Alienware Alpha, Gaming PC Mungil Pesaing Game Console

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 11 Des 2014 | 15:17

Sederet game console telah mencuri perhatian pasar sejak puluhan tahun silam. Dari waktu ke waktu, berbagai perbaikan telah dilakukan, mulai dari kualitas grafik hingga performanya. Namun, hal itu tak berarti game console adalah satu-satunya jenis perangkat untuk “bersenang-senang.” Kini hadir Alienware Alpha yang dirilis Dell baru-baru ini. PC bertubuh mungil ini memiliki kemampuan yang tak kalah ganas dari game console tercanggih.

Rumor mengenai Alienware Alpha memang sudah terdengar santer sejak lama. Namun, akhirnya Dell melepas PC ini ke pasaran untuk menyaingi kepopuleran game console. Bahkan, Dell mengklaim jika Alienware adalah “game console killer” mengingat kemampuannya yang dahsyat.

Untuk perangkat yang ditawarkan dengan harga $549 (AS) ini atau sekitar kurang dari Rp7 juta, Alienware Alpha dibekali dengan prosesor Intel Core i3 dan RAM 4 GB. Alpha juga memiliki kartu grafis Nvidia GTX 860M dengan 2 GB VRAM. Sudah pasti mini PC ini akan menampilkan grafis yang tajam. Selain itu, hard disk yang disediakan pada perangkat ini memiliki kapasitas 500 GB. Dengan demikian, Anda bisa menyimpan segala data Anda tanpa masalah.

Alienware Alpha menggunakan sistem operasi Windows 8. Awalnya, PC ini direncanakan menggunakan SteamOS. Namun, dikarenakan Valve selaku pengembang sistem operasi tersebut tak kunjung merilisnya, Dell memutuskan untuk meluncurkan Alienware Alpha dengan Windows. Tak perlu khawatir, Dell tetap membuka kemungkinan untuk meng-install SteamOS yang memang dirancang untuk gaming dengan dukungan Steam Controller.

Alienware Alpha memiliki konektivitas wireless built-in. Sebagai PC dengan DNA game console, Alienware Alpha didesain khusus untuk memenuhi semua kebutuhan gaming. Perangkat ini hadir dengan Wireless Xbox 360 controller. Tersedia pula HDMI-in port seperti pada Xbox One.

Dari segi ukuran fisik, Alienware memiliki ukuran mungil. Bahkan, ketika dibandingkan dengan PS4 dan Xbox One, terlihat perbedaan ukuran yang signifikan dimana Alienware Alpha terlihat begitu mini. Namun, PC berbentuk kotak ini lebih besar daripada Mac Mini.

Dikutip dari PCWorld, Alienware Alpha dapat menjalankan game Tomb Raider pada set 1920 x 1080 dengan mulus. Berdasarkan benchmark built-in, frame rate rata-rata si mini itu adalah 58 fps. Ketika digunakan untuk bermain BioShock Infinite pada 1920 x 1080, frame rate rata-ratanya adalah 77,6 fps. Detail texture Alpha juga dinilai superior dari Xbox kala memainkan game Far Cry 4. Hal itu menunjukkan perangkat ini memang layak untuk disandingkan dengan sederet game console top saat ini. (Tedi)

Baca juga artikel:

Promo Akbar 11.12 Super Sale Bhinneka.com di Akhir Tahun 2014

Alcatel Onetouch Flash Ramaikan HARBOLNAS 2014 Dengan Harga Rp1.899.000

Pricebook Bagi-bagi Voucher Belanja di Lazada Untuk Even

Artikel Lainnya

Komentar

ariawan 12 Desember 2014 - 14:55
alienware alpha? wew.. berapaan ini harganya?