Dicap Paling Jago, Ini Rahasia Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge!

Oleh Alena Yulitta on Senin, 02 Mar 2015 | 14:42

Seperti diprediksi sebelumnya, Samsung akhirnya meluncurkan Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge pada ajang MWC 2015 di Barcelona Spanyol, 1 Maret 2015 ini. Dua varian Galaxy S6 yang diprediksi akan merajai semua smartphone memang dibekali dengan spesifikasi yang “Luar Biasa”.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi utama kedua perangkat premium Samsung tersebut yang dikutip dari Gsmarena. Spesifikasi yang akan membuat Anda ngiler ingin segera memiliki kedua perangkat tersebut adalah:

  • Prosesor octa core (quad core 2,1GHz + quad core 1,5GHz) yang dirakit dengan teknologi 14nm menjadi chipset Exynos 7420 64-bit.
  • RAM LPDDR4 3 GB; Flash Memory 32/64/128 UFS 2.0; layanan One Drive 115 GB selama 2 tahun.
  • Layar QHD (2560 x 1440 piksel) berukuran 5,1 inci berjenis Super AMOLED dengan 577ppi dan kecerahan 600cd/mm
  • Kamera 16 MP f/1.9, OIS, Auto HDR, video 4K, IR White Balance detection, Flash
  • Kamera 5MP f/1.9
  • LTE kategori 6; WiFi 802.11 a/b/g/n/ac (2,4/5GHz); bluetooth 4.1; NFC, IR Remote; USB 2.0
  • Dukungan untuk pembayaran NFC dan MST Mobile payment
  • 550 mAh (Galaxy S6) dan 2.600 (Galaxy S6 Edge)
  • OS Lollipop + Touchwiz UX
  • Corning Gorilla Glass 4 pada sisi depan dan belakang dengan casing metal.

Anda sudah tak sabar ingin beli? Sambil menunggu perangkat ini masuk ke Indonesia, simak ulasan kehebatan kedua perangkat premium Samsung ini yang masih disarikan dari GSMarena.

Dikatakan bahwa duo Galaxy S6 ini mengalahkan semua perangkat yang diluncurkan pada waktu yang sama dan bahkan mungkin akan mengalahkan semua perangkat besutan Apple, LG, HTC, Huawei, Xiaomi, dan Motorola yang akan diluncurkan sepanjang tahun 2015. Alasanya sederhana, kedua perangkat yang diproduksi dengan code name Project Zero ini adalah revolusi besar-besaran Samsung di lini perangkat premiumnya, yang antara lain:

Desain layar

Layar yang dipergunakan pada kedua perangkat ini memang banyak dipergunakan pada produk premium Samsung yang lain, yaitu layar Super AMOLED berukuran 5,1 inci dengan resolusi Quad HD (2560 x 1440) yang super jernih dan detail karena mempunyai kepadatan 577ppi dan tingkat kecerahan layar 600cd/mm.

Yang menjadikan layar Galaxy S6 revolusioner adalah adanya dua lekukan, di kiri dan kanan yang berfungsi sebagai layar tambahan untuk menghadirkan beragam fitur notifikasi dan juga menu-menu paling sering diakses.  Desain layar ini juga dipakai pada Galaxy Note Edge, namun hanya di satu sisi saja, yaitu sisi kanan.

Dengan hadirnya dua sisi lengkung di kiri dan kanan Galaxy S6 Edge, maka tampilan tak saja menjadi elegan dan mewah, namun membuat Home Screen menjadi lebih bersih dan user juga semakin mudah mengakses menu-menu dengan jempol satu tangan.

Processor dan hardware 

Revolusi Samsung untuk kedua varian Galaxy S6 ini juga dilakukan dalam hal mesin. Hal ini terlihat dari penggunaan processor Exynos 7420 yang dibangun dengan struktur 64bit menggunakan teknologi 14nm. Padahal sebelumnya Samsung pernah menyatakan akan menggunakan Snapdragon 810, namun setelah masalah overheat muncul, processor ini batal dipergunakan. Padahal pada banyak produk Samsung sebelumnya menggunakan processor Qualcomm.

Processor Exynoz yang dibangun dari sebuah processor quad core 2,1 GHz dan sebuah prosesor quad core 1,5 GHz ini mempunyai kinerja yang terbukti lebih baik dan lebih mantap daripada Snapdragon 810, yang pada saat MWC kemarin juga telah dipergunakan pada HTC One M9. Kedua varian Galaxy juga disempurnakan dengan RAM LPDDR4 3GB yang menjadikan kinerja prosesor semakin kencang, hal ini terbukti dari benchmark yang dilakukan dan bisa Anda baca di sini.

Media penyimpanan

Jika pada Apple ketiadaan slot memori menjadi suatu hal yang kurang disukai konsumen, apakah hal yang sama akan terjadi juga pada duo Galaxy S6?. Mengingat Samsung tak menyertakan slot MicroSD pada kedua varian ini. Ketiadaan slot external memory ini juga hal yang revolusioner karena pabrikan Korea Selatan ini  tak pernah absen menjejalkan slot tersebut.

Namun tak perlu khawatir karena hal revolusioner lain juga dilakukan Samsung yaitu menyediakan internal memory berupa Flash Memory dengan pilihan  32GB / 64GB / 128 GB UFS 2.0 yang ditambah dengan layanan Microsoft One Drive 115 GB gratis selama 2 tahun, Jadi Anda tak perlu khawatir akan kehabisan media penyimpanan, bahkan dengan One Drive, Anda bisa mengakses file-file Anda dari banyak perangkat secara simultan.

Kamera 

Seperti diharapkan, dua Galaxy S6 membawa kamera yang sangat menawan yaitu kamera belakang 16 MP dengan f/1.9, OIS, Auto HDR, LED Flash video 4K, IR White Balance detection. Walaupun kekuatan kamera ini sedikit berbeda dari bocoran yang dikatakan akan membawa kamera 20 MP. Namun Anda tak akan pernah kecewa dengan kamera Galaxy S6 tersebut.

Sementara kamera depan membawa resolusi 5 MP dengan lensa yang sama f/1.9, yang artinya kedua kamera sangat handal pada situasi kurang cahaya. Bahkan Anda juga bisa merekam video dengan resolusi full HD 1080 pixels dengan kamera depan.

Desain 

Dua varian Galaxy S6 akan hadir dalam berbagai warna-warna menarik seperti Blue Topaz, Gold Platinum, Black Sapphire, dan White Pearl. Casing Galaxy S6 akan dibuat dari bahan metal dengan balutan Corning Gorilla Glass pada kedua sisinya, baik depan (layar) maupun sisi bagian belakang, yang membuatnya tahan gores di semua sisi tubuhnya. Baterai juga menempel menjadi satu dengan body (unibody) yang berukuran 134,4 x 70,5 x 6,8 mm dan bobot 138 gram.

Ketiadaan slot MicroSD pada casing dan menempelnya baterai di body justru memungkinkan hadirnya fitur wireless charging yang mampu mengisi ulang baterai untuk dipergunakan selama 4 jam hanya dengan charging 10 menit saja. Pada sisi kanan, di bawah tombol Power/Key terletak slot SIM card, sementara pada sisi kiri terdapat tombol volume.

Pada sisi atas perangkat ada lubang microphone dan juga port IR, sementara pada sisi bawah, selain ada speaker, ada juga slot MicroUSB dan jua 3.5mm jack audio. Speaker yang dibawa Galaxy S6 juga mengalami perubahan besar yaitu 50% lebih keras suaranya.

Pada bagian belakang, selain ada kamera yang dilengkai fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, dilengkapi pula dengan fitur gesture untuk mengaktifkan kamera. Dengan dua kali tap ringan pada tombol Home akan mengaktifkan karena hanya dalam waktu 7/10 detik, jadi kamera langsung bisa digunakan dan Anda tak akan kehilangan momen berharga. Ada juga sensor sidik jari yang mana ketika Anda menyentuhnya saat melakukan panggilan, akan langsung mengirimkan pesan teks yang sdah Anda pilih ke partner bicara Anda.

Konektivitas dan baterai

Selain hardware dan desain yang keren, duo Samsung S6 juga dibekali dengan dukungan terhadap jaringan LTE. Lebih keren lagi, LTE yang telah didukung Samsung S6 ini adalah LTE kategori 6 (yang sayangnya di Indonesia, semua operator baru menjalankan 4G LTE kategori 4 yang kecepatanya hanya 150MB/s saja) .

Jika Anda tak mendapatkan sinyal internet (2G, 3G, 3,5G), maka ada fitur WiFi 802.11 a/b/g/n/ac (2,4/5GHz); Bluetooth 4.1; NFC yang siap Anda pergunakan, berikut IR Remote (menjadikan perangkat Anda remote bagi TV / home theater), ada juga USB 2.0.

Galaxy S6 dua-duanya menjalankan OS Lollipop yang disempurnakan dengan TouchWiz UX buatan Samsung yang mengurangi bloatware dari Lollipop sehingga kinerjanya semakin halus dan sempurna. Kedua perangkat ini juga telah mendukung sistem pembayaran NFC dan MST Mobile Payment yang telah disertifikasi dan diakui oleh MasterCard dan Visa, serta sebentar lagi akan diakui juga oleh banyak sekali layanan pembayaran elektronik dunia. Untuk mengoprasikan kedua perangkat, Samsung membekali Samsung Galaxy S6 dengan baterai 2.550 mAh dan Galaxy S6 Edge dengan baterai 2.600 mAh.

Kedua perangkat buatan Samsung ini dipastikan akan bersaing dengan HTC One M9 yang juga diluncurkan paa ajang yang sama, dan beberapa produk lain seperti produk buatan Huawei dan juga LG) Sampai saat ini belum ada konfirmasi harga sampai saat ini, apalagi jadwal kedatangan kedua raja smartphone ini di Indonesia, kita tunggu saja.

Baca juga artikel

Andromax C2s Unggulkan Sektor Kamera

Ini Hasil Benchmark Android One Mito Impact A10

Empat Hal Ini Diprediksi Bisa Menumbangkan Kesuksesan Xiaomi

Artikel Lainnya

Komentar