HTC One M9 Resmi Meluncur!

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 03 Mar 2015 | 13:28

HTC One M9 akhirnya resmi meluncur pada waktu yang hampir berbarengan dengan peluncuran duo Galaxy S6 di ajang MWC yang digelar di Barcelona, Spanyol, mulai 1 Maret yang lalu. Dengan mantap HTC meluncurkan perangkat yang dimaksudkan untuk menjegal Galaxy S6 dengan spesifikasi  yang hampir mirip. Jika Galaxy S6 dikatakan oleh banyak orang sebagai perangkat yang hampir tanpa cela, bagaimana dengan yang satu ini, berikut ulasan yang disarikan dari Engadget.

 

Design

HTC One M9 hadir dengan design yang kurang lebih sama seperti pendahulunya, M8, dengan pinggiran kiri dan kanan yang lebih lebar. Casing yang terbuat dari metal diproses dengan dual Anodization process yang menghadirkan warna dan finishing yang mengagumkan pada ponsel premium besutan HTC ini sekaligus membuatnya tahan gores. Warna-warna yang bisa Anda pilih antara lain adalah warna Silver dengan aksen Rose Gold pada framenya, Gun Metal Gray, Gold Version, dan Pink dengan aksen Gold pada frame.

Pada bagian atas casing dilapisi dengan sapuan alumunium tipis yang disebut HTC sebagai “Jewelry Grade”. Secara keseluruhan bentuk dan design HTC One M9 sangat menarik, persis seperti pendahulunya. Yang sedikit mengganggu dari design HTC One M9 adalah adanya tonjolan metal di sepanjang pinggiran ponsel yang didesign berdasarkan feedback user untuk membuat smartphone ini tak selicin pendahulunya. Namun banyak orang tak suka dengan tonjolan semacam ini karena terasa aneh saat terkena kulit.

Pada sisi kanan, ada perubahan pada tombol volume, yaitu ada dua tombol untuk volume + dan volume -, padahal dulunya hanya satu tombol. Tepat dibawah tombol volume ada tombol power dan pada bagian atas tombol volume ada slot MicroSD.

Pada bagian depan, berdekatan dengan rumah kamera, ada Boom Sound speaker yang diperkuat dengan Dolby Sound Technology, berukuran lebih kecil untuk memastikan kamera yang sedikit lebih besar ukurannya. Design HTC One M9 tidak membuat perangkat ini tahan air dan debu, namun HTC menjanjikan sertifikat IP69 untuk casing M9, yaitu proteksi terbaik terhadap cipratan air dan debu.

Kamera

Kamera adalah salah satu daya tarik dari HTC One M9 ini karena ternyata produk premium HTC ini membawa kamera 20 MP f/2.2 di bagian belakang. Kamera ini lebih besar daripada kamera belakang Galaxy S6 yang hanya 16 MP.  Kamera ini bisa dipergunakan untuk memotret dengan resolusi 5376 x 3752 pixel dengan aspek rasio 10:7 serta dukungan untuk mode RAW serta perekaman video 4K, namun sayang belum ada OIS di kamera ini.

HTC mempergunakan UltraPixel kamera dibagian depan (kamera ini dulunya adalah kamera depan di HTC One M8). Itu adalah marketing term yang artinya kamera depan berkekuatan 4MP f/2.0 dengan ukuran pixel yang lebih besar. Kedua kamera juga diproteksi dengan lapisan kaca safir pada bagian depannya. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Endgadget, kamera yang dibawa HTC One M9 mengecewakan karena kalah dengan M8 pendahulunya.

Sense 7 UI

HTC One M9 Menjalankan Android Lillopop dengan Sense 7 UI. Selain menghilangkan hampir keseluruhan bloatware yang membuat Anda bingung dan membuat kinerja perangkat lelet, Sense 7 UI menghadirkan fitur blinkfeed dan mempermudah penggunaan perangkat keseluruhan. UI ini juga membawa banyak fitur-fitur seperti membantu Anda saat mendownload untuk langsung menyimpan hasil download secara otomatis ke folder download daripada ke folder default OS Android. Sense 7 juga membuat Anda bisa mengganti tema dari ponsel, folder, wallpaper, bahkan launcher yang Anda pergunakan. Ada banyak tema yang bisa langsung Anda pilih dari folder tema yang sudah diberikan.

Layar dan Hardware

HTC One M9 dibekali dengan sebuah layar berukuran 5 inci berjenis Super LCD 3 dengan resolusi Full HD 1080p serta sebuah prosesor octa core 64bit, Snapdragon 810 (quad core Cortex-A57 2.0GHz + quad core Cortex-A53 1,5GHz) dengan clock speed 2GHz serta sebuah RAM 3GB yang menyempurnakan kinerjanya. Untuk mesin grafisnya adalah Adreno 430 terbaru. Sementara untuk penyimpanan file, HTC One M9 dibekali dengan internal memori 32vGB dan pilihan MicroSD hingga 128vGB, yang mana Anda tak akan menjumpainya pada Galaxy S6. HTC One M9 juga dibekali baterai unibody berkekuatan 2.840 mAh dengan fitur fast charging.

Konektivitas

HTC One M9 telah dibekali dengan jaringan LTE baik kategori 6 maupun kategori 9 (berbeda-beda di setiap negara tergantung jaringan yang ada) dengan dukungan pita 21 LTE. Selain itu ada pula wired dan wireles TV-Out, sebuah GPS + GLONASS, Bluetooth 4.1, NFC, dan juga WiFi ac.

Belum ada info mengenai harga resmi perangkat yang katanya akan mulai ada dipasaran Maret ini.

Baca juga artikel

Enam Smartphone Wiko, Warnai Pasar Indonesia

Ingin Tahu Hasil Benchmark Duo Galaxy S6? Inilah Hasilnya

Sony Luncurkan Xperia M4 Aqua dan Xperia Z4 Tablet

Artikel Lainnya

Komentar