Diperbaharui pada Senin, 19 Juni 2023 | 14:50

Cara Merubah TV LED Jadi Smart TV

cara merubah tv led menjadi smart tv

Kominfo per 2 November 2022 sudah menghimbau masyarakat untuk melakukan migrasi TV analog ke digital secara keseluruhan. Sebelumnya, Kominfo juga sudah melakukan migrasi dalam dua tahap, yakni 30 Agustus 2022 dan 25 Agustus 2022.

Untuk beralih dari siaran TV analog ke digital dibutuhkan Set Top Box (STB) yang tersertifikasi oleh Kominfo. Tetapi, ternyata terdapat cara lain untuk menyaksikan siaran TV digital tanpa menggunakan STB. Terlebih, Anda akan mendapat keuntungan bisa merasakan Smart TV dengan harga murah tanpa harus mengganti TV LED atau TV Analog Anda dengan Smart TV terbaru.

Mau tahu gimana caranya? Semua hanya dengan bermodalkan Android TV Box. Lantas apa beda Android TV Box dan juga STB? Lalu Bagaimana cara mengubah TV LED menjadi Smart TV menggunakan Android TV Box?

Perbedaan STB dan Android TV Box

perbedaan stb dan android tv box

Smart TV memang memungkinkan kita bisa menikmati beragam layanan berbasis internet, sebut saja streaming video hingga menjalankan aplikasi dan game seperti di perangkat hp.

Hanya saja, harga TV jenis ini masih cukup mahal di pasaran. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengubah TV LED biasa menjadi smart TV dengan cara yang mudah, yaitu menggunakan TV Box dan bukan Set Top Box atau STB.

Apa itu TV Box dan apa bedanya dengan STB?

Set top Box (STB) dan Android TV Box adalah dua perangkat beda fungsi meski sama-sama bisa menangkap siaran TV digital. Agar tidak kebingungan dan berujung salah beli, Anda mesti mengenali dulu perbedaan kedua perangkat ini.

Set Top Box berfungsi menangkap siaran digital ke perangkat televisi analog, sedangkan Android TV Box mengubah televisi konvensional menjadi TV pintar atau smart TV. STB dipasang pada televisi analog agar bisa menonton siaran TV digital terestrial yang gratis, sedangkan Android TV Box, selain bisa menonton siaran digital terestrial gratis juga dapat dipakai buat layanan berbayar seperti Netflix dan Youtube.

Alat ini dipasang untuk mengubah televisi konvensional menjadi Smart TV. Dikarenakan berbasis Android, tampilan antarmuka di layar televisi berperangkat Android TV Box menjadi mirip ponsel atau tablet.

Keunggulan Android TV Box

keunggulan android tv box

Perangkat Android TV Box ini merupakan sebuah decoder yang memiliki kemampuan untuk mengubah TV apa pun menjadi smart TV.

Dengan keberadaan fitur koneksi ke internet (melalui LAN atau Wifi) Anda bisa mengakses acara televisi, menonton siaran langsung olahraga dan film secara streaming.

Di Indonesia sendiri Android TV Box sudah mulai populer sejak dua tahun lalu sejak maraknya layanan streaming video, seperti Youtube, Netflix, iFlix dan sebagainya.

Bahkan harga TV Box ini jauh lebih murah dibanding membeli smart TV. Dan terpenting Anda tidak akan sulit mendapatkan Android tv box murah berkualitas.

Sebagai gambaran berikut keunggulan Android TV Box dibandingkan dengan STB.

  • Cara menyambungkan wifi ke TV biasa dari TV Box juga mudah. Asal sudah terkoneksi ke TV maka tinggal cari koneksi wifi yang tersedia. TV Box sendiri memiliki beberapa jenis sistem operasi, salah satunya adalah Android TV Box.
  • Android TV Box ini berjalan dengan sistem operasi Android, sehingga Anda dapat menjalankan menu-menu layaknya di smartphone atau tablet melalui TV. Termasuk menjalankan berbagai aplikasi dan game.
  • Selain konten video, Android TV Box ini dapat memutar musik dan menawarkan browser untuk menjelajah ke internet. Itu sebabnya Android TV Box menjadi opsi terbaik sebagai pengganti Smart TV.
  • Android TV Box lebih menghemat keuangan dan tidak harus menjual perangkat TV LED lama.

Kelebihan lain dari Android TV Box adalah bisa mengubah TV LED lama Anda dengan cara yang sangat mudah. Anda cukup hubungkan perangkat Android TV Box ke TV LED menggunakan port yang disediakan. Lalu sambungkan koneksi internet melalui perangkat dan Anda siap menikmati fitur yang ada di smart TV.

Cara Mengubah TV Biasa Menjadi Smart TV

cara mengubah tv led menjadi smart tv

Karena saat ini sudah tersedia berbagai merk Android TV box terbaik dengan pilihan yang bervariasi. Namun tetap saja, cara mengubah TV biasa dan TV LED menjadi Smart TV tetaplah sangat mudah menggunakan Android TV Box.

1. Aktifkan Android TV Box

2. Koneksikan Android TV Box ke TV LED melalui port yang disediakan (HDMI dan lainnya)

3. Setelah terkoneksi, aktifkan jaringan internet melalui port LAN atau Wifi

4. TV LED Anda sudah menjadi smart TV

Yang harus diperhatikan adalah pastikan Anda memiliki koneksi internet (bisa menggunakan LAN datau Wifi) yang stabil agar semua fitur dan menu bisa diakses. Harga Android TV Box yang murah menjadi solusi yang tepat jika ingin mencoba beralih atau sekedar merasakan keseruan menonton TV dalam tampilan dan juga fitur Smart TV.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.