Oppo 3000, Smartphone Kelas Menengah dengan Konesi 4 LTE

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 13 Peb 2015 | 15:47

Oppo 3000 adalah smartphone terbaru dari Oppo yang diluncurkan pertengahan Februari 2015 ini. Smartphone ini dibesut Oppo untuk pasar kelas menengah. Sesuatu yang cukup baik, mengingat Oppo belakangan fokus menghadirkan smartphone kelas atas, seperti  Oppo N3 dan Oppo R5.

Oppo 3000 datang dengan layar 4,7 inci. Dengan dimensi tersebut membuat perangkat ini cukup pas dan tidak terlalu lebar. Perangkat ini sendiri bisa dikatakan menjadi generasi penerus dari Oppo Yoyo. Hal ini terlihat dari bentuk desainnya yang terbilang mirip. Smartphone dengan kasing bahan plastik ini sendiri cukup nyaman digunakan untuk menonton video HD.

Hal ini lantaran layarnya yang mengusung resolusi HD 720p dengan kerapatan layar 312 ppi. Apalagi layarnya menggunakan teknologi One Glass Solution dan IPS  yang membuat layar lebih jelas dilihat dari sudut pandang manapun.

Smartphone dengan OS ColorOS 2.01 berbasis Android 4.4 KitKa ini cukup bertenaga. Inti di dalamnya yang tak lain adalah Qualcomm Snadragon 410 cukup bisa diandalkan dalam menjalankan berbagai aplikasi dan tugas.

Prosesor yang digunakannya adalah prosesor quad core 64-bit  berkecepatan 1,2 GHz  dengan dukungan GPU Adreno 306. Sebuah kombinasi yang tergolong baik di kelasnya meskipun RAM yang diusung smartphone ini hanya 1 GB saja.

Untuk kamera, Oppo membekali Oppo 3000 dengan kamera depan 5 MP yang dilengkapi lensa wide-angle. Sangat cocok digunakan untuk yang menyukai selfie. Sedangkan kamera utamanya 8 MP dengan sensor dari Sony, Sony IMX179.  Bisa dikatakan, sisi kamera pada smartphone ini merupakan sesuatu yang cukup baik.

Sementara itu, koneksinya terbilang lengkap mulai dari WiFi, Bluetooth, port microUSB, dan GPS. Tersedia juga slot microSD yang bisa diekspansi hingga 128 GB. Pilihan penggunaan memori eksternal ini bisa jadi opsi jika kapasitas 8 GB yang diusung smartphone ini terasa kurang.

Selain itu, smartphone ini memiliki kelebihan lainnya di sektor konektivitas. Kelebihan tersebut adalah dukungan koneksi 4G LTE dan NFC. Sesuatu yang cukup bagus untuk sebuah smartphone kelas menengah.

Smartphone dengan baterai 2000 mAh ini dibanderol dengan harga $256 atau berada direntang harga Rp 3 jutaan saja. Sayangnya, belum jelas kapan smartphone ini akan masuk pasar global. Mengingat Oppo cukup populer di Indonesia, bukan tidak mungkin smartphone akan hadir dalam waktu dekat di Tanah Air. (Tedi)

Baca juga artikel:

AirDroid 3, Cara Instant Mengoperasikan Smartphone Android dari PC

Nvidia Shield Tablet Versi 2015, Tak Hanya untuk Gamers

Sony Luncurkan Xperia E4, Apa Bedanya dengan Xperia E3?

Artikel Lainnya

Komentar