Samsung Galaxy J1, Smartphone Android dengan Chipset Marvell PXA1908

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Selasa, 13 Jan 2015 | 11:01

Berita terbaru datang dari Samsung yang akan meluncurkan Galaxy J1 di tahun ini. Kabar ini juga diperkuat dengan munculnya foto-foto yang memperlihatkan detail dari Samsung Galaxy J1 dari situs resmi Samsung.

Samsung Galaxy J1 ini akan mengusung layar 4,3 inci dengan resolusi 480 x 800 piksels. Dari spesifikasi layar yang ditawarkan, tampak bahwa produk ini lebih menyasar ke kelas menengah ke bawah. Hal ini juga diperkuat dengan spesifikasi lainnya yang tidak terlalu istimewa. Misalnya, memori internal yang hanya memiliki kapasitas 4 GB.

Unit kameranya juga tidak terlalu tinggi. Galaxy J1 hadir dengan kamera belakang 5 MP. Untungnya, kamera depan ponsel cerdas dari vendor Korea Selatan ini cukup bisa diandalkan, yakni kamera 2 MP. Spesifikasi kamera depan ini tergolong tidak terlalu buruk di kelasnya. Selain itu, baterai yang dimiliki oleh perangkat ini hanyalah 1850 mAh

Meskipun beberapa spesifikasinya terlihat kurang menarik, Samsung Galaxy J1 tetap memiliki keunggulan. Salah satu daya tariknya adalah penggunaan chipset Marvell PXA1908. Chipset ini memiliki prosesor empat inti berbasis 64-bit yang berlari dikecepatan 1,2 GHz. Prosesornya ini didukug RAM 1 GB untuk kemudahan menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Kelebihan lainnya adalah bahwa layar pada smartphone ini menggunakan teknologi layar AMOLED. Teknologi layar ini mampu memberikan tampilan yang lebih baik dibandingkan LCD. Samsung juga menyertakan mode Ultra Power Saving Mode sebagai upaya agar smartphone ini lebih hemat daya meskipun hanya memiliki baterai dengan kapasitas yang tidak terlalu besar.

Samsung menyatakan bahwa Galaxy J1 ini akan hadir dalam empat varian, yakni model 3G, model LTE, model dual-SIM LTE, dan model dual-SIM 3G. Khusus untuk model 3G, Samsung hanya menyematkan kamera depan tipe VGA. Belum ada informasi jelas kapan tepatnya smartphone ini akan dirilis secara global dan berapa banderol harga yang akan disematkan oleh pabrikan Korea tersebut. (Tedi)

Baca juga artikel:

Mito Prime, Tablet 7 Inci dengan RAM 1 GB

Lima Windows Phone yang Beredar di Pasar Tanah Air

Acer Liquid Z500, Menjajal Ponsel Rp2juta dengan RAM 2 GB

Artikel Lainnya

Komentar