Cara Mendapatkan Fitur Selfie Focus di Samsung Galaxy A5 and A7 (2017) 

Oleh Rira updated Rabu, 10 Jan 2018 | 18:32

Samsung Galaxy A5 2017
Di akhir tahun 2017 lalu, Samsung merilis update software terbaru khusus untuk dua perangkatnya yaitu Samsung Galaxy A5 versi 2017 dan Galaxy A7. Kedua smartphone kelas menengah yang diluncurkan di awal tahun 2017 tersebut mendapat beberapa perbaikan, seperti perbaikan bug untuk sistem operasi Android serta antarmuka dan aplikasi Samsung, juga perbaikan untuk fitur kamera.

Galaxy A5 dan A7 sendiri dikenal sebagai perangkat yang ditujukan untuk generasi anak sekarang dan mengunggulkan ketangguhan bodinya yang tahan air dan tahan debu. Termasuk kehandalan kamera yang siap sedia digunakan untuk menjepret momen-momen penting setiap saat. Dan kini pengguna kedua smartphone tersebut bisa menikmati perbaikan untuk fitur kamera depan, salah satunya yang menarik adalah fitur selfie focus.

Sebenarnya apa itu fitur selfie focus? Berikut penjelasannya.

Apa itu Fitur Selfie Focus

Samsung Selfie Focus
Samsung Galaxy A5 versi 2017 dan Samsung A7 (2017) merupakan hp yang sebenarnya identik, hanya berbeda di dimensi dan lebar display saja. Keduanya dibekali dengan kamera depan dan belakang yang memiliki resolusi sama, yakni 16MP. Kamera belakangnya memiliki aperture f/1.9 dengan dukungan OIS (Optical Image Stabilization), autofokus dan LED flash sedangkan kamera depannya tentu saja bisa digunakan untuk melakukan foto selfie dan video call.

Bagi kamu yang suka membuat swa foto alias selfie, pasti sudah terbiasa dengan cara mengetuk layar untuk mengunci fokus dan mendapatkan foto wajah yang terbaik. Nah dengan adanya fitur selfie focus, pengguna Samsung A5 dan A7 (2017) bisa langsung menjepret foto selfie tanpa perlu mengetukkan jari di layar untuk mengunci fokus ke subjek utama.

Kemampuan ini sendiri sudah dikenal di Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A8 Plus (2018) meskipun untuk kedua kakaknya tersebut Samsung sudah membekali dengan dua kamera depan dan untuk Samsung A5 dan A7 hanya memiliki satu kamera depan.

Fungsi dari Fitur Selfie Focus

Samsung Selfie Focus
Dengan penambahan fitur ini tentunya mengambil foto selfie menjadi lebih praktis, mudah dan cepat karena kamu tak perlu menggunakan kedua tangan untuk menjalankan ponsel. Biasanya kamu harus memegang perangkat dengan satu tangan dan yang lain mengetuk layar untuk mendapatkan fokus.

Nah dengan adanya fitur selfie focus ini kamu hanya perlu memegang ponsel yang diarahkan ke wajah dengan satu tangan, lalu berposelah sesuka hati. Dengan sendirinya kamera akan mengunci fokus wajah saat posisinya sudah terbaik dan tertajam, lalu otomatis langsung menjepret dan foto akan langsung tersimpan. Fitur selfie focus juga mampu menghadirkan semacam efek bokeh dan membuat latar belakang menjadi blur sementara objek yang difokuskan menjadi lebih tajam. 

Fitur Pembaharuan Lain

Samsung selfie focus
Selain penambahan fitur selfie focus, untuk Samsung Galaxy A5 dan A7 (2017) ini juga diberi penambahan fitur lain untuk kamera, yakni opsi color correction untuk mengoptimalkan tangkapan warna kulit atau skin tone. Dimana opsi ini juga ditambahkan untuk kemampuan kamera depan. Untuk pilihan color correction ini tidak otomatis dan kamu harus mengaktifkan dengan cara memilih ikon "beauty" yang disediakan dalam antarmuka di menu kamera.

Sedangkan kamera belakang juga diberi penambahan lain yakni adanya fitur stiker dan stamps Augmented Reality (AR) yang bisa dipakai untuk meramaikan foto. Fitur ini mirip dengan fitur kamera yang diiklankan di perangkat Pixel 2 dan Pixel 2 XL milik Google.

Selain memperbaiki fitur kamera, untuk update terbaru ini Samsung juga mengupdate patch keamanan. Sayangnya, meskipun diupdate bulan Desember, untuk beberapa negara patch keamanan yang hadir adalah patch untuk bulan November.

Cara Mendapatkan Fitur Selfie Focus

Samsung selfie focus
Fitur selfie focus bisa Anda dapatkan dengan mengupdate software terbaru untuk Galaxy A5 dan A7 (2017). Setelah mengupdate, kamu tinggal membuka opsi kamera untuk kamera depan, aktifkan fokus Selfie, dan tidak perlu memanfaatkan layar untuk memilih subjek atau pilihan untuk menyesuaikan blur latar setelah foto diambil. Namun ada hal yang perlu kamu ingat, fitur selfie focus ini akan bekerja dengan baik dengan syarat adanya pencahayaannya cukup sehingga foto yang dihasilkan bisa benar-benar sempurna dan sesuai dengan harapan.

Langkah-langkah Update

Update terbaru untuk software Galaxy A5 dan Galaxy A7 (2017) ini mulai dirilis Samsung bulan Desember lalu dan memiliki versi build A520FXXU3BQLA serta ukuran file sekitar 430 MB. Anda pengguna Galaxy A5 dan A7 bisa mengecek apakah piranti Anda sudah mendapat notifikasi update ini dengan cara :

  • Masuk ke aplikasi ‘Setting’
  • Masuk ke menu ‘About Device’
  • Pilih ‘Software Update’
  • Ketuk ‘Download updates manually’. 

Jika update sudah tersedia maka download akan segera berlangsung dan otomatis perbaikan-perbaikan tersebut akan dibenamkan di ponsel Anda dan bisa langsung dijalankan setelah update selesai dan ponsel sudah ter-restart dengan sempurna.

Kesimpulan

Dengan penambahan fitur baru khususnya untuk kamera, pengguna Samsung Galaxy A5 dan A7 yang dirilis tahun 2017 bisa makin maksimal memanfaatkan kamera yang memang menjadi andalan kedua kamera tersebut. Fitur-fitur yang tadinya hanya bisa dinikmati di Galaxy A8 dan A8 Plus yang harganya hampir dua kali lipat dari A5 tersebut kini bisa dinikmati di kedua ponsel kelas menengah ini. 

Dengan update ini selain membuat foto selfie makin mudah, penambahan kemampuan untuk kamera utama dengan stiker dan stamp tentunya bisa membuat kamu makin asik mengutak-atik hasil foto Anda dengan menambahkan stiker-stiker lucu.

Baca juga artikel :

10 Tips Memaksimalkan Fitur Samsung Galaxy Note 8 

Review dan Tips Memaksimalkan Samsung Galaxy S8+ 

10 Tips Cerdas Penggunaan Hape yang Jarang Diketahui 

Artikel Lainnya

Komentar