Canon EOS 5D, Kamera Beresolusi 50 MP dengan Dua Varian

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 12 Peb 2015 | 16:19

Sejak beberapa hari yang lalu, ada beragam produk kamera terbaru Canon yang mulai dijual di Indonesia. Kamera-kamera tersebut terdiri dari beragam jenis, mulai dari kamera compact, kamera mirrorless terbaru dan tak lupa kamera DSLR terbaru yang diberi nama Canon EOS 5D. Kamera tersebut hadir dengan dua varian, EOS 5DS dan EOS 5DS R

Setelah sekian tahun produsen asal Jepang ini memproduksi kamera DSLR dengan resolusi 20 MP, maka kali ini DLSR yang diluncurkannya memiliki resolusi yang jauh lebih besar. Kedua varian Canon EOS 5D tersebut dibekali dengan sensor gambar full-frame dengan resolusi 50 MP.

Tak mungkin rasanya bisa memaksimalkan sensor gambar dengan resolusi sebesar itu tanpa kehadiran prosesor image kebanggaan Canon yaitu dual prosesor DIGIC 6 yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan proses yang lebih cepat.

Kecepatan memotret secara terus menerus kamera ini mencapai 5fps, sedikit kalah dengan EOS 5D Mark III yang mencapai 6fps. Walaupun begitu, untuk mode pemotretan Burst, kamera ini sungguh tak mengecewakan, bahkan jauh lebih baik dari kamera DSLR sekelasnya. Yang lebih menyakinkan lagi atas kehebatan kedua varian kamera EOS 5D ini adalah fitur Automatic Exposure (AE) yang merupakan sistem tercanggih di kamera Canon dan setara dengan EOS 7D Mark II.

Dengan fitur AE ini maka kedua varian EOS 5D mampu mendeteksi dan memotret sumber kerlip cahaya. Canon juga tak lupa menyertakan Autofocus system kebanggaan Canon EOS dengan 61 point high density reticular AF system dan 41 cross-type point, dan juga EOS ITR AF yang mampu memberikan  kemampuan autofocus dengan presisi super.

Selain itu ada pula fitur EOS Scene Detection System yang menampilkan 150.000 titik piksel RGB + IR sensor 252 zone untuk meningkatkan presisi gambar dan juga kinerja kamera secara keseluruhan. Canon menyertakan teknologi baru pada kedua varian EOS 5D tersebut, yaitu fitur Mirror Vibration Control System, untuk menstabilkan kamera agar gambar tidak goyang dan semakin berkualitas.

Kedua kamera EOS 5D ini akan hadir di Indonesia sekitar bulan Juni dan dibandrol dengan harga $3.699 atau sekitar Rp47 jutaan untuk EOS 5DS dan seri EOS D5S R dihargai $3.899 atau berada di angka Rp50 jutaan, itupun untuk paket body only tanpa lens kit. (Tedi)

Baca juga artikel:

Upload Videonya dan Menangkan Hadiah Rp50 Juta dari Indosat

Lenovo P70, Gagah dengan Baterai Berkapasitas 4.000 mAh

Xiaomi Hadirkan Redmi 2 Versi 2 GB

Artikel Lainnya

Komentar