Nexus 6, Suksesor yang Perlu Pembuktian

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 20 Okt 2014 | 10:47

Lama dinantikan, Nexus 6 akhirnya muncul. Vendor pertama yang membesut perangkat ini adalah, Motorola. Google bekerjasama dengan vendor yang telah diakusisi Lenovo tersebut dengan menghadirkan seri Nexus yang berbeda dari seri sebelumnya.

Kehadiran perangkat ini sendiri juga dibarengi dengan kehadiran Android versi terbaru, yaitu Android 5.0. Dan Google Nexus 6 akan menjadi perangkat pertama yang mencicipi sistem operasi terbaru ini. Lantas, seperti apa spesifikasi Google Nexus 6 ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut pemaparan spesifikasi Nexus 6.

Desain dan Layar

Nexus 6 hadir dengan bentuk yang lebih elegan dibandingkan seri Nexus sebelumnya. Bagian belakang smartphone dengan bobot 184 gram ini terdapat  logo Nexus dan Motorola dengan latar warna putih yang membuat smartphone ini terlihat mewah.

Bagian depannya, tampilan desainnya lebih memanjakan mata. Apalagi smartphone dengan dimensi 159 x 83 x 10,1 mm ini hadir dengan layar AMOLED yang lebar yakni 5,9 inch. Mengusung resolusi 2560x1440 piksel, tentunya akan membuat smartphone ini sangat baik dalam menampilkan gambar, memutar film, maupun dalam menghadirkan visual sebuah game.

Hardware

Soal hardware, Google membenamkan prosesor empat inti Krait 450 yang memiliki kecepatan hingga 2,5 GHz. Prosesor ini dipadukan dengan pengolah grafis Adreno 402 yang memiliki kemampuan bagus dalam menjalakan berbagai games dengan grafis berat.

Dengan mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 805 yang didukung dengan RAM 3GB tampaknya bukan perkara sulit bagi perangkat Nexus 6 untuk bekerja menjalan berbagai aplikasi secara bersamaan.

Kamera

Nexus 6 seolah tidak mau kalah dengan smartphone kelas atas lainnya. Terutama dari sektor kamera. Perangkat ini kini dibekali dengan kamera depan 2 MP. Untuk kamera utamanya, smartphone dengan sudut melengkung ini hadir dengan kamera 13MP. Kameranya ini telah didukung dengan fitur dual-LED flash dan optical image stabilization yang akan membuat hasil foto menjadi lebih jelas dan tidak blur.

Konektivitas

Sebagai smartphone premium, Nexus 6 hadir dengan konektivitas yang lengkap. Berbagai dukungan terhadap konektivitas terbaru seperti NFC, GPS,  Wi-Fi dan  Bluetooth v 4.0 sudah dimiliki ponsel cerdas ini. Perangkat ini juga sudah mendukung jaringan HSDPA dan LTE.

Baterai

Soal baterai, Nexus 6 hadir dengan kapasitas besar, yakni 3.220 mAh. Kapasitas baterai ini tentunya membuat Nexus 6 mampu menyala lebih lama dibandingkan smartphone kelas premium lainnya.

Kesimpulan dan Harga

Nexus 6 tampil menyita perhatian dengan dimensi layar, prosesor yang digunakan, serta spesifikasi lainya. Dengan berbagai kelebihan tersebut, Nexus 6 akan menjadi lawan yang tangguh dengan smartphone premium lainnya, semacam Galaxy S5, Xperia Z2, dan tentu iPhone 6.

Harganya juga tidak jauh berbeda dengan smartphone kelas premium tersebut. Google membanderol smartphone dengan pilihan memori internal 32GB atau 64GB dengan harga sekitaran Rp 7,9 juta saja. Sayangnya, belum jelas kapan perangkat ini akan hadir di Indonesia. 

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Artikel Lainnya

Komentar