IM5 Inilah Smartphone Perdana dari Kodak!

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 08 Jan 2015 | 16:32

Masih ingat dengan perusahaan Kodak? Tentu nama ini tidak asing lagi. Perusahaan ini dikenal dengan produk berupa kamera tustel dan jenis kamera lainnya yang cukup berjaya di masa lalu.

Kini, perusahaan asal Amerika tersebut mencoba bermain ke ranah yang lebih modern dengan menghadirkan produk bernama Kodak IM5. Produk ini bukanlah sebuah kamera, melainkan smartphone. Yah benar, produk ini adalah smartphone pertama besutan perusahaan Kodak.

Apa yang ditawarkan oleh Kodak lewat Kodak IM5 ini? Pada dasarnya, smartphone dari Kodak IM5 ini tidaklah terlalu istimewa. Produk ini tidaklah terlihat khas dan cenderung biasa.

Tengok saja bentuknya yang memang tidak berbeda jauh dengan smartphone kebanyakan. Berdesain panjang dengan keempat sudut membulat dan sentuhan corak warna hitam. Kehadiran tiga tombol kapasitif juga seola membuat produk Kodak IM5 hampir sama dengan produk smartphone kebanyakan.

Daya tarik smartphone ini tampaknya ada di bagian dapur pacunya. Smartphone  ini ternyata diberi “otak” delapan inti ARM Cortex-A7 1,7 GHz yang tersemat dalam chipset MediaTek MT6592.

Di dalam chipset ini juga terdapat pengolah grafis Mali-450MP yang akan membantu prosesornya menjalakan berbagai aplikasi dan games. Sayangnya, prosesor octa core-nya ini hanya didukung dengan RAM 1 GB. Tidak terlalu kecil memang tetapi juga tidak terlalu besar. Namun, akan lebih menarik bukan jika Kodak jika menyematkan RAM 2 GB.

Smartphone dengan memori internal 8 GB ini  dibekali dengan konektivitas semacam WiFi, Bluetooth, GPS, dan port USB. Tersedia juga microSD yang akan sangat membantu untuk menambah penyimpanan sampai 32 GB. Sementara untuk urusan baterai, Kodak belum menjelaskan rinciannya.

Soal layar, smartphone ini hadir dengan layar berdimensi 5 inci. Layarnya yang menggunakan teknologi IPS ini mengusung resolusi 1280 x 720 piksel. Cukup sama memang dengan smartphone 5 inci kebanyakan. Kerapatan layarnya juga hampir sama dengan smartphone yang juga mengusung layar 5 inci HD 720p yakni 294 ppi.

Agak disayangkan dari produk ini mungkin soal kamera. Mengingat Kodak cukup berpengalaman dengan kamera, tentu akan banyak orang yang akan menganggap bahwa Kodak IM5 akan dibekali dengan kamera yang baik dan berbeda.

Namun, Kodak IM5 ternyata memgusung kamera belakang 13 MP yang tidak terlalu beda jauh dengan produk sekelasnya. Untung kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang tentunya cukup baik untuk selfie.

Untuk sistem operasi, Kodak IM5 dibekali dengan Android 4.4 KitKat. Namun, Kodak mengklaim jika kedepan, smartphone besutannya ini akan mendapatkan pembaruan ke sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Lantas, berapa harga produk ini? Kodak membanderol produk ini seharga 249 atau sekitar Rp 3  juta. Sayangnya,  produk ini baru dipamerkan di CES 2015 dan belum dipastikan kapan produk ini masuk pasaran.(Tedi)

Baca juga artikel:

BLU Studio 7.0, Tablet Buatan Amerika Rasa Korea

5 Prosesor Smartphone Terbaik

Main Game Play Station Tanpa Konsol Cara Samsung

Artikel Lainnya

Komentar