Diperbaharui pada Rabu, 18 Januari 2023 | 12:45

4 Cara Atasi Instagram Ngelag dan Force Closed

Diluncurkan pada tahun 2010, Instagram sekarang menjelma menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan.

Bahkan, media sosial ini bisa dibilang sangat adiktif karena bisa membuat kita terus mantengin timeline selama berjam-jam untuk melihat berbagai foto menarik yang dishare banyak orang dan pihak.

Tidak hanya itu, fungsi Instagram sendiri tidak hanya sebagai sarana sharing foto momen berharga saja. Lebih dari itu, sekarang Instagram sudah menjadi salah satu ladang bisnis yang sangat menggiurkan.

Masalahnya, layaknya sebuah aplikasi, tentu tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah. Salah satu yang sering terjadi adalah aplikasi ini seringkali berhenti beroperasi ketika sedang digunakan. Alasan berhentinya pun beragam, yaitu:

  • Instagram kelebihan chace.
  • Ada bug dan harus diupdate.
  • Memori hp sudah penuh.
  • Terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan.
  • Lainnya

Cara Memperbaiki Instagram yang Berhenti Sendiri

Ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan jika aplikasi Instagram kamu tiba-tiba berhenti ketika digunakan. Apa saja? Berikut ini diantaranya:

1. Hapus Cache

Pada dasarnya, aplikasi Instagram sendiri sudah cukup banyak memakan memori hp. Bila ditambah dengan berbagai file sampah dan cache yang banyak, tentu akan membuat aplikasi Instagram menjadi terganggu dan mengakibatkan aplikasi sering berhenti akibat memori hp tidak mampu menapung untuk menjalankan aplikasi.

Karena itu kita perlu melakukan pembersihan recent app dan cache secara berkal walaupun cache sesungguhnya bisa bermanfaat dalam membuat aplikasi berjalan lebih cepat.

Dalam membersihkan cache, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih cache atau melakukannya secara manual di menu setting.

2. Lakukan Update Jika versi Instagram Sudah Lama

Salah satu penyebab berhentinya aplikasi Instagram ketika sedang digunakan adalah akibat adanya bug. Sebenarnya, masalah bug selalu bisa diselesaikan jika kita rajin melakukan update aplikasi.

Sayangnya, tidak semua orang rajin melakukannya, maka dari itu kamu harus menghentikan kebiasaan itu. Update sendiri di satu sisi memang dianggap membuat kita boros kuota, tapi di sisi lain ditujukan untuk memperbaiki sistem dan menghilangkan bug yang ada pada aplikasi versi sebelumnya.

Cara melakukan update sangat mudah, kamu cukup membuka aplikasi Play Store > Temukan aplikasi Instagram > Buka aplikasi Instagram > Lalu pilih Update. Mudah kan?

3. Bersihkan Data di Instagram

Alasan yang membuat aplikasi Instagram terhenti juga bisa karena data yang dikandungnya sudah terlalu besar. Untuk mengatasi masalah ini juga cukup mudah, di mana kamu bisa melakukan clear data Instagram langsung di menu setting. Detailnya, baca tutorial di bawah ini:

  • Masuk ke setting
  • Pilih apps atau pengaturan apps/aplikasi
  • Pilih aplikasi Instagram
  • Lalu pilih clear data
  • Biasanya akan muncul pop up untuk memastikan apakah kita yakin akan menghapus data atau tidak. Jika pop up ini muncul, pilih yes atau ok.
  • Setelah itu, aplikasi Instagram kamu akan kembali layaknya baru didownload. Silakan login kembali untuk masuk ke akun Instagram kamu.

4. Restart Hp Kamu

Ini adalah solusi terakhir jika aplikasi Instagram di hp kamu berhenti beroperasi. Sebagai sebuah mesin, smartphone juga membutuhkan waktu istirahat dengan cara mematikannya sekali-sekali.

Bila kondisinya adalah kamu butuh mengistirahatkan hp pada saat aplikasi Instagram berhenti, maka kamu cukup melakukan restart hp saja. Smartphone yang jarang di-restart sering mengalami penumpukkan file sampah dan penurunan performa secara lebih cepat.

Selain itu, kamu juga perlu mematikan hp dalam periode tertentu. Waktu yang paling baik adalah bersamaan dengan waktu istirahat malam kamu, sambil tidur kamu bisa mematikan hp agar dia juga bisa beristirahat.

Mudah dan Cepat Dilakukan

Sebenarnya, solusi untuk mengatasi aplikasi Instagram yang berhenti ketika dijalankan juga bisa dijalankan di berbagai aplikasi yang tiba-tiba berhenti ketika sedang digunakan. Semua cara di atas sangat mudah dan cepat dilakukan. Jadi, selamat mencoba.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.