Samsung Galaxy S5 Plus Diam-Diam Curi Perhatian

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 06 Nov 2014 | 19:37

Semua sudah pasti tahu kisah perseteruan Apple dan Samsung tentang banyak hal. Yang terakhir ialah perseteruan dalam soal hak paten dan bahkan sampai di sidangkan di pengadilan di California. Namun rupanya perseteruan tidak berhenti begitu saja karena keduanya ingin terlihat sebagai yang terbaik.

Setelah Apple mengeluarkan perangkat iPhone 6 Plus yang ternyata malah menjadi bahan ejekan Samsung karena hanya besar di ukuran, namun teknologi yang dibawa hanya setara Galaxy Note 2 yang hadir pada tahun 2012 yang lalu. Kini giliran Samsung mengeluarkan perangkat “Plus” dari keluarga Galaxy S5.

Tanpa kehebohan, Samsung diam-diam meluncurkan Samsung Galaxy S5 Plus ke pasaran. Namun ternyata tidak ada ukuran “plus” pada desain bodinya. Alih-alih memperbesar bodi, Samsung justru memberikan “plus” pada spesifikasinya sehingga semakin meninggalkan iPhone 6 Plus. Mari tengok hal “plus-plus” apa yang Samsung tambahkan pada perangkat ini.

Secara kasat mata tidak ada perubahan dalam hal ukuran bodi maupun desain fisik yang lain. Begitu Anda lihat ke dalam, maka Anda akan sedikit kaget mengetahui bahwa prosesor yang dibawa Samsung Galaxy S5 Plus ini berbeda dari Galaxy S5 biasa, walau sama-sama mempergunakan chip Qualcomm Snapdragon.

Jika pada perangkat Galaxy S5 Anda akan menemukan prosesor Quad Core Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 Krait 400 dengan clock speed 2,5GHz, maka pada Galaxy S5 Plus Anda akan menemukan prosesor Quad Core Snapdragon 805 Krait 450. Walaupun dengan clock speed yang sama yaitu 2,5GHz, namun Galaxy S5 Plus memiliki kinerja yang lebih baik.

Dengan chip yang berbeda, tentu saja GPU yang dibawa juga berbeda, yaitu Adreno 330 pada Galaxy S5 dan Adreno 420 pada Samsung Galaxy S5 Plus.

Prosesor dan GPU baru ini adalah sama seperti yang dipergunakan pada perangkat Galaxy Note 4 Samsung, yang baru saja diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Secara otomatis Galaxy S5 Plus mempunyai konektivitas internet yang lebih baik yaitu LTE generasi 6 yang menyuguhi Anda koneksi up to 300Mbps. Hanya saja fitur yang lain dari kedua perangkat ini masih sama. Sayangnya perangkat ini baru akan rilis di Belanda.(Tedi)

Baca juga artikel:

Samsung Tanamkan Prosesor 64 bit di Galaxy Grand 3

Meizu MX4 Pro Gunakan Chipset Exynos 5430 Octa Core

15 Cara Memaksimalkan Samsung Galaxy Note 4

Artikel Lainnya

Komentar