Diperbaharui pada Kamis, 27 April 2023 | 15:25

Cara Melacak Hp Android dan iPhone yang Hilang, Biar Tahu Lokasinya

cara melacak hp hilangFoto: Pexels

Jika Anda kehilangan hp, tidak perlu panik. Karena Pricebook akan jelaskan cara melacak hp hilang agar bisa ditemukan lagi. Setidaknya Anda bisa mengetahui posisi terakhir sebelum hilang.

Bukan tanpa sebab, pasalnya tidak sedikit orang yang pernah mengalami kehilangan hp. Dan itu rasanya campur aduk, mulai dari kesal, sedih serta panik menjadi satu. Apalagi kalau hp yang hilang harganya mahal, seperti Samsung atau iPhone.

Nah, di artikel ini Pricebook akan menjelaskan bagaimana cara melacak hp yang hilang untuk hp Android dan juga iPhone. Yang pasti cara melacak hp yang hilang ini cukup mudah dan bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja.

Biar lebih jelas, yuuk simak ulasan bagaimana cara melacak hp yang hilang untuk Android dan iPhone di bawah ini.

Cara Melacak Hp Android yang Hilang

Menggunakan Find My Device

Cara melacak hp yang hilang untuk hp Android lebih mudah menggunakan aplikasi 'Find My Device' atau 'Temukan Perangkat Saya'.

Find My Device merupakan salah satu aplikasi pelacak hp yang cukup efektif untuk mengetahui lokasi hp Android Anda secara realtime. Untuk menggunakannya Anda bisa menggunakan hp atau laptop.

Berikut langkah-langkah mudah melacak hp yang hilang untuk hp Android :

1. Jika menggunakan hp bisa download aplikasi Find My Device di Google Play Store. Jika menggunakan laptop bisa mengunjungi situs Google Find My Device.

2. Lalu login menggunakan akun Gmail yang digunakan pada hp yang hilang tersebut.

3. Setelah itu posisi hp yang hilang akan secara otomatis terlacak lokasinya.

Setelah lokasi hp terlacak, Anda bisa melakukan beberapa tindakan. Karena di dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu yang bisa digunakan, yaitu :

  • Play Sound, Fitur ini akan memutar suara untuk menderingkan ponsel dan akan berguna untuk mencari hp hilang yang ada disekitaran atau posisinya tidak jauh, seperti terjatuh atau terselip.
  • Secure Device, Fitur ini berguna agar tak ada seorang pun yang bisa membuka hp Anda yang hilang. Opsi lainnya adalah membuat pesan yang disertai nomor kontak yang bisa dihubungi ke dalam hp dengan tujuan bila ada orang yang menemukan bisa menghubungi nomor yang sudah di buat.
  • Erase Device, Cara ini berguna ketika Anda tidak ingin ada orang lain melihat foto atau video pribadi. Resikonya Anda tidak bisa lagi melacak posisi hp yang hilang, karena semua data sudah terhapus, termasuk akun Gmail yang sangat penting untuk melacak hp hilang.

Sudah mencoba cara melacak hp hilang di atas tapi gagal? Ada beberapa kemungkinan yang terjadi, yaitu:

  • Hp yang hilang dalam keadaan tidak aktif/off
  • Hp yang hilang tidak terhubung ke internet
  • GPS hp yang hilang dalam keadaan tidak aktif

Cara Melacak Hp iPhone yang Hilang

Menggunakan iCloud

Jika sebelumnya membahas mengenai cara melacak hp yang hilang untuk Android, kini kami akan mengulas cara yang sama untuk pengguna iPhone (atau perangkat yang berbasis iOS).

Cara melacak iPhone hilang pun cukup mudah juga dan bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja. Namun, sebelumnya pastikan Anda sudah menyiapkan laptop atau PC yang sudah terkoneksi ke internet.

Berikut cara melacak hp iPhone yang hilang dengan iCloud :

1. Buka browser Anda dengan menggunakan komputer atau laptop

2. Masuk ke tautan icloud.com/find di Mac atau PC serta laptop lainnya

3. Buka aplikasi “Cari iPhone Saya”, lalu pilih perangkat untuk melihat lokasinya di dalam peta

4. Jika iPhone yang hilang itu teryata ada di sekitar Anda, bunyikan untuk membantu Anda menemukannya

Jika iPhone berada di lokasi yang jauh, bisa aktifkan mode hilang. Gunanya untuk mengunci perangkat dari jarak jauh dengan memberikan password, menampilkan pesan khusus ke ponsel yang hilang, dan untuk terus melacak lokasi perangkat.

Bahkan jika diperlukan, untuk mencegah pencuri atau orang tak bertanggung jawab lain mengakses data di iPhone yang hilang, Anda dapat menghapusnya dari jarak jauh.

Jika memutuskan melakukannya, semua informasi yang ada pada iPhone hilang akan dihapus. Sayangnya, Anda menjadi tidak akan dapat menemukan iPhone itu lagi karena semua data Anda sudah hilang.

Semoga cara melacak hp hilang diatas bisa membantu yaa.

Simak juga video cara melacak hp yang hilang dari chanel Youtube Pricebook berikut ini:

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.