:37

Setelah menanti selama dua tahun, akhirnya Panasonic kembali melepas sebuah kamera mirrorless terbaru. Panasonic kabarnya melakukan update untuk varian Lumix GX7 dengan merilis Panasonic Lumix GX8 beberapa waktu lalu. Meski sekilas tak berbeda jauh, kamera digital terbaru ini ternyata mengusung berbagai perubahan. Panasonic bahkan mengklaim kamera ini menjadi kamera pertama di dunia yang menggunakan teknologi dual image stabilization CSC.

Panasonic juga mendesain ulang sistem autofocus dan zoom sehingga kamera ini semakin baik kala digunakan memotret. Tak lupa, Panasonic menambahkan fitur merekam video 4K yang sedang tren saat ini. Lalu, bagaimana detail spesifikasi kamera terbaru dari Panasonic ini? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Panasonic HX-A1, Kamera Aksi Pesaing GoPro dan Xiaomi Yi

Desain

Panasonic sayangnya masih menggunakan desain yang tak berbeda jauh dengan seri sebelumnya. Kamera GX8 ini masih mengandalkan desain retro yang kompak dan solid. Kamera ini bahkan dibekali bahan material yang kokoh dari magnesium alloy. Kamera ini juga hadir dengan fitur splashproof dan dustproof sehingga cocok untuk penggunaan di luar ruangan. Panasonic juga menyertakan desain tombol yang lebih rapi serta mudah dijangkau. Alhasil kamera ini nyaman digunakan kapan pun dan dimanapun.

Viewfinder dan layar

Menengok sisi belakang, Lumix series ini dibekali Electronic viewfinder yang bisa digerakkan. Viewfinder ini hadir dengan resolusi tinggi OLED sehingga memudahkan kamu membidik objek. Di bawah EVF ini, Panasonic memasang monitor LCD OLED berukuran 3 inci dengan fitur touchscreen dan swivel.

Hardware

Panasonic Lumix GX8 ini termasuk kamera digital single lens mirrorless yang menggunakan lensa micro four thirds mount. Pada bagian mesin, Panasonic membenamkan sensor 20,3 MP Live MOS Sensor. Sensor ini akan bekerja maksimal dengan sokongan prosesor Venus image yang membuat kamera mampu memproses foto dengan lebih cepat.

Baca juga: Panasonic Lumix G7 Hadir Juni Kisaran Harga Rp 10,5 Jutaan

Panasonic menariknya membenamkan dual image stabilization system yang akan bekerja maksimal dengan Optical image stabilization pada lensa Panasonic. Bahkan kala digunakan merekam video, kamera ini dibekali Hybrid Image Stabilization yang membuat hasil video tidak blur meski kamera bergoyang. Tak lupa, Panasonic membenamkan teknologi Dept From Defocus yang membuat kamera ini mampu autofocus lebih cepat dibanding kamera DSLR pada umumnya.

Fitur lain

Kamera ini sanggup digunakan untuk merekam video 4K pada 30 fps atay video UHD pada 25 fps. Terdapat ISO 100 – 25600 yang membuat kamera Panasonic Lumix GX8 bisa digunakan di kondisi minim cahaya. Untuk memindahkan data, Panasonic menghadirkan fitur wifi, USB hingga NFC.

Harga

Untuk harga, Panasonic kabarnya mematok kamera Panasonic Lumix GX8 ini dengan harga 1200 USD dan akan dipasarkan pada pertengahan Agustus mendatang.

 

Baca juga artikel

Service Center Datascrip Terbaru di Bandung, Bisa untuk Perbaikan Asus Zenfone

Libur Telah Tiba! Siapa yang Mau Anda Ajak, Sony HX90V Atau Panasonic TZ70

Ini Daftar Kamera Saku Terbaik dengan Harga Mulai Dari Rp 2 Jutaan

Artikel Lainnya

Komentar