Cara Melacak Hp Android dan iPhone yang Hilang

Oleh Ardiansyah Hana updated Kamis, 14 Des 2017 | 13:30

melacak hp hilang
Hp Android atau iPhone kesayangan kamu hilang dicuri atau lupa menyimpannya? Tak usah bingung, karena sekarang ada banyak cara untuk melacak keberadaan hp yang hilang. Misalnya, kamu bisa melacak hp yang hilang dengan email yang sudah terdaftar di perangkat. Atau bisa melacak hp android yang hilang lewat internet. Bahkan kamu bisa melacak hp android yang hilang meski perangkat dalam keadaan mati.

Kali ini, Pricebook bakal share tips buat kamu yang ingin melacak hp hilang ataupun lupa menaruhnya. Tips berikut ini berlaku buat kamu pengguna hp berbasis Android dan iOS. Yuk, ketahui caranya! 

Melacak Hp Android yang Hilang 

Untuk kamu pengguna Android, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan keberadaan hp yang hilang. Nah, bagaimana langkah yang harus kamu lakukan?

1. Melalui Aplikasi Find My Device

Untuk melacak hp Android yang hilang, kamu harus menginstall Find My Device dari Google. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menemukan keberadaan hp Android yang hilang dengan mudah dan akurat, sekaligus menjaga keamanan informasi yang terdapat di dalam hp tersebut.

Setelah kamu menginstall aplikasi Find My Device lewat hp lain, silahkan login dengan akun Google kamu dan aktifkan lokasi. Setelah login berhasil, kamu akan membuka menu yang berisikan informasi mengenai keberadaan hp kamu.

find my device

Menu pertama, kamu bisa melihat informasi lokasi yang menunjukkan keberadaan hp kamu, beserta kapasitas baterai yang bertahan dan waktu hp tersebut terakhir dinyalakan. Menu kedua, kamu bisa menggunakan Play Sound untuk memunculkan suara dering pada hp kamu yang hilang selama lima menit dalam volume maksimum. Menariknya, fitur ini tetap berfungsi meskipun hp kamu dalam mode silent.

Menu ketiga adalah Lock yang akan mengunci hp Android kamu secara otomatis sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain. Sementara itu, menu terakhir adalah Erase yang memungkinkan kamu menghapus semua data secara manual, termasuk foto, video ataupun aplikasi.

find my device

Untuk menggunakan layanan Find My Phone diatas, tentunya kamu harus melakukan beberapa langkah di hp yang kamu gunakan. Cara melakukannya, silahkan masuk Settings -> Google -> Security lalu aktifkan fitur Remote Data Wipe.

2. Melalui Website

Jika kamu tidak memiliki hp sekunder untuk melakukan pelacakan, kamu bisa menemukan hp hilang kamu melalui website. Caranya, silahkan akses www.google.com/android/devicemanager melalui browser dan login menggunakan akun Google yang sama dengan hp Android kamu. Untuk melacak hp Android kamu yang hilang, silahkan klik GPS yang terdapat pada bagian pojok kanan pop-up, dengan catatan bahwa fitur GPS masih aktif di hp kamu yang hilang.

Jika lokasi keberadaan hp tidak terlacak, maka kamu bisa melakukan reset dengan klik tombol Erase, bisa juga dengan mengunci hp Android hilang kamu menggunakan Password melalui fitur "Lock" ataupun mengaktifkan fitur "Ring" agar hp Android hilang kamu bisa mengeluarkan suara penuh.

Melacak iPhone yang Hilang

Jika cara diatas berlaku untuk menemukan keberadaan hp Android, kamu pengguna iPhone bisa melakukan cara berikut ini:

1. Melalui Aplikasi Find My iPhone

Langkah berikut berlaku jika kamu sudah mengaktifkan aplikasi Find My iPhone dan GPS sebelum terjadi kehilangan. Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan masuk ke Settings, klik Privacy, klik Location Services dan geser toogle ke posisi on. Pastikan pula bahwa Find My iPhone sudah masuk ke dalam list aplikasi yang menggunakan layanan GPS.

Setelah itu, silahkan akses Find My iPhone di perangkat iPhone lain dengan login email yang dipakai di iPhone kamu yang hilang. Jika proses login berhasil, klik perangkat untuk menemukan lokasi keberadaan iPhone kamu di maps. Jika perangkat tersebut ada di sekitar kamu, silahkan bunyikan perangkat agar membantu kamu menemukannya.

Selain mengaktifkan nada dering, kamu juga bisa memilih mode hilang sehingga iPhone kamu bisa terkunci secara jarak jauh menggunakan password. Lewat mode ini, kamu pun bisa menampilkan pesan khusus agar dibaca oleh sang penemu ataupun pencuri.

Opsi lainnya, kamu bisa menghapus data iPhone secara remote sehingga semua informasi yang disimpan di iPhone tersebut tidak bisa diakses oleh orang lain. Perlu diingat, opsi ini membuat iPhone hilang kamu tidak disertai kunci aktivitasi sehingga perangkat bisa dengan bebas digunakan kembali oleh orang lain.

2. Melalui Layanan Web Find My iPhone

Selain menggunakan iPhone lain untuk menemukan perangkat kamu yang hilang, kamu pun bisa menemukan iPhone hilang kamu menggunakan website.

Pertama, silahkan akses https://icloud.com/find dan login Apple ID kamu.

Setelah login berhasil, kamu bisa melihat lokasi keberadaan iPhone kamu. Untuk menyalakan ringtone, silahkan klik Play Sound, pilih Lost Mode untuk mengunci iPhone kamu dengan password atau pilih Erase iPhone untuk menghapus semua data.

Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel :

6 Cara Menambahkan Lagu ke Instagram Story di Hape Android dan iOS 

Cara Menghapus Akun Uber di Android dan iPhone 

10 Cara Merekam Video dengan Hape Untuk Android dan iPhone 

Artikel Lainnya

Komentar