Sharp K SHF31, Kembali ke Bentuk Flip dan Tahan Air

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 26 Jan 2015 | 11:17

Sebelum era smartphone, ponsel berbentuk Clamshell atau flip merupakan salah jenis ponsel yang cukup banyak digemari. Dulu sekali ponsel jenis ini terlihat bergaya. Namun, ketika teknologi mobile sudah mulai masuk dalam ranah layar sentuh, banyak vendor yang mulai meninggalkan bentuk ponsel flip ini. Semua vendor lebih banyak bermain dengan bentuk smartphone persegi dengan dimensi dan ukuran yang berbeda-beda.

Sharp kemudian mendobrak hal ini dengan meluncurkan smartphone berbentuk flip lewat produk bernama K SHF31. Seperti dikutip dari  Gsmdone.com ponsel ini dilengkapi layar 3,4 inci dan memiliki keypad. Artinya, smartphone ini hadir dengan tombol fisik 12 tuts keyboard.. Bentuk demikian memiliki kesan klasik dan elegan meskipun teknologi layar yang digunakan adalah layar TFT LCD (960 x 540 piksel).

Sharp K SHF31 dinilai memiliki kemampuan prosesor dengan kinerja bagus. Tipe prosesor yang digunakan adalah chipset Snapdragon 400 MSM8926, quad core Cortex A7 yang didukung RAM 1 GB. Tentu saja spesifikasi hardware ini membuat Sharp K SHF31 bukanlah smartphone yang hanya tampail cantik di desain, tetapi juga kinerja yang cukup baik.

Sharp K SHF31 memiliki memori internal yang standar, yakni 8 GB. Memorinya dapat ditambah dengan microSDHC hingga 32 GB. Sementara sektor kameranya, smartphone ini dibekali dengan kamera 13 MP. Kamera ini dilengkapi dengan sensor CMOS sensor dan fitur HDR photography  serta fitur Night Shot yang memungkinkan kamera mengambil foto dengan jelas pada malam hari.  Hal ini membuat Sharp K SHF31 juga memiliki nilai jual dari sisi kamera.

Keunggulan lain dari Sharp K SHF31 adalah konektivitas. Smartphone ini dilengkapi dengan Wi-Fi, Bluetooth 4.0, dan microUSB. Tetapi yang membuat konektivitas pada ponsel cerdas flip ini istimewa adalah dukungan jaringan 4G LTE. Kemampuan ponsel ini sebagai tether hotspot juga cukup bagus. Fitur yang dimiliki smartphone ini ternyata mampu membuat sepuluh perangkat terkoneksi sekaligus.

Selain itu, Sharp K SHF31 juga telah lulus sertifikasi IPX5 dan IPX7. Itu artinya Sharp K SHF31 merupakan smartphone yang tahan air. Suatu keunggulan yang jarang ditemukan pada smartphone dengan dimensi layar yang kecil.

Smartphone dengan kapasitas baterai 1,410mAh ini ternyata tidak hanya membawa konsep desain klasik flip yang dulu sangat difavoritkan. Smartphone dengan tiga pilihan warna (merah, hitam dan putih) juga membawa keunggulan lain sebagai nilai jualnya. Belum jelas, kapan smartphone dengan ketebalan 17 mm ini diluncurkan. Begitu juga perihal harga banderolnya. Mari tunggu saja kehadiran smartphone ini. (Tedi)

Baca juga artikel:

Perjalanan Smartphone Berkamera Canggih Dari Masa ke Masa

RAM 3 GB dan Harga Miring Ala Meizu MX4 Pro

Kilas Balik Perkembangan Teknologi Ponsel Kamera

Artikel Lainnya

Komentar