Sony Luncurkan Xperia E4, Apa Bedanya dengan Xperia E3?

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 12 Peb 2015 | 13:23

Sony baru saja meluncurkan smartphone dengan harga yang terjangkau dan fitur yang mirip-mirip dengan Xperia E3. Lantas apakah perangkat baru ini mempunyai upgrade teknologi yang benar-benar beda ataukah hanya sekedar “upgrade biasa” saja?

Tentunya Anda masih ingat bahwa Xperia E3 baru saja diluncurkan beberapa bulan yang lalu, tepatnya di akhir tahun 2014 dan menawarkan fitur dan desain khas Sony serta dukungan terhadap jaringan 4G LTE. Namun perangkat tersebut lemah di sisi layar yang hanya 4,5 inci dan kamera yang hanya 5 MP.

Hal tersebut tak lantas membuat Sony menghentikan produksi Xperia E series tersebut. Justru kemudian, diperbaharui dengan Xperia E4 yang baru saja diluncurkan dengan layar yang sedikit lebih besar, 5 inci yang berjenis IPS dan lapisan anti gores.

Fokus dari Xperia E4 kemungkinan besar adalah sisi hiburan dimana hal ini ditandai dengan penggunaan layar yang lebih besar dengan resolusi QHD.  Desain fisik dari Xperia E4 juga sedikit banyak berubah dari Xperia E3, yaitu bezel yang jauh lebih tipis yang menawarkan pengalaman visual yang lebih kaya, sebanding dengan layar yang dipergunakan pada Moto G.

Sayangnya, Sony tak mengubah resolusi kamera dari Xperia E4 ini yang tetap sama seperti pendahulunya, yaitu kamera belakang 5 MP dan kamera depan 2 MP. Bahkan fitur yang dibawanya juga sama yaitu fitur AR fun, Live on YouTube™, Auto Scene Recognition, Portrait retouch, Sound photo, Timeshift burst, AR effect, Social live, Creative effect, dan Sweep panorama.

Seperti pada pendahulunya, Xperia E3, Sony juga menjanjikan daya tahan baterai hingga dua hari, namun pada kenyataannya dan telah banyak dibuktikan, baterai yang dibawa hanya bisa bertahan satu setengah hari. Apakah nanti nasib Xperia E4 juga akan begitu? Namun tenang, Xperia kini dibekali dengan fitur fast charging yang mengisi baterai 2300 mAh yang dibawanya full kurang dari satu jam.

Untuk masalah mesin, rupanya Sony memberikan sedikit upgrade dari Xperia E3. Jika Xperia E3 dulu membawa Snapdragon 400 dengan clock speed 1,2 GHz, kini Xperia E4 membawa chipset yang sama, namun dengan clock speed 1,3 Ghz dan dipadukan dengan RAM yang sama yaitu 1 GB serta penyimpanan internal 8 GB.

Sesuai prediksi awal, Xperia memang fokus untuk hiburan. Oleh sebab itu perangkat ini kompatibel dengan berbagai aksesoris seperti headset SBH60 dan juga speaker BSP10 Bluetooth, Speaker stereo dengan koneksi nirkabel. Selain itu Anda bisa berbagai musik dengan fitur PartyShare  dan WiFi direct dengan teman-teman Anda di ruangan.

Untuk warna, tersedia dalam pilihan warna hitam and putih dengan tema UI yang dapat disesuaikan dan penutup yang berbeda sesuai dengan gaya user, Anda tertarik? Tunggu perangkat ini masuk Indonesia sebentar lagi. (Tedi)

Baca juga artikel:

Upload Videonya dan Menangkan Hadiah Rp50 Juta dari Indosat

Lenovo P70, Gagah dengan Baterai Berkapasitas 4.000 mAh

Xiaomi Hadirkan Redmi 2 Versi 2 GB

Artikel Lainnya

Komentar