Cara Menentukan Apakah Laptop Ada Bluetooth atau Tidak

Oleh Mustika Jati updated Kamis, 26 Jul 2018 | 12:34

laptop dengan bluetooth
Selain melalui sebuah flashdisk, salah satu cara bertukar file paling mudah adalah menggunakan koneksi bluetooth. Apalagi saat ini hampir semua piranti digital sudah dilengkapi dengan koneksi nirkabel ini, mulai dari smartphone, tablet, pemutar musik, konsol game, gps, kamera digital juga laptop

Jika di hp, tablet, konsol game atau kamera digital keberadaan bluetooth sangat mudah dikenali karena pasti ada menu di dalamnya, maka lain halnya dengan laptop. Meskipun rata-rata laptop saat ini sudah pasti memiliki koneksi bluetooth, dimana beberapa merk memberikan akses langsung di keyboard baik itu berupa tombol khusus atau ikon Bluetooth di salah satu tombol keyboardnya. 

Namun masalahnya, ada beberapa merk yang tidak mencantumkan ikon Bluetooth ini di papan pengetikannya, misalnya pada laptop Lenovo, sehingga untuk mengaktifkannya kamu perlu masuk ke menu pengaturan. 

Jika kamu memiliki laptop dan tidak yakin apakah laptop tersebut memiliki fitur bluetooth atau tidak, maka ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memastikan apakah laptop sudah dibenami koneksi ini. Berikut caranya:

1. Buka menu Device Manager dimana menu ini akan mencantumkan semua perangkat keras yang terpasang di laptop. Untuk mengakses Device Manager, berikut cara membukanya :

  • Windows 8 : Tekan ikon Win + X dan pilih Device Manager, atau bawa kursor ke sisi kanan hingga keluar pop up menu Search, Share, Start, Devices dan Settings. Anda bisa mengetik ‘Device Manager’ di Search.
  • Windows 7/Vista : Klik menu Start dan ketikkan Device Manager di kotak pencarian.
  • Windows XP : Klik menu Start lalu klik kanan MyComputer. Pilih Properties lalu klik Hardware dan lanjut klik Device Manager.
  • Windows 10 : Tekan ikon Win + X dan pilih Device Manager

2. Setelah Device Manager terbuka, cari Bluetooth di list. Klik dan perluas kategori ini untuk melihat apakah ada perangkat Bluetooth yang sudah terpasang. Biasanya jika sudah terpasang, ada seri Bluetooth yang tercantum di sana. Kamu bisa klik kanan dan pilih ‘Enable’ untuk mengaktifkannya. kamu bisa mendownload driver sesuai dari website resmi tentunya, sesuai dengan seri Bluetooth yang tercantum di Device Manager dan menginstalnya.

3. Jika tidak melihat kategori Bluetooth di list Device Manager, kamu bisa masuk ke kategori ‘Network Adapters’ dimana biasanya ini berisi kartu jaringan yang digunakan untuk menghubungkan ke jaringan nirkabel atau kabel. Carilah entri yang berisi kata ‘Bluetooth’.

4. Setelah aktif, kamu bisa mengecek di Sistem Tray di bar bagian kanan bawah layar laptop dimana icon Bluetooth akan muncul berikut beberapa pilihan menu untuk pairing. 

Jika setelah membuka Device Manager kamu tidak menemukan piranti keras untuk Bluetooth di laptop, maka kamu bisa membeli Bluetooth Adaptor atau dongle USB Bluetooth yang banyak dijual di toko komputer maupun toko online dengan harga yang sangat terjangkau.

Cara memasang bluetooth di pc yang tidak ada bluetooth sangat mudah, tinggal colokkan ke port USB di laptop. Jika aktif, maka icon Bluetooth di Sistem Tray juga muncul dan dongle biasanya akan menyala biru. 

Cara Menyambung Bluetooth Laptop dengan Perangkat lain

Setelah memastikan Bluetooth di laptop aktif, kamu harus mengaktifkan aksesibilitas Bluetooth di laptop agar bisa diakses atau ditemukan atau terdeteksi oleh piranti lain. Caranya bervariasi, tergantung dari jenis OS Windows yang kamu gunakan. Berikut penjelasannya : 

  • Jika menggunakan Windows 8, cukup masuk ke menu Bluetooth dan menggeser kursor untuk mengaktifkan Bluetooth. Otomatis laptop bisa terdeteksi oleh piranti lain dan Bluetooth di laptop juga otomatis akan mencari piranti lain yang Bluetooth-nya juga aktif. Anda bisa langsung memilih salah satu piranti yang dimaksud dan lakukan pairing, tentunya setelah kamu memasukkan password yang diberikan. 
  • Jika menggunakan Windows XP, kamu bisa masuk ke Control Panel > MyBluetooth Place > View or Modify Configuration. Pilih tab Accessibility lalu centang Let other Bluetooth devices discover this computer. Pilih All Devices pada pilihan alat yang bisa mendeteksi Bluetooth laptop. Pairing bisa dilakukan setelah mencocokkan password yang diberikan. 
  • Kamu juga bisa membuka System Tray di bar kanan bawah layar untuk menyambungkan laptop. Klik ‘Add Device’ untuk menambah piranti lain yang akan disambungkan. Kamu bisa melakukan pairing dengan nama piranti yang muncul, biasanya dengan memasukkan kode tertentu seperti saat melakukan pairing Bluetooth antara sesama hp. 
  • Pilih Send a File jika ingin mengirim file, atau Receive a File jika ingin menerima file. Lokasi file bisa ditentukan sesuai keinginan Anda atau jika tidak ditentukan maka otomatis akan tersimpan di folder Bluetooth. Untuk mengirim atau menerima file, kamu juga bisa melihat cara lain melalui artikel ini : Cara Mudah Transfer File dari Hp ke Laptop Pakai Bluetooth

Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Komentar