Diperbaharui pada Kamis, 26 Agustus 2021 | 17:05

Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Pribadi

cara mempercepat koneksi internet
Hampir semua pekerjaan saat ini membutuhkan koneksi internet. Namun masalah timbul ketika koneksi internet tidak stabil bahkan tidak ada terhubung ke jaringan. Tentunya akan membuat produktivitas kita berkurang karena untuk membuka email atau browsing terasa lambat.  

Termasuk bagi yang hobi nonton film secara streaming. Tidak nyaman rasanya jika streaming film terganggu sinyal yang terus buffering. Begitu pula untuk aktivitas gaming. Pasalnya hampir semua game populer harus terhubung ke internet (game online). Dan koneksi internet yang buruk tentu akan sangat mengganggu. 

Beda halnya ketika koneksi bagus, maka kegunaannya akan semakin bisa dimanfaatkan. Tapi sayangnya tidak semua layanan data dari operator itu bagus. Meski demikian, penyebab koneksi internet lemot memang tidak melulu dari operator, bisa juga datang dari hp yang digunakan.

Karena beberapa masalah mengenai kecepatan internet juga bisa berasal dari hp itu sendiri. Sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi kecepatan koneksi data yang diterima. 

Lalu adakah cara mempercepat koneksi internet? Jika kamu berkenan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi internet, terutama untuk pengguna hp Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Berikut ini adalah cara mempercepat koneksi internet di hp Android. Cara-cara ini cukup mudah untuk diikuti, dan pastinya tidak ribet.

Gunakan Ad-Blocker

ads blockerFoto: Know Your Meme

Kesampingkan dulu masalah internet lambat akibat layanan operator yang buruk. Karena, lambatnya kecepatan koneksi internet di smartphone juga ditentukan oleh berbagai hal lainnya, salah satunya akibat kita tidak memblok iklan.

Asal kamu tahu, keberadaan iklan ketika kita browsing di internet lewat smartphone juga akan membuat internet jadi lemot, karena harus memakan data lebih banyak untuk mengakomodir tampilan iklan. Bahkan iklan ini bisa menyedot hingga 80% kuota internet, jadi jangan heran kalau kamu tidak memblokirnya, maka kuota internet akan terus boros.

Untuk itu, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan aplikasi Adblocker yang banyak tersedia di Google Play Store. Kamu juga bisa menggunakan browser yang sudah dibekali Adblocker seperti Opera Browser atau UC Browser. Cara mempercepat koneksi internet ini sangat mudah dilakukan kan?

Hapus Cache

clear cache 

Cache adalah salah satu hal yang sering terlupakan ketika kita merasa internet di hp Android kita lambat. Namanya hp Android, sudah pasti perangkat ini akan menyimpan banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi Internet untuk bisa berfungsi dengan baik.

Karena aplikasi itu seiring digunakan, maka mereka akan menyimpan cache yang jika dibiarkan menumpuk hingga semakin besar akan membuat performa hp menjadi lambat. Kenapa bisa begitu? Karena cache yang menumpuk akan memakan penyimpanan internal hp dan efeknya akan mempengaruhi koneksi internet.

Karena masalah cache ini, ada dua cara mempercepat koneksi internet Android yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembersih seperti One Tap Cache Cleaner atau Clean Master.

Kalau mau rajin sedikit, kamu bisa menghapus cache di aplikasi secara satu per satu, dengan masuk ke menu settings - aplikasi - pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya - clear cache - lanjutkan di aplikasi berikutnya

Atur di Jaringan 4G

4g onlyFoto: Global Scope

Sekarang sudah eranya jaringan 3G dan 4G, kenapa mesti menggunakan jaringan yang di bawah itu lagi? Jika memang kamu ingin koneksi internet cepat, tentu kedua jaringan itulah yang harus dipakai, bukan 2G atau WCDMA.

Lain kisahnya jika hp Android yang kamu pakai hanya mendukung jaringan 2G dan WCDMA, biasanya hp yang cuma mendukung jaringan itu merupakan smartphone Android jadul. 

Untuk mengaktifkan jaringan "3G Only" atau "4G Only", kamu masuk ke settings - more - mobile network - network mode - pilih jaringan "3G Only" atau "4G Only".

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer, fungsi aplikasi ini adalah untuk mempercepat koneksi Internet hingga 200%. Aplikasi canggih ini bekerja dengan cara memberikan tweak khusus yang akan memberikan kamu keleluasaan untuk mengatur dan memilih kecepatan koneksi Internet sesuai kebutuhan.

Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunaan oleh kamu yang sudah melakukan root smartphone Android. Bagi kamu yang ingin melakukan root hp Android, baca cara melakukan root hp Android di artikel Pricebook sebelumnya.

Tapi ketahui dulu risiko melakukannya proses root, resiko rooting pada hp Android sehingga kalian tidak akan menyesal nantinya.

Aktifkan Data Saver

data saverFoto: Android Central

Kebanyakan browser yang digunakan smartphone masa kini sudah dibekali dengan fitur "Data Saving". Fitur ini berfungsi untuk menghemat kuota internet. Selain itu, fitur ini ternyata juga bisa menjadi salah satu cara mempercepat koneksi internet Android kamu.

Kamu bisa mematikan muatan gambar atau mengompres gambar di browser menjadi ukuran paling kecil. Dengan begitu, proses loading yang terjadi di browser hp menjadi semakin cepat dan ringan.

Gunakan Aplikasi VPN

pakai vpnFoto: Spread Privacy

Sudah bukan rahasia lagi kalau koneksi jaringan internet di Indonesia tidaklah stabil, antar area bisa berbeda kekuatan koneksinya, sampai untuk sekadar Googling saja sampai ngos-ngosan menunggu loadingnya. Di sinilah cara mempercepat koneksi internet di hp Android berikutnya bekerja, yaitu dengan menggunakan aplikasi VPN.

Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia di Google Play Store, tinggal pilih mana yang punya rating bagus. Selain bisa mempercepat koneksi internet, aplikasi VPN juga bisa dimanfaatkan untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah.

Cara kerja VPN untuk fitur ini adalah dengan mengubah alamat IP kamu dengan VPN khusus yang bisa mempercepat koneksi internet, tentunya asalkan terhubung dengan IP yang tepat ya.

Matikan Tethering

matikan tethering

Tethering merupakan sebuah aktivitas yang berfungsi menjadikan ponsel pintar kamu menjadi semacam hotspot. Singkatnya, kamu dapat menjadikan hp Android sebagai WiFi portable lalu membagikan koneksinya kepada teman-teman.

Namun, karena jaringan internetnya terbagi-bagi, maka kamu harus siap berbagi bandwith dengan perangkat lain. Jika kamu ingin membuat jaringan internet kamu lebih cepat, tentu kamu harus mematikan fitur ini, sehingga membuat jaringan internet terfokus kembali di hp kamu.

Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan

tutup aplikasi

Tidak jarang, saat sedang asyik menggunakan smartphone Android, kita tidak sadar membiarkan banyak aplikasi aktif tanpa dimatikan. Padahal, hal ini bisa memperlambat performa ponsel kamu karena kinerja RAM menjadi semakin berat guna mengakomodir semua aplikasi yang terbuka itu. 

Efeknya tentu saja berengaruh pada kecepatan berselancar di internet. Kinerja hp akan menjadi sangat berat dan akan memperlambat koneksi internet kamu.

Atur User Agent di Hp

user agent
Sekarang sudah ada banyak website yang sudah dibuat responsif agar bisa secara otomatis menyesuaikan tampilan jika dibuka melalui perangkat mobile seperti smartphone. Walau begitu, terkadang masih ada orang yang ternyata tetap memaksa menggunakan tampilan web komputer di hp.

Padahal ini akan membuat koneksi internet lebih berat. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengubah user agent di browser menjadi Mobile. Perubahan user agent ini ditujukan agar data dikompres agar sesuai dengan tampilan Mobile.

Itulah 8 cara mempercepat koneksi internet, terutama di hp Android. Cara mempercepat koneksi internet di atas sangat mudah dilakukan. Tapi semua cara di atas tetap kembali lagi ke jaringan operator serta hp yang digunakan. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1633 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.