Cara Merawat dan Membersihkan Kulkas dari Bau, Jamur, Serta Karat

Oleh Bagus Notoagung updated Selasa, 20 Feb 2018 | 03:12

Masih betah dengan kulkas yang kotor luarnya, berantakan dalamnya, bau pula? Lebih baik dirawat dan dibersihkan dari sekarang. Atau Anda merasa cara merawat kulkas yang dilakukan saat ini sudah baik dan benar? Coba cek lagi di sini!

Merawat kulkas tidak bisa sembarangan, mengingat fungsinya yang banyak berkaitan dengan bahan makanan kita sehari-hari. Jadi, jika kita asal-asalan melakukan perawatan, bukan tidak mungkin efeknya bisa membuat kita mendapat hal yang tidak diinginkan seperti masalah kesehatan dan lainnya.

Karena itu, untuk membantu Anda, kami paparkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat dan membersihkan kulkas di rumah. Mulai dari jenis kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, kulkas mini sampai kulkas baru, bahkan kulkas yang sudah tidak dipakai. Simak ya!

Merawat Kulkas Baru Agar Awet dan Tahan Lama

Nah, supaya kulkas Anda yang baru tetap aman terkendali, coba deh dibiasakan melakukan hal ini secara berkala:

1. Bersihkan Secara Rutin


Image via Today.com

Bagian ini sudah dimandatkan turun-temurun dari zaman kulkas generasi pertama. Anda bisa bersihkan interior kulkas dengan mengelap setiap inci interior dan menyortir lagi makanan atau minuman yang sudah dibuka segelnya dan “nongkrong” di sana berhari-hari.

Makanan-makanan itu yang bisa memberi bahaya! Bisa membuat kulkas bau dan tidak sehat.

2. Selalu Tutup Rapat Pintu Kulkas

Image via StozaBot

Kebiasaan menutup pintu yang terburu-buru kadang kala membuat pintu kulkas tidak tertutup rapat. Akibatnya, cahaya dari luar bisa masuk dan suhu pendingin di dalam kulkas juga tidak menentu. Makanan dan sayuran yang tersimpan akan cepat membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap.

3. Atur Suhu dalam Kulkas

Image via GadgetReview.com

Jangan malas buat melakukan hal yang satu ini. Suhu kulkas dan freezer harus selalu diatur setiap saat agar makanan, minuman, serta sayuran terjaga kualitasnya. Suhu kulkas yang normal adalah 4 derajat celcius, lalu untuk freezer suhu pendingin harus selalu berada di bawah angka 0 derajat celcius.

4. Hindari Memasukan Makanan dan Minuman Panas

Image via Greatist.com

Tugas kulkas sejatinya memang untuk mendinginkan atau mengawetkan makanan dan minuman. Tapi, jangan coba-coba memasukan makanan maupun minuman yang masih panas karena bisa membuat kulkas “bingung” mengatur suhu dengan asap atau uap air yang dihasilkan dari makanan maupun minuman tersebut.

Untuk informasi, semua informasi di atas bisa berguna untuk merawat kulkas yang masih baru agar tetap bekerja dengan baik dan awet. Buat Anda yang belum sempat melakukan hal-hal di atas, jangan takut, kami juga punya tips untuk kulkas Anda yang sering bau, jamuran, dan karatan karena kulkas jarang dirawat.

Menghilangkan Bau pada Kulkas

Faktanya, bau di dalam kulkas tercipta karena adanya kuman dan bakteri yang jumlahnya banyak sekali. Sekarang coba bayangkan nasib makanan dan minuman yang Anda simpan kalau kulkasnya bau.

Bayangkan juga nasib perut Anda yang sudah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Jijik bukan? Karena itu, lakukan hal ini agar kulkas tidak lagi bau 

1. Bersihkan Kulkas Secara Total

Image via Munchies

Total berarti keseluruhan kulkas harus dibersihkan. Keluarkan dan bersihkan semua benda yang terdapat di kulkas, dengan cara tersebut Anda bisa mengembalikan nilai fresh dari kulkas itu sendiri. Mulai dari bagian interior sampai eksterior.

2. Gunakan Pengharum Alami

Baking soda sebagai pengharum alami

Setelah dibersihkan secara total, gunakanlah pengharum alami untuk kulkas Anda agar dapat terhindar dari bau tak sedap yang mungkin saja bisa kembali. Untuk pengharum alami yang dapat digunakan, antara lain:

  1. Baking Soda
  2. Perasan Lemon
  3. Cuka
  4. Vanilli
  5. Oatmeal
  6. Jus Tomat
  7. Bubuk Kopi

Itulah cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan dan mencegah kembalinya bau tak sedap dalam kulkas. Lalu bagaimana cara membersihkan kulkas dari hal yang sulit dibersihkan seperti jamur dan karat? Berikut ulasannya.

Membasmi Jamur dan Karat Pada Kulkas

Selain bau tak sedap, terkadang terdapat jamur dan karat dibagian eksterior kulkas yang mampu mengurangi nilai kehigenisan dan keindahan. Biasanya, jamur dan karat muncul karena kulkas tidak terawat seperti pada kulkas yang sudah tidak terpakai.

Jamur tumbuh dibagian karet-karet perekat pada kulkas, sedangkan karat sering muncul dibagian baja kulkas. Berikut kami berikan cara membasmi jamur dan karat yang berada pada kulkas.

1. Bersihkan Menggunakan Cuka

Anda bisa membersihkan jamur yang terdapat pada kulkas cukup dengan mengoleskan beberapa kali saja ke bagian karet yang terkontaminasi jamur, lalu diamkan sekitar 10-20 menit.

Sedangkan, pada bagian yang terdapat karat, Anda harus merendam bagian tersebut terlebih dahulu dengan cuka kurang lebih selama satu malam, lalu bilas sampai bersih di pagi hari.

2. Oleskan Alkohol

Alkohol tidak dapat membersihkan karat pada kulkas, lebih tepatnya alkohol tidak akan mempengaruhi keadaan permukaan karat. Akan tetapi, alkohol sangat berguna untuk mengangkat jamur pada karet kulkas. Seperti halnya dengan cuka, cukup mengoleskan alkohol terhadap bagian yang terdapat jamur. Maka jamur sudah bisa terangkat.

Ayo Bersihkan Kulkas Anda!

Sekarang Anda bisa praktekan semua hal di atas agar kulkas Anda selalu terawat dan bersih dari segala jenis kotoran yang bisa merusak kandungan–kandungan baik yang terdapat pada makanan atau minumanmu. Lakukan hal ini secara konsisten dalam periode tertentu, seperti dua minggu sekalu atau sebulan sekali.

Jadi, ayo rajin membersihkan kulkas dan selamat mencoba!

Artikel Lainnya

Komentar