Tips Liburan Akhir Tahun Membawa Kamera DSLR

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 28 Des 2017 | 03:19

Momen libur akhir tahun bersama keluarga tercinta tentu kian seru bila bisa diabadikan melalui lensa kamera. Tak heran, beberapa diantara kamu membawa serta kamera DSLR agar hasil foto lebih baik daripada menggunakan perangkat smartphone. Tentu saja dengan kamera DSLR menjadikan hasil foto liburan bisa dinikmati dengan lebih jelas dan detail.

Namun, ternyata membawa kamera DSLR gampang-gampang susah. Pasalnya, perangkat ini memiliki dimensi yang lebih besar dilengkapi komponen yang lebih sensitif. Hal ini membuat kamu harus ekstra hati-hati agar kamera tetap optimal untuk digunakan saat liburan.

Berikut ini tips untuk membawa kamera DSLR saat libur akhir tahun 2017.

Gunakan Tas Kamera yang Pas

Simpanlah selalu kamera DSLR kamu didalam tas kamera. Ukuran kamera DSLR yang cukup besar tentu akan sangat merepotkan bila dibawa apa adanya atau digantungkan di leher. Hal tersebut juga dirasa riskan karena bisa membuat kamera terbentur dan rusak. Maka gunakan tas dengan bantalan yang pas untuk semua item seperti bodi kamera, lensa dan filter. Pilih tas yang ramah kamera. Pilih tas yang dibuat bahan khusus agar aman pada berbagai kondisi termasuk hujan. Bila terpaksa, memasukkan kamera ke tas traveling, kamu bisa menggunakan baju untuk bantalan pelindung kamera.

Pisahkan Semua Item

Image via Flickr

Setelah masuk ke dalam tas kamera, kamu juga perlu memisahkan semua bagian kamera seperti bodi, lensa maupun flash. Hal ini supaya, kamu bisa lebih mudah mengatur posisi kamera serta perlengkapanya. Hal ini juga berguna ketika kamu mencari komponen tertentu dengan mudah.

Bawa Lensa Seperlunya

Image via VideoBlocks

Membawa kamera DSLR saat liburan lebaran sebaiknya tidak membawa banyak lensa. Apalagi membawa lensa tele yang besar dan panjang, hal ini tentu akan merepotkan. Maka, gunakanlah lensa bawaan pada kemera untuk meringankan bawaan kamu selama liburan mudik. Lensa bawaan kamera DSLR dirasa sudah cukup baik untuk mengabadikan perjalanan dan liburan.

Simpan Tas Kamera dengan Tepat

Image via motorverso.com

Setelah menyimpan kamera DSLR dalam tas, kamu sebaiknya letakkan tas tersebut ke tempat yang pas. Ingat jangan letakkan tas kamera dimasukkan bagasi kendaraan bertumpuk dengan barang lainnya.

Bawa Charger dan Baterai Cadangan

Image via PC World

Jangan lupa charger kamera DSLR. hindari membawa baterai cadangan yang terlalu banyak, cukup satu batarai cadangan saja. Namun, sebaiknya gunakan baterai cadangan dalam kondisi darurat saja.

Sediakan Memori Tambahan

Image via adzrinmansor.com

Selama liburan akhir tahun, tentu kamu ingin berfoto di berbagai tempat menarik di kampung halaman. Maka, kamu harus membawa memori tambahan untuk menyimpan lebih banyak foto.

Bersihkan Kamera DSLR

Image via YouTube

Kegiatan liburan yang seru terkadang membuat kamu lupa membersihkan kamera DSLR. Padahal kotoran dan debu merupakan masalah serius yang bisa merusak kamera. Maka dari itu, selesai memotret di tempat wisata, kamu bisa membersihkan kamera.

Semoga tips liburan membawa kamera DSLR ini bermanfaat.

Baca juga artikel:

5 Cara Memotret Kembang Api Tanpa Tripod di Malam Tahun Baru 2018

40 Aplikasi Kamera untuk Memotret Kembang Api Malam Tahun Baru

Foto Kembang Api Tahun Baru 2018 Pakai iPhone Jadi Bagus, Ini 7 Langkahnya!

Artikel Lainnya

Komentar