Tips Menyambungkan Laptop ke TV dengan Mudah

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 22 Feb 2018 | 12:43

Belum menggunakan smart TV? Ada cara lain untuk kamu yang ingin menikmati streaming film melalui TV konvensional. Kamu bisa menghubungkan laptop ke TV yang tentu saja bisa memberikan kenyamanan untuk menonton tayangan favorit melalui layar lebar.

Tak hanya dipakai untuk menonton sebuah tayangan film, menyambungkan laptop ke TV pun bisa dijadikan sebagai media untuk melakukan presentasi. Layar TV bisa berperan sebagai proyektor, di mana hal ini sulit dilakukan oleh laptop yang umumnya memiliki layar kecil.

Kali ini, Pricebook akan memberikan panduan lengkap supaya kamu bisa menyambungkan laptop ke TV. Nah, apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk menyambungkan laptop ke TV?

Tips Menyambungkan Laptop ke TV Via HDMI

Tips pertama adalah menyambungkan laptop ke TV dengan bantuan kabel HDMI. Untuk TV keluaran terbaru, fitur HDMI sudah menjadi standar. Fitur ini pun memungkinkan kamu menyambungkan TV dengan berbagai perangkat multimedia salah satunya laptop.

Informasi tambahan, menyambungkan laptop ke TV melalui HDMI merupakan cara termudah. Tak hanya itu, fitur HDMI memungkinkan kamu menikmati kualitas gambar terbaik karena mampu menangani berbagai jenis file dari laptop, baik audio maupun video.

Cara menyambungkan laptop ke TV lewat HDMI sangatlah simpel. Disini, kamu cukup memasang kabel HDMI dari bagian belakang TV dan menghubungkannya ke port HDMI yang terdapat di laptop. Jangan lupa, pastikan bahwa kabel HDMI tersebut memiliki panjang yang sesuai dengan jarak laptop dan TV.

Jangan lupa, update terlebih dulu OS Windows yang digunakan pada laptop kamu. Sementara untuk menikmati tayangan, kamu bisa menekan input melalui remote TV dan pilih HDMI. Setelah itu, tayangan dari laptop kamu pun akan secara otomatis bisa dinikmati melalui TV.

Tips Menyambungkan Laptop ke TV Via VGA

Selain menggunakan kabel HDMI, alternatif lainnya adalah menggunakan kabel VGA. Cara ini berlaku untuk kamu yang menggunakan TV berumur tua seperti TV tabung yang umumnya belum disertai dukungan fitur HDMI.

Untuk menyambungkan laptop ke TV, kamu pun cukup menyalakan kedua perangkat tersebut, lalu memasang kabel VGA pada keduanya. Setelah itu, gambar dari laptop pun akan secara otomatis muncul di layar TV.

Sayangnya, menyambungkan laptop ke TV melalui kabel VGA hanya berlaku untuk gambar saja. Jika kamu ingin memunculkan suara, maka kamu harus menggunakan kabel audio tambahan.

Tips Menyambungkan Laptop ke TV Via Google Chromecast

Jika kedua cara di atas mengharuskan kamu memasang kabel tambahan, cara ketiga bisa dilakukan dengan Google Chromecast yang memungkinkan kamu menyambungkan laptop ke TV secara wireless tanpa menggunakan kabel.

Diproduksi oleh Google, Chromecast memungkinkan kamu menonton video dari laptop berbasis Windows atau Mac melalui TV dengan cara yang lebih modern. Tak hanya itu, Chromecast pun bisa dioperasikan dengan hp atau tablet berbasis Android dan iOS.

Pada dasarnya, Google Chromecast sudah dilengkapi dengan kabel ekstensi HDMI berukuran pendek. Nantinya, kamu bisa menggunakannya sesuai dengan lokasi port HDMI pada TV kamu, tanpa perlu disambungkan ke laptop. Kamu cukup menghubungkan kabel Chromecast di port HDMI TV dan hubungkan ujung lainnya ke port USB yang terdapat di TV.

Jika sudah terpasang, sekarang kamu cukup nyalakan TV dan memilih input yang tepat. Jika sukses terhubung, silahkan akses google.com/chromecast/setup di laptop, lalu install aplikasi tersebut.

Setelah sukses terinstall, pilih menu Set-Up dan hubungkan laptop ke jaringan Wi-Fi di rumah kamu. Kemudian, pilih negara kamu berada, klik next dan tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi berhasil. Proses selanjutnya, input angka verifikasi pada laptop yang sama di layar TV, kemudian laptop kamu pun siap berfungsi sebagai remote control.

Cara tambahan, kamu juga bisa menginstall aplikasi Chromecast yang terdapat di Google Play Store dan App Store. Setelah sukses memasangnya di hp, kamu cukup melakukan setup seperti diatas yang diakhiri dengan memasukkan angka verifikasi.

Artikel Lainnya

Komentar