Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 19 Jan 2015 | 14:45

Xiaomi mengenalkan Mi Note Pro tak berapa lama setelah meluncurkan Mi Note. Jika Anda melihat tampilan fisiknya, tidak akan jauh berbeda, mirip sekali dengan versi Mi Note. Dengan dimensi  155.1 x 77.6 x 7 mm dan bobot 161g serta pada sisi depan dilapisi dengan kaca 2,5D dan pada bagian belakang kaca 3D.

Seperti dikutip dari GSMarena, meskipun layar IPS yang digunakan berukuran sama, 5,7 inci, tetapi beda di resolusi. Jika Mi Note menggunakan resolusi 1080 x 1920 pixels (386 ppi), versi “Pro” sudah mengusung resolusi 2K ((2560 x 1440 pixels dan 515 ppi).

Untuk jeroan pun ada yang berbeda, walau keduanya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 810, yang merupakan chipset terbaik saat ini.  Jika sang kakak menggunakan prosesor quad core, Mi Note Pro justru lebih perkasa dengan delapan inti prosesornya (octa core) yang terdiri dari quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan quad-core 2 GHz Cortex-A57 serta didukung dengan pengolah grafis Adreno 430.

Xiaomi Mi Note Pro akan berjalan menggunakan sistem operasi Android Lollipop bukannya Android Kitkat dan menggunakan antarmuka versi 6 terbaru dari MIUI miliknya.

Urusan memori, Xiaomi tetap berpegang teguh pada pendiriannya untuk tidak memberikan memori eksternal. Jadi hanya mengandalkan memori internal 64 GB tanpa ada versi 16 GB seperti pada Mi Note. Kapasitas memori RAM pun di upgrade dari 3 GB  kini mengunakan RAM LPDDR4 berkapasitas 4 GB,

Kamera Mi Note Pro tidak sama sekali mengalami pembaharuan, sama persis dengan pendahulnya yakni 13 MP sebagai kamera utama dan 4 MP di arena depan dengan kemampuan ala ultrapixel milik HTC. Untuk koneksi, sudah didukung dengan teknologi 4G yang dengan kecepatan download 450Mbps.

Dibagian daya, Xiaomi hanya sedikit memoles kapasitas baterai dengan penambahan 90 mAh  dari sebelumnya 3000 mAh menjadi 3090 mAh. Baterai Xiaomi Mi Note maupun versi “Pro” dapat dibongkar pasang sehingga memudahkan penggunanya melakukan penggantian jika terjadi kerusakan.

Xiaomi sendiri dalam peluncuran kedua ponsel ini menjelaskan bahwa kedua ponsel akan pertama kali beredar di Cina dan selanjutnya akan masuk ke wilayah Asia yang mereka sudah pilih. Kemungkinan besar Indonesia masuk di dalamnya karena penjualan yang cukup drastis untuk beberapa perangkatnya seperti Xiaomi Redmi 1S.

Anda yang tertarik, situs GSMarena menyebutkan Anda bisa mendapatkan Xiaomi Mi Note Pro di situs online seperti OppoMart (tidak ada hubungannya dengan vendor Oppo) yang melayani pemesanan internasional.

Untuk harga resmi Mi Note Pro dibanderol 3299 yuan ($531) atau sekitar Rp6,2 jutaan, dan Oppomart menjualnya lebih mahal menjadi $599 atau sekitar Rp7,5 jutaan.

Baca juga artikel:

Xiaomi Bandingkan Mi Note dengan iPhone 6 Plus

Ini Hasil Benchmark Mi Note,Phablet yang Baru Diluncurkan Xiaomi

Oppo R1C, Handphone dengan Casing Belakang Kaca Safir

Artikel Lainnya

Komentar