Tips Mencegah Overheating Pada Perangkat Desktop PC

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 7 Feb 2018 | 01:54

Seperti yang kita sudah ketahui, mencegah lebih baik daripada memperbaiki. Apalagi bila berkaitan dengan perangkat elektronik yang notabene mengusung komponen yang sensitif. Sebut saja salah satu kasus yang sering dialami yakni overheat pada komputer.

Hal ini tentu sangat mengganggu. Apalagi bila overheat membuat komputer sampai hang bahkan mati. Lebih parah lagi, overheat membuat komponen komputer mengalami kerusakan sehingga kamu harus mengeluarkan biaya untuk melakukan perbaikan.

Pengertian Overheat Komputer

Overheat berasal dari bahasa Inggris, yaitu kata Over dan Heat yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya kelebihan dan panas. Dalam kaitannya dengan komputer, maka pengertian overheat di dalam komputer adalah suatu keadaan ketika suhu komputer atau laptop melebihi dari batas normal sehingga menghasilkan panas yang berlebihan.

Komponen komputer yang sering sekali mengalami overheat salah satunya adalah prosesor. Dampak terbesar jika suatu komputer atau laptop terkena overheat adalah akan menyebabkan perangkat itu menjadi lebih cepat panas atau sering mati sendiri. 

Cara Mencegah Komputer PC Mengalami Overheat

Untuk itulah, Pricebook mencoba memberi tips untuk mencegah overheat pada komputer desktop. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Bersihkan Komputer Secara Rutin

membersihkan pc
via pbtech.co.nz

Ini merupakan salah satu cara termudah untuk menghilangkan atau mencegah overheat pada komputer. Kamu cukup membersihkan komputer baik sistem hingga hardware. Jika kamu memiliki komputer desktop, cobalah untuk membersihkan CPU selama seminggu sekali. Jika perangkat yang dimiliki laptop, kamu bisa membersihkan sebulan sekali.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian kipas pendingin atau saluran pendingin yang ada di komputer. Jika ada debu pada kipas pendingin bisa jadi sistem pendinginan komputer akan kurang maksimal. Jadi, bersihkan semua komponen dalam komputer untuk mencegah debu yang menumpuk sehingga tidak ada lagi overheat.

2. Gunakan Kipas dan Sistem Pendingin yang Baik

kipas pc
via gamespot.com

Jika komputer desktop milikmu bisa diupgrade dan memiliki kipas pendingin yang bisa ditambah, maka sebaiknya gunakan kipas dan sistem pendingin yang lebih baik. Sebagai catatan, kipas pendingin yang baik memang mahal namun mengusung teknologi yang cukup apik.

Kipas pendingin tidak akan berisik dan menghadirkan udara yang lebih banyak sehingga komputer nyaman digunakan dan tidak overheat.

3. Pindahkan Komputer ke Ruangan dengan Sirkulasi Udara

ruangan komputer
via imgur.com

Untuk mencegah komputer overheat, kamu bisa memindahkan komputer desktop milikmu ke tempat atau ruangan degan sirkulasi udara yang baik. Kamu bisa memindahkan komputer ke dekat jendela atau dekat AC sehingga suhu komputer bisa turun.

4. Gunakan Sistem Pendingin Cairan

pendingin pc
via ytimg.com

Bila kamu menggunakan komputer untuk gaming, sebaiknya menggunakan sistem pendingin yang berkualitas. Bila komputer desktop milikmu berspesifikasi gaming sebaiknya menggunakan sistem pendingin cairan. Cairan ini akan mengalir ke pipa pendingin dan menyerap panas berlebih yang ada di komputer.

Sayangnya, sistem ini terbilang rumit. Dan bila kamu salah melakukan pemasangan bisa jadi komputer milikmu rusak akibat cairan yang bocor. Maka dari itu bila tetap ingin menggunakan sistem pendingin cairan sebaiknya minta saran pemasangan dari yang ahli.

Mencegah Selalu Lebih Baik

Sekali lagi mencegah memang lebih baik. Maka dari itu selalu pastikan suhu komputer milikmu selalu stabil agar komponen tidak mudah rusak. Selalu jaga kebersihan PC dan pergunakan perangkat ini sesuai dengan spesifikasinya.

Artikel Lainnya

Komentar