Meizu M1 Note, Rival Xiaomi Redmi Note

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 05 Jan 2015 | 11:49

Meizu, vendor asal Tiongkok mengeluarkan perangkat bernama Meizu M1 Note. Perangkat yang sebelumnya bernama Meizu Blue Charm ini memiliki banderol harga yang tidak jauh berbeda dengan Xiaomi Redmi Note.

Tentu saja hal ini membuat Meizu M1 Note akan menjadi pesaing kuat dari Xiaomi Redmi Note yang bisa dikatakan cukup sukses mendapat sambutan dari pasar, termasuk di Indonesia.

Meizu M1 Note sendiri terbilang memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan Xiaomi Redmi Note. Misalnya, prosesor. Smartphone ini dibekali dengan prosesor delapan inti ARM Cortex-A53 64-bit.

Prosesor octa core ini dapat berlari dengan kecepatan 1,7 GHz. Prosesor ini terbilang cukup tinggi dan sudah mumpuni untuk menjalankan aplikasi dan game berat. Apalagi prosesornya yang tersemat dalam chipset MediaTek MT6752 ini dikombinasikan dengan GPU Mali-T760.

Spesifikasi ini akan membuat Meizu memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan aplikasi dan program. Terlebih, prosesor pada smartphone ini sudah didukung oleh RAM 2 GB yang akan membuat smartphone ini sangat bagus untuk multitasking.

Selain itu, Meizu M1 Note juga sangat baik dari sisi layar. Serupa dengan Xiaomi Redmi Note, smartphone ini hadir dengan layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel.

Layarnya memiliki kerapatan yang besar, yakni 403 ppi. Layarnya juga sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Namun, hal yang menarik adalah layar didesain dengan teknologi yang dinamakan Indium Gallium Zinc Oxide atau IGZO.

Smartphone dengan sistem operasi FlymeOS berbasis Android 4.4 KitKat memiliki memori internal yang besar. Kapasitas yang diusung ponsel cerdas ini adalah 16 GB.

Selain kapasitasnya yang besar, Meizu M1 Note ini memiliki konektivitas yang lengkap. Diantaranya adalah WiFi, dual SIM, Bluetooth, GPS/GLONASS dan port microUSB. Jaringan 3G HSPA dan 4G LTE cat 4 juga sudah didukung oleh smartphone ini.

Meizu M1 Note juga unggul dari segi kamera. Betapa tidak, smartphone ini telah dilengkapi dengan kamera utama 13 MP yang didukung dengan fitur LED flash. Sementara, kamera depannya sangat cocok digunakan untuk selfie karena dilengkapi dengan kamera 5 MP.

Dari sisi spesifikasi  yang dijabarkan tersebut, Meizu M1 Note ini memang cenderung mirip dengan Xiaomi Redmi Note sehingga boleh dikatakan kedua smartphone ini akan bersaing ketat. Menariknya, desain Meizu M1 Note justru tidak mirip dengan Xiaomi Redmi Note.

Smartphone ini malah terlihat seperti desain iPhone 5C. Tidak aneh, jika banyak yang menyebut kalau smartphone dengan baterai 3140 mAh ini merupakan kloning dari iPhone 5C.

Lantas, akankah smartphone ini bisa sepopuler Xiaomi Redmi Note? Belum bisa dipastikan, terlebih smartphone ini juga belum jelas kapan tanggal kehadirannya di pasar global. (Tedi)

Baca juga  artikel:

OnePlus One Sedang Diuji Ditjen Postel

7 Januari Menjadi Hari Peluncuran Tablet Nokia N1

Cara Buat Koneksi Internet Makin Cepat dan Efisien di Android

Samsung Memulai Produksi Chipset dengan RAM 8 GB

Artikel Lainnya

Komentar