Nokia N1, Tablet Android Lollipop Pertama Nokia

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Rabu, 19 Nov 2014 | 11:05


Setelah menjual divisi mobile-nya ke Microsoft, Nokia ternyata masih bisa bangkit. Dilansir dari GSMArena (18/11), vendor asal Finlandia tersebut mengeluarkan produk berupa tablet dengan  kode nama Nokia N1.

Produk ini adalah produk perdana dari perusahaan Nokia dari bagian divisi yang tidak dijual ke Microsoft. Produk ini juga adalah produk pertama Nokia dengan sistem operasi Android. Seperti apa detail produk yang satu ini? Berikut informasi terkait Nokia N1.

Nokia N1 hadir dengan spesifikasi yang cukup gahar. Tablet ini datang dengan layar IPS 7,9 inch. Layarnya sendiri memiliki resolusi 2048 x 1536 piksels dengan kerapatan 324 ppi. Layarnya yang mengusung aspek rasio 4:3 ini pun dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 3 dan teknologi yang disebut zero air gap.

Kamera pada tablet ini juga tergolong baik di kelas tablet 7,9 inch. Nokia N1 hadir dengan kamera depan 5 MP yang tentunya akan sangat disukai oleh para pecinta selfie. Selain itu, tablet ini juga hadir dengan kamera belakang 8 MP yang dapat menghasilkan kualitas foto yang cukup baik.

Tidak hanya itu, tablet ini juga dibekali dengan baterai yang tergolong besar. Baterai pada smartphone dengan desain unibody aluminium ini berkapasitas 5300 mAh. Sebuah kapasitas yang tentunya sangat besar.

Untuk urusan hardware, tablet Nokia ini ternyata dibekali dengan prosesor 64-bit  Intel Atom Z3580. Prosesor dengan kecepatan 2.3GHz ini didukung oleh pengolah grafis PowerVR G6430 dan juga RAM 2GB.

Di atas kertas, spesifiikasi tersebut sudah mumpuni untuk menjalankan berbagai program dan games grafis kelas berat di sistem operasi Android yang diusung tablet Nokia N1 ini.

Belum ada informasi perihal harga dan kapan tablet ini akan ada di pasaran. Nokia juga belum mengungkapkan apakah perangkat ini mendukung konektivitas 4G LTE atau tidak. Namun yang pasti, tablet ini sudah mendukung konektivitas semacam GPS, Bluetooth, WiFi, dan port microUSB.

Terlepas dari itu pula, kehadiran tablet ini juga menegaskan bahwa Nokia akan bangkit dengan lini produk Androidnya di masa yang akan datang. Dalam berbagai kesempatan, CEO Nokia Rajeev Suri menegaskan, kalau Nokia tidak akan kembali dalam bisnis smartphone. Lebih fokus dalam bisnis infrastruktur jaringan, memperkuat layanan peta Here, dan mengembangkan bisnis Internet of Things. (HMN)

Video Nokia N1

Baca juga artikel:

Kapasitas Baterai Marathon M2 Kalahkan Motorola Droid Turbo

Infografis Android Dari Masa ke Masa

Nexus 4 Mulai Kebagian Update Android 5.0 Lollipop

Artikel Lainnya

Komentar