Smartphone Tizen Terayar Samsung Akhirnya Diluncurkan 

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 24 Peb 2015 | 11:37

Masih ingat dengan Samsung Z1? Ya, Samsung Z series adalah produk Samsung yang dibekali dengan OS Tizen. OS tersebut merupakan OS buatan Samsung sendiri yang bercita-cita mempunyai environment sendiri bagi seluruh perangkatnya, lepas dari Android buatan Google.

Samsung Z1 dengan OS Tizen memang baru saja diluncurkan, yaitu pada pertengahan Januari lalu, setelah mengalami penundaan hampir setahun. Kini baru sebulan rilis, penerusnya telah siap untuk diedarkan.

Pada peluncuran pertama, Samsung Z1 terjual 100 ribu unit di India dan 20 ribu unit di Bangladesh, kini versi penerusnya sedang dipersiapkan untuk lebih sukses daripada pendahulunya. Menurut rumor yang beredar, Samsung Z2 akan mendapatkan beberapa upgrade terbaru yang antara lain pada bagian layar.

Samsung Z2 akan mempunyai layar yang lebih baik. Jika Samsung Z1 hanya dibekali layar beresolusi WVGA 480 x 800 piksels, maka Samsung Z2 kabarnya akan mempunyai layar qHD (bukan Quad HD) yaitu layar dengan resolusi 540 x 960 piksel. Sedikit peningkatan resolusi, namun mampu menampilkan gambar yang jauh lebih baik dan lebih jernih dari pendahulunya.

Info mengenai update layar ini diketahui dari bocoran OS Tizen SDK yang menghadirkan kode pendukung display qHD di dalamnya. Memang sampai saat ini belum Anda informasi yang lebih jelas mengenai spesifikasi perangkat pertama besutan Samsung yang mempergunakan OS Tizen ini, begitu pula informasi mengenai kapan perangkat ini akan mulai diluncurkan oleh Samsung ke pasaran dunia.

Mungkin Samsung akan mengumumkannya (atau bahkan meluncurkannya) pada ajang WMC  2015 Maret mendatang, bersamaan dengan peluncuran dua unit perangkat premiumnya, yaitu Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy Note Edge.

Kesempatan tersebut memang yang paling tepat mengumumkan kehadiran Samsung Z2 karena WMC 2015 akan dihadiri oleh banyak pengunjung, selain konsumen ada juga para developer program dan aplikasi. Hal ini penting karena saat ini Samsung masih kekurangan developer yang berpartisipasi di dalam OS Tizen besutan vendor Korea Selatan ini.(Tedi)

Baca juga artikel

Harga Pre-Order Zenfone 2 di Aliexpress Mulai dari Rp3,9 juta

Telkomsel Hadirkan Layanan Potong Pulsa di Google Play Store

ZTE N919D, Smartphone Quad Core Hanya Rp1,4 juta

Artikel Lainnya

Komentar