Samsung Galaxy S6 Edge, Pamungkas di Kelas Atas

Oleh Alena Yulitta on Senin, 16 Peb 2015 | 08:00

Setelah sekian lama ditunggu-tunggu akhirnya Samsung Galaxy S6 Edge muncul juga di website resmi Samsung, bersamaan dengan kemunculan Galaxy Note Edge terbaru.  Namun ternyata rumor-rumor selama ini mengenai Galaxy S6 Edge banyak yang salah, terutama pada hal desain dan juga material pembungkus flagship Samsung ini.

Dari hasil bocoran casing yang pernah diupload di internet dan juga dari foto-foto terkini design Galaxy S6 Edge sangat mirip dengan iPhone 6, dilihat dari bentuk dasar casing dan juga peletakan dan bentuk luar berbagai port yang dibawanya.

Apapun itu yang jelas Galaxy S6 Edge menang tak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Hadir dari keberhasilan Project Zero (Project J adalah S4 dan Project K adalah S5), seharusnya Galaxy S6 Edge adalah titik awal dari kebangkitan Samsung yang sempat terpuruk karena penjualan S5-nya kalah dari penjualan S4.  Dan inilah yang benar-benar dilakukan Samsung, yaitu membangun perangkat yang benar-benar lain, benar-benar hebat, terlepas dari rumor casing yang mirip iPhone 6 tentunya.

Dari pengujian pada AnTuTU benchmarking pada salah satu website, terlihat kode SM-G925W8, yang menandakan produk Samsung Galaxy Series, yang ditilik dari huruf dan angka yang tercantum (SM – Samsung Mobile / G – Galaxy). Pengujian tersebut mencamtumkan rekor pencapaian yang luar bisa, bahkan belum pernah ada sebelumnya. Hal ini berarti bahwa Galaxy S6 Edge mengalahkan semua rekor dan juga spesifikasi yang pernah diukur dengan AnTuTu Benchmark.

Dengan dibekali mesin octa core Exynos 7420 yang dibuat di pabrik semikonduktor Samsung dengan teknologi 14 Nm, disempurnakan dengan RAM 3 GB dan didukung dengan mesin grafis ARM Mali-T760. Menurut rumor terdahulu, seharusnya Galaxy S6 Edge memakai prosesor Qualcomm 810 yang dibangun dengan teknologi 20nM, namun karena produksinya terhambat gara-gara masalah overheat, Samsung memutuskan memakai prosesor mereka sendiri.

Untuk urusan layar, Samsung adalah jagonya dengan layar Super AMOLED yang mereka kembangkan, layar Galaxy S6 Edge yang sebesar 5,1 inci akan terasa sangat nyaman di mata. Apalagi layar ini mempunyai resolusi yang dikatakan “Super High” yaitu 1440 x 2560 dengan kepadatan pixel 576 ppi, kepadatan pixel  yang paling tinggi hingga saat ini.

Kapasitas memori yang besar, 32 GB juga ditambahkan ke dalam body Galaxy S6 Edge untuk mengimbang dan menyimpan hasil jepretan kamera belakang 20 MP dan kamera depan 5 MP, serta untuk menyimpan semua file-file penting Anda. Untuk perihal kamera, rumor yang selama ini berkembang ternyata menjadi kenyataan.

Dengan prosesor buatan sendiri yang dibuat dengan teknologi semikonduktor paling kecil, kinerja Galaxy S6 Edge memang luar biasa dan melebihi apa yang diharapkan. Bahkan hasil benchmark Galaxy S6 Edge yang dilakukan oleh Phonearena adalah yang paling tinggi dari semua test, mengalahkan prosesor Samsung generasi sebelumnya, Exynos 5433. Dari test didapatkan hasil skor 60,978. Kita tunggu saja peluncuranya Maret mendatang dan sampai ke  Indonesia. (Tedi)

Baca juga artikel

AirDroid 3, Cara Instant Mengoperasikan Smartphone Android dari PC

Nvidia Shield Tablet Versi 2015, Tak Hanya untuk Gamers

Sony Luncurkan Xperia E4, Apa Bedanya dengan Xperia E3?

Artikel Lainnya

Komentar